Pembagian Ilmu Ekonomi dan Cabang Ilmu Ekonomi Lengkap

Pembagian Ilmu Ekonomi dan Cabang Ilmu Ekonomi Lengkap

Pembagian ilmu ekonomi – Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Ada beberapa pembagian ilmu ekonomi yang ditinjau dari ruang lingkup ekonomi yang dipelajari. Cabang ilmu ekonomi yang ada juga dibagi berdasarkan bidang yang dibahas. Kali ini akan dijelaskan pembagian ilmu ekonomi dan cabang ilmu ekonomi lengkap beserta pembahasan dan definisinya.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Apa saja pembagian ilmu ekonomi? Terdapat 3 pembagian ilmu ekonomi secara umum yaitu ekonomi deskriptif, teori ekonomi dan ekonomi terapan. Teori ekonomi dibagi lagi menjadi dua yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Berikut pembahasan lengkapnya.

pembagian ilmu ekonomi

1. Ekonomi Deskriptif

Pengertian ekonomi deskriptif adalah ilmu ekonomi yang mendiskripsikan data-data yang menjelaskan berbagai fenomena dan kenyataan yang terjadi. Ekonomi deskriptif merupakan cabang ilmu ekonomi yang memaparkan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi pada suatu daerah atau negara pada suatu masa tertentu berdasarkan data yang ada.

2. Teori Ekonomi

Berikutnya adalah teori ekonomi. Pengertian teori ekonomi adalah pembagian ilmu ekonomi yang memberi penjelasan yang telah disederhanakan mengenai cara bagaimana sebuah sistem ekonomi bekerja dan ciri-ciri yang sangat penting dari sistem ekonomi tersebut. Teori ekonomi ini dibangun atas landasan dari pengamatan sebab akibat yang di dasarkan pada aksi dan juga reaksi yang ada di dalam kehidupan ekonomi masyrakat.

Secara umum, teori ekonomi dibagi menjadi dua jenis, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Keduanya memiliki definisi dan pengertian yang berbeda.

  • Ekonomi Makro
    Pengertian ekonomi makro merupakan jenis teori ekonomi yang mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Hal-hal yang diteliti dalam ekonomi makro meliputi fenomena ekonomi yang luas misalnya seperti tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi dan tingkat harga. Tujuan ekonomi makro adalah untuk memahami berbagai peristiwa ekonomi dan merumuskan serta memperbaiki kebijakan ekonomi.
  • Ekonomi Mikro
    Pengertian ekonomi mikro yaitu macam teori ekonomi yang mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalm membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Secara khusus ekonomi mikro mempelajari bagian-bagian seperti perilaku konsumen dan perusahaan dan penentuan harga pasar untuk satu jenis barang tertentu serta kuantitas faktor input barang dan jasa.

3. Ekonomi Terapan

Pengertian ekonomi terapan adalah cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan ekonomi deskriptif. Ekonomi terapan menggunakan beberapa ilmu teori ekonomi seperti pengukuran, metode analisis statistik dan ekonometrika untuk menjelaskan fenomena ekonomi dan untuk menginformasikan kebijakan ekonomi dengan akurat.

Cabang Ilmu Ekonomi

Selain itu terdapat macam macam cabang ilmu ekonomi lain yang dibagi menjadi 8 jenis. Cabang ilmu ekonomi ini ditentukan berdasarkan bidang yang terkait dan aspek yang dipelajari.

Ilmu Ekonomi Moneter

Cabang ilmu ekonomi moneter membahas tentang uang, perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Contoh hal yang dibahas dalam ekonomi moneter misalnya seperti inflasi, jumlah uang yang beredar dan tingkat suku bunga di suatu negara.

Ilmu Ekonomi Publik

Ekonomi publik membahas tentang kebijakan pemerintah dalam bidang perekonomian. Contoh hal yang dibahas dan dipelajari dalam cabang ilmu ekonomi publik misalnya seperti anggaran pemerintahan (APBN dan APBD), utang pemerintah, pajak dan retribusi.

Ilmu Ekonomi Industri

Ekonomi industri khusus membahas interaksi perusahaan dalam suatu industri. Hal tersebut dapat berupa beberapa hal mulai dari persaingan usaha, kinerja perusahaan atau kartel. Pembahasan ini masih termasuk dalam ruang lingkup ekonomi mikro.

Ilmu Ekonomi Internasional

Seperti namanya, ilmu ekonomi internasional merupakan cabang ekonomi yang membahas tentang kegiatan perekonomian antarbangsa atau antarnegara. Lebih spesifik lagi hal yang dipelajari antara lain adalah transaksi perdagangan antarnegara, aliran investasi antarnegara dan neraca pembayaran.

Ilmu Ekonomi Regional

Cabang ilmu ekonomi berikutnya adalah ilmu ekonomi regional. Pengertian ekonomi regional merupakan cabang ekonomi yang khusus membahas interaksi ekonomi antar wilayah dan proses pengembangan suatu wilayah guna meningkatkan perekonomian di regional tertentu.

Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam (SDA)

Ekonomi SDA membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang optimal ditinjau dari segi ekonomi sesuai ilmu ekonomi yang ada. Contoh hal yang dipelajari dalam ilmu ekonomi sumber daya alam ini antara lain adalah eksternalitas positif dan negatif.

Ilmu Ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM)

Selain SDA, ilmu ekonomi lainnya adalah ekonomi SDM atau sumber daya manusia. Cabang ilmu ekonomi ini khusus membahas faktor produksi tenaga kerja seperti masalah pengangguran, upah minimum dan tingkat pendidikan calon tenaga kerja.

Ilmu Ekonomi Syariah

Yang terakhir ada ilmu ekonomi syariah yang bertujuan untuk menerapkan ekonomi Islam. Pokok bahasannya antara lain prinsip bagi hasil, penghapusan riba pada perekonomian dan zakat yang tentu semuanya ditinjau berdasarkan syariat agama Islam.

Nah itulah artikel ekonomi mengenai pembagian ilmu ekonomi dan cabang cabang ilmu ekonomi lengkap beserta pengertian dan penjelasannya. Sekian info pembagian ilmu ekonomi kali ini semoga bisa menjadi referensi pengetahuan ekonomi.

Tinggalkan komentar