pengertian pasar modal

Pengertian Pasar Modal | Fungsi, Manfaat, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian pasar modal – Dalam ilmu ekonomi, pasar modal bisa diartikan sebagai sebuah lembaga keuangan negara yang kegiatannya dalam hal penawaran dan perdagangan efek. Meski begitu definisi pasar modal juga bisa diartikan lebih luas lagi. Salah satu tujuan mempelajari ilmu ekonomi adalah untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi, untuk itu kali ini akan kami bagikan info pengertian pasar modal secara umum dan definisinya menurut para ahli.

Pengertian Pasar Modal

Apa itu pasar modal? Pasar modal jelas berbeda dengan jenis pasar yang biasa kita tahun. Secara umum perbedaan pasar uang dan pasar modal pun ada begitu banyak di antaranya adalah pasar uang untuk jangka pendek, sedangkan pasar modal adalah untuk jangka panjang.

Lebih lengkapnya, berikut ini akan kami jelaskan apa itu pengertian pasar modal beserta penjelasannya, baik definisi secara umum maupun menurut para ahli.

pengertian pasar modal

Definisi Pasar Modal Secara Umum

Berikut merupakan definisi dan pengertian pasar modal secara umum, di antaranya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Wikipedia dan Undang-Undang Republik Indonesia.

Menurut UU No 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal

Menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tentang pasar modal pada pasal 1 butir 14, definisi pasar modal adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang telah diterbitkan, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), definisi pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang; pusat keuangan, bank, dan firma yang meminjamkan uang secara besar-besaran serta pasar atau bursa modal yang memperjualbelikan surat berharga yang berjangka waktu lebih dari satu tahun.

Menurut Wikipedia

Pengertian pasar modal menurut situs Wikipedia adalah kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa pengertian dan definisi pasar modal seperti yang diungkapkan oleh para ahli.

Menurut Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin

Pengertian pasar modal adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk utang, ekuitas (saham), instrumen derivatif maupun instrumen lainnya.

Menurut Suad Husnan

Pengertian pasar modal menurut Suad Husnan adalah sebagai pasar untuk berbagai instrumen keuangan atau sekuritas jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. Hal ini termasuk dalam bentuk hutang maupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah, public authorities maupun perusahaan swasta.

Menurut Tandaellin

Definisi pasar modal menurut Tandaellin dibagi menjadi tiga. Yang pertama adalah definisi dalam arti luas yaitu sistem keuangan yang terorganisir, termasuk bank komersial dan semua perantara di bidang keuangan serta surat berharga.

Kedua definisi dalam arti menengah adalah semua pasar yang terorganisir dan lembaga yang memperdagangkan warkat-warkat kredit. Ketiga definisi dalam arti sempit yaitu pasar terorganisir yang memperdagangkan saham dan obligasi dengan jasa dari makelar, komisioner dan para penjamin.

Menurut Sunariyah

Menurut Sunariyah, definisi dan pengertian pasar modal adalah tempat pertemuan antara penawaran dengan permintaan surat berharga.

Menurut Irham

Definisi pasar modal menurut Irham adalah sebuah pasar tempat dana-dana modal seperti ekuitas dan utang diperdagangkan.

Menurut Fahmi & Hadi

Pengertian pasar modal menurut Fahmi dan Hadi adalah tempat berbagai pihak, khususnya perusahaan menjual saham (stock) dan obligasi (bond), dengan tujuan dari hasil penjualan tersebut nantinya akan dipergunakan sebagai tambahan dana atau memperkuat modal perusahaan.

Menurut Martalena & Malinda

Menurut Martalena dan Malinda, pasar modal adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap modal, baik bentuk ekuitas maupun jangka panjang.

Fungsi dan Manfaat Pasar Modal

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dan manfaat pasar modal, baik bagi investor, bagi emiten, bagi perusahaan maupun bagi masyarakat.

Manfaat Pasar Modal Bagi Investor

  • Memperoleh dividen atau saham dan bunga tetap atas obligasi yang dimiliki
  • Dapat melakukan investasi dalam beberapa perusahaan sekaligus untuk mengurangi resiko
  • Mempunyai hak suara dalam rapat umum pemegang saham (RUPS)
  • Dapat mengganti alat investasi dengan mudah

Manfaat Pasar Modal Bagi Emiten

  • Jumlah dana yang dapat dihimpun berjumlah besar
  • Tidak ada convenant sehingga manajemen dapat lebih bebas dalam pengelolaan dana dan perusahaan
  • Dana dapat diterima sekaligus pada saat pasar perdana selesai
  • Ketergantungan emiten terhadap bank menjadi lebih kecil
  • Solvabilitas perusahaan tinggi sehingga memperbaiki citra perusahaan

Manfaat Pasar Modal Bagi Perusahaan

  • Nilai investasi berkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi yang dapat dilihat pada meningkatnya harga saham yang mencapai kapital gain
  • Meningkatkan produktivitas perusahaan karena adanya tambahan modal yang diperoleh dari pasar modal
  • Memperoleh dividen bagi mereka yang memiliki saham dan bunga yang mengambang
  • Dapat lebih bebas mengelola dana

Manfaat Pasar Modal Bagi Masyarakat

  • Dapat meningkatkan pendapatan masyarakat
  • Memberi kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi investor
  • Menambah lapangan kerja bagi masyarakat
  • Masyarakat dapat menikmati produk dari suatu perusahaan
  • Masyarakat pemegang saham dan obligasi memperoleh keuntungan baik berupa deviden maupun bunga
  • Mempengaruhi harga jual barang konsumsi masyarakat
  • Mempermudah masyarakat memperoleh barang konsumsi yang diinginkan

Ciri-Ciri Pasar Modal

Berikut merupakan beberapa ciri-ciri dan karakteristik pasar modal yang dapat dijumpai secara umum.

  • Produk yang diperjualbelikan adalah surat-surat berharga
  • Menekankan pada pemenuhan dana jangka panjang
  • Nilai investasinya bergantung pada pertumbuhan ekonomi
  • Pasar modal terkait pada tempat atau wilayah tertentu

Jenis-Jenis Pasar Modal

Berikut merupakan klasifikasi macam-macam dan jenis-jenis pasar modal beserta penjelasannya secara umum.

  1. Pasar primer (primary market), merupakan jenis pasar modal berupa tempat dibukanya penawaran saham oleh emiten pertamakali sebelum diperdagangkan di pasar sekunder.
  2. Pasar sekunder (secondary market), merupakan jenis pasar modal berupa tempat perdagangan saham yang telah melewati masa penawaran pada pasar perdana.
  3. Pasar ketiga (third market), merupakan jenis pasar modal berupa tempat perdagangan saham di luar bursa.
  4. Pasar keempat (fourth market), merupakan jenis pasar modal berupa bentuk perdagangan efek antar pemegang saham atau proses pemindahan saham antar pemegang saham dengan nominal besar.

Nah sekian referensi mengenai pengertian pasar modal secara umum dan menurut para ahli beserta penjelasan lengkapnya. Dibahas juga mengenai fungsi dan manfaat pasar modal, ciri-ciri pasar modal serta jenis-jenis pasar modal. Pasar modal pun memiliki peranan penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia.

Tinggalkan komentar