Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi Secara Umum dan Penjelasannya

Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi Secara Umum dan Penjelasannya

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi – Ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah ekonomi, baik ekonomi makro atau mikro. Kita tentu tidak asing dengan istilah ekonomi dan tentunya kita pernah atau sedang mempelajari ekonomi. Lalu apa sebenarnya tujuan ilmu ekonomi? Apa saja tujuan mempelajari ilmu ekonomi beserta penjelasannya?

Secara umum, mempelajari ilmu ekonomi memiliki banyak manfaat dan fungsi yang beragam. Orang-orang pun mempelajari ekonomi dengan tujuan bervariasi, ada yang untuk mengembangkan bisnis, ada yang ingin mengetahui cara kerja perekonomian, ada juga yang ingin mempelajari isu-isu ekonomi internasional. Menurut para ahli, ada beberapa tujuan mempelajari ekonomi yang jelas dan rinci.

10 Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi

Berikut merupakan 10 tujuan mempelajari ilmu ekonomi dalam lingkup daerah, nasional, pemerintahan dan global lengkap beserta penjelasannya.

(baca juga perbedaan ekonomi makro dan mikro)

tujuan mempelajari ilmu ekonomi

1. Mengenal kebutuhan hidup manusia

Ekonomi merupakan ilmu penting karena berkaitan dengan kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Salah satu tujuan ilmu ekonomi adalah mempelajari berbagai alat, sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia.

2. Mempelajari cara pemenuhan kebutuhan

Ilmu ekonomi juga berguna untuk mengetahui cara pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Ekonomi daoat berfungsi untuk mempelajari cara-cara memenuhi kebutuhan manusia yang beraneka ragam, baik untuk sekarang maupun untuk masa yang akan datang dalam segala kondisi.

3. Memahami hubungan peristiwa perokonomian

Kondisi ekonomi di berbagai daerah dan negara sangat beragam dan bervariasi. Ilmu ekonomi pun dipelajari untuk mencari tahu pengertian mengenai hubungan yang terjadi di antara segala peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kondisi perekonomian.

4. Membantu pengambilan keputusan

Tujuan mempelajari ilmu ekonomi lainnya adalah untuk membantu pengambilan kebijakan dan keputusan. Caranya adalah memanfaatkan segala data dan peristiwa yang terjadi seputar ekonomi untuk dijadikan sebuah landasan dalam mengambil sebuah kebijakan atau keputusan dalam menghadapi segala permasalahan yang ada.

5. Meningkatkan kemajuan ekonomi

Dalam lingkup pemerintahan, ilmu ekonimi sangat penting dan berkorelasi dengan kemajuan suatu negara. Untuk itu mempelajari ilmu ekonomi dapat menciptakan suatu kondisi yang aman dan kondusif serta baik bagi kemajuan perekonomian di suatu negara.

6. Melatih pengembangan kreatifitas

Untuk mendapat uang manusia harus bekerja. Untuk bekerja tentu dibutuhkan kreatifitas tinggi untuk membuka usaha dan bisnis yang sukses. Ilmu ekonomi mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan kreatifitas agar usaha yang dibuka lebih menjanjikan.

7. Memahami dasar perilaku ekonomi

Kegiatan perekonomian dapat kita perhatikan di sekitar kita, mulai dari kegiatan jual beli di pasar atau pun aktivitas di bank. Hal ini bisa dipelajari di ilmu ekonomi dimana kita bisa membantu memahami wujud perilaku ekonomi dalam dunia nyata.

8. Mempelajari kebijakan ekonomi

Kebijakan ekonomi dibuat berdasarkan faktor-faktor yang bervariasi yang berkaitan dengan kegiatan perekonomian. Hal ini sesuai dengan tujuan ilmu ekonomi yaitu untuk memberikan pemahaman atas potensi dan keterbatasan kebijakan ekonomi.

9. Melatih manajemen waktu dan keuangan

Manejemen waktu dan keuangan sangat dibutuhkan saat berwirausaha dan berbisnis. Hal ini sesuai dengan tujuan mempelajari ekonomi yaitu melatih dan mengembangkan manajemen bisnis, mulai dari uang, waktu dan lainnya agar kerja menjadi lebih efisien.

10. Mengetahui isu-isu internasional

Ilmu ekonomi sangat penting untuk mengetahui hal-hal yang terjadi dalam lingkup internasional. Mempelajari ilmu ekonomi akan membantu kita untuk memahani masalah-masalah internasional dan isu-isu global yang terjadi di seluruh dunia.

Ilmu ekonomi memang sangat penting dan krusial dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu tujuan mempelajari ilmu ekonomi secara umum adalah untuk dapat mengetahui bagaimana cara kerja masyarakat maupun dunia. Ilmu ekonomi berada pada jantung dari semua pengambilan keputusan sehingga perannya penting bagi individu dan juga bagi pemerintahan.

Tinggalkan komentar