Letak Geografis Benua Amerika Beserta Kondisi dan Pengaruhnya

Letak Geografis Benua Amerika Beserta Kondisi dan Pengaruhnya

Letak geografis Benua Amerika – Benua Amerika adalah salah satu dari benua yang ada di dunia. Pada prakteknya, banyak yang menganggap jika benua Amerika terdiri dari 2 benua yaitu benua Amerika Utara dan benua Amerika Selatan, meski banyak juga yang menganggapnya sebagai 1 benua saja. Kali ini akan dijelaskan mengenai letak geografis benua Amerika lengkap beserta pembahasan batas wilayah Amerika, kondisi geografis dan pengaruhnya pada iklim benua Amerika.

Amerika merupakan benua dengan luas yang besar dan membentang dari bagian utara sampai selatan. Benua ini disebut sebagai benua baru. Wilayahnya terdiri dari Amerika Utara, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Letak benua Amerika cukup berjauhan dengan benua lain seperti Eropa, Asia dan Afrika karena dikelilingi oleh banyak wilayah samudera yang luas. Beberapa negara maju dan terkenal dunia seperti Amerika Serikat, Kanada, Brasil, Meksiko dan Chile ada di benua Amerika.

letak geografis benua amerika

Letak Geografis Benua Amerika

Letak astronomis benua Amerika adalah 10° BB – 170°BB dan antara 83°LU – 55°LS. Lantas bagaimanakah letak geografis benua Amerika ditinjau dari aspek geografisnya? Berikut merupakan penjelasan mengenai letak benua Amerika secara geografis beserta kondisi, pengaruh dan batas wilayah benua Amerika selengkapnya.

1. Letak Benua Amerika Secara Geografis

Benua Amerika terletak di antara belahan bumi bagian barat dann posisinya membentang antara bagian utara sampai bagian selatan. Letak geografis benua Amerika dikelilingi oleh beberapa perairan laut dan samudera yaitu Samudera Pasifik, Samudera Atlantik dan Samudera Arktik. Bagian utara benua Amerika ada Samudera Arktik, bagian timur benua Amerika ada Samudera Atlantik sedangkan bagian barat benua Amerika ada Samudera Pasifik.

Wilayah Amerika bagian Utara sering disebut sebagai Amerika Utara dan wilayah Amerika bagian Selatan sering disebut Amerika Selatan atau Amerika latin. Sedangkan kawasan Amerika bagian Tengah sering disebut sebagai Karibia karena berada di kawasan perairan Karibia.

2. Kondisi Geografis Benua Amerika

Benua Amerika memiliki luas daratan dan lautan yang luas. Secara umum, sebenarnya benua Amerika dibagi menjadi dua yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Teori 7 benua menganggap bahwa Amerika Utara dan Amerika Selatan adalah 2 benua yang berbeda. Sedangkan berdasarkan teori 5 benua atau 6 benua, benua Amerika Utara dan Selatan adalah 1 benua yang sama yang disebut sebagai benua Amerika.

Posisi geografis benua Amerika yang terbentang dari utara bumi menuju ke bagian selatan membuat kondis geografis benua Amerika sangat beragam. Bagian utara terdapat banyak danau besar terutama di negara Kanada. Banyak juga wilayah sungai panjang di benua Amerika termasuk sungai Amazon di Amerika Selatan. Kondisi geografis sangat beragam dari wilayah Arktik di utara hingga kawasan hutan hujan di selatan.

Jika digabungkan luas wilayah benua Amerika adalah 42.549.000 km persegi. Luas benua Amerika Utara adalah 24.709.000 km persegi. Sedangkan luas benua Amerika Selatan adalah 17.840.000 km persegi. Total terdapat 35 negara di benua Amerika, 23 negara di Amerika Utara dan 12 negara di Amerika Selatan.

3. Batas Wilayah Benua Amerika

Benua Amerika memiliki batas batas di berbagai penjuru (utara, barat, timur, selatan). Batas batas Amerika ini meliputi batas daratan benua Amerika dan batas laut benua Amerika. Inilah batas wilayah benua Amerika selengkapnya.

  • Batas wilayah benua Amerika bagian Utara : Samudera Arktik
  • Batas wilayah benua Amerika bagian Timur : Samudera Atlantik
  • Batas wilayah benua Amerika bagian Selatan : Samudera Pasifik
  • Batas wilayah benua Amerika bagian Barat : Samudera Pasifik, Selat Bering

4. Pengaruh Letak Benua Amerika

Letak geografis benua Amerika tentu memberikan banyak pengaruh bagi negara negara di benua Amerika. Yang paling dipengaruhi adalah keadaan iklim di benua Amerika yang beragam antara negara satu dengan yang lain, tergantung pada letak geografis masing-masing negara di benua Amerika.

  • Wilayah Alaska dan Kanada Utara : Iklim dingin
  • Wilayah Amerika Serikat bagian Timur : Iklim darat/kontinental
  • Wilayah pantai Alaska dan California : Iklim sedang
  • Wilayah Amerika bagian barat : Iklim gurun
  • Wilayah Amerika Tengah : Iklim tropis basah
  • Wilayah timur pegunungan di Amerika Utara : Iklim stepa

Nah itulah sekilas info mengenai letak benua Amerika secara geografis baik Amerika Utara dan Amerika Selatan lengkap beserta info kondisi geografis benua Amerika, luas wilayah benua Amerika, pengaruh letak benua Amerika, batas batas wilayah benua Amerika, letak astronomis benua Amerika dan letak geologis benua Amerika. Sekian info kali ini, semoga bisa menjadi tambahan referensi pengetahuan umum.

Satu pemikiran pada “Letak Geografis Benua Amerika Beserta Kondisi dan Pengaruhnya

Tinggalkan komentar