Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli dan Definisinya [Lengkap]

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli dan Definisinya [Lengkap]

Pengertian lingkungan – Apa yang dimaksud dengan lingkungan? Definisi lingkungan sangat luas, karena tidak hanya diartikan sebagai lingkungan fisik, tapi bisa juga lingkungan sosial. Lingkungan juga dibedakan menjadi lingkungan hidup dan lingkungan buatan. Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik.

Kita tentu sering berinteraksi dengan unsur-unsur lingkungan, sebut saja seperti air, udara, tanah, pohon, tumbuhan, dan unsur lingkungan hidup lainnya. Manusia pun harus merawat dan menjaga lingkungan agar selalu bersih dan asri, guna menghasilkan kegunaan dan manfaat bagi manusia.

Meski begitu faktanya, terdapat banyak masalah pada lingkungan, mulai dari bencana alam akibat ulah manusia, pencemaran tanah, air, dan udara, serta kurangnya kebersihan lingkungan di sekitar kita. Hal ini karena masih banyak terjadi pelanggaran akibat ulah manusia yang buang sampah sembarangan, melakukan penebangan hutan ilegal, dan sebagainya.

Ruang lingkup lingkungan memang sangat luas, karena tidak hanya diartikan sebagai lingkungan hidup, tapi juga lingkungan sosial, yakni segala sesuatu yang ada di sekitar manusia. Nah dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai apa itu pengertian lingkungan hidup menurut pendapat para ahli lingkungan.

(baca juga manfaat hutan)

pengertian lingkungan

Pengertian Lingkungan

Di bawah ini adalah beberapa pengertian lingkungan, baik menurut para ahli, menurut KBBI, serta definisinya secara umum.

Arti Lingkungan Menurut KBBI

Pengertian lingkungan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah daerah (kawasan dan sebagainya) yang termasuk di dalamnya. Bisa juga diartikan sebagai bagian wilayah dalam kelurahan yang merupakan lingkungan kerja pelaksanaan pemerintahan desa.

Sementara arti lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Definisi Lingkungan Secara Umum

Pengertian lingkungan secara umum adalah kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan. Secara singkat, definisi lingkungan secara umum adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Sedangkan menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup menyebutkan bahwa pengertian lingkungan adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa arti dan definisi lingkungan menurut para ahli dan pakar, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Menurut Emil Salim (1976)

Pengertian lingkungan menurut Salim diartikan sebagai segala benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempat dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia.

Menurut Soedjono

Definisi lingkungan mencakup segala unsur dan faktor fisik jasmaniah yang berada di dalam alam, meliputi hewan, tumbuh-tumuhan dan manusia.

Menurut Munadjat Danusaputro

Arti lingkungan adalah seluruh benda dan daya serta keadaan termasuk yang ada di dalamnya manusia dan segala tingkah perbuatannya yang berada dalam ruang dimana manusia memang berada dan mempengaruhi suatu kelangsungan hidup serta pada kesejahteraan manusia dan jasah hidup yang lainnya.

Menurut Otto Soemarwoto

Pengertian lingkungan menurut Otto Soemarwoto adalah jumlah seluruh benda dan keadaan yang terdapat didalam ruang yang ditempat dimana mempengaruhi kehidupan kita. Secara teoritis bahwa pada ruang itu tak terbatas untuk jumlahnya, namun secara praktis pada ruang tersebut selalu diberikan batasan menurut sesuai kebutuhan yang bisa ditentukan, misalnya yakni sungai, laut, jurang, faktor politik ataukah faktor lainnya.

Menurut Amsyari (1989)

Pengertian lingkungan menurut Amsyari terbagi atas 3 kelompok dasar. Yang pertama lingkungan fisik yaitu segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang terbentuk dari benda mati, misalnya yakni udara, air, rumah, dan batu. Yang kedua lingkungan biologis yaitu segala unsur yang berada pada sekitar manusia yang menyerupai organisme hidup selain yang ada pada diri manusianya itu sendiri, misalnya hewan dan tumbuhan. Yang ketiga lingkungan sosial yakni manusia-mansia yang lain yang berada di dalam lingkungan masyarakat.

Menurut Darsono (1995)

Pengertian lingkungan menurut Darsono bahwa semua benda dan kondisi, termasuk manusia dan kegiatan mereka, yang terkandung dalam ruang di mana manusia dan mempengaruhi kelangsungan hidup dan kesejahteraan manusia dan badan-badan hidup lainnya.

Menurut S. J. McNaughton dan Larry L. Wolf

Definisi lingkungan hidup merupakan semua faktor ekstrenal yang bersifat biologis dan fisika yang langsung mempengarui kehidupan, pertumbuhan, perkembangan serta reproduksi organisme.

Menurut Munajat Danusaputra

Arti lingkungan didefinisikan sebagai semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia dan aktifitasnya, yang terdapat dalam ruang dimana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan hidup dan jasad renik lainnya.

Menurut Sri Hayati

Sri Hayati mengemukakan pendapat bahwa pengertian lingkungan sebagai satu kesatuan ruang dengan semua benda juga keadaan makhluk hidup. Yang termasuk di dalamnya adalah manusia dan perilakunya yang melangsungkan kehidupan dan kesejahteraan manusia juga makhluk-makhluk hidup lainnya.

Menurut Sambas Wirakusumah

Arti lingkungan menurut Sambas Wirakusumah merupakan semua aspek kondisi eksternal biologis, dimana organisme hidup dan ilmu-ilmu lingkungan menjadi studi aspek lingkungan organisme itu.

Menurut Michael Allaby

Arti lingkungan hidup menurut Michael Allaby diartikan sebagai lingkungan fisik, kimiawi, dan biotis yang mengelilingi kehidupan organisme.

Menurut Bintarto

Definisi lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, baik berupa benda ataupun non-benda yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi sikap dan tindakan kita.

Menurut Jonny Purba

Pengertian lingkungan hidup adalah wilayah yang merupakan tempat berlangsungnya bermacam-macam interaksi sosial antara berbagai kelompok beserta pranatanya dengan simbol dan nilai.

Menurut Ensiklopedia Kehutanan

Pengertian lingkungan diartikan sebagai jumlah total dari faktor-faktor non genetik yang mempengaruhi pertumbuhan reproduksi pohon.

Nah itulah beberapa referensi pengertian lingkungan menurut para ahli beserta arti dan definisinya secara umum. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah pengetahuan.

Tinggalkan komentar