Ruang Lingkup Ekonomi Makro Lengkap Beserta Teori dan Variabelnya

Ruang Lingkup Ekonomi Makro Lengkap Beserta Teori dan Variabelnya

Ruang lingkup ekonomi makro – Ekonomi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang aktivitas manusia seputar produksi, distribusi dan konsumsi barang/jasa. Salah satu jenis pembagian ilmu ekonomi adalah teori ekonomi makro dan mikro. Kali ini akan dibahas mengenai ruang lingkup ekonomi makro lengkap beserta pengertian, teori, indikator dan variabel makro ekonomi.

Secara umum pengertian ekonomi makro adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makro ekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyakarakat, perusahaan dan pasar. Ekonomi makro termasuk dalam cabang ilmu teori ekonomi. Permasalahan ekonomi makro pun dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Kebijakan ekonomi makro biasa dibuat oleh pemerintah dan pihak yang terkait.

ruang lingkup ekonomi makro

Ruang Lingkup Ekonomi Makro

Apa saja ruang lingkup ekonomi makro? Ruang lingkup dan indikator ekonomi makro membahas hal-hal seputar ekonomi secara keseluruhan. Secara umum terdapat 3 ruang lingkup utama dari ekonomi makro yang meliputi pendapatan & pengeluaran, pengangguran serta inflasi & deflasi. Berikut akan dijelaskan mengenai ruang lingkup makro ekonomi beserta contoh dan penjelasan lengkapnya.

Pendapatan dan Pengeluaran

Pendapatan dan pengeluaran nasional termasuk dalam ruang lingkup ekonomi makro yang utama. Pengeluaran nasional adalah total nilai seluruh produksi negara pada masa dan waktu yang sudah ditentukan. Ruang lingkup pengeluaran biasa diukur dalam produk domestik bruto (PDB). Semua yang diproduksi dan dijual akan menghasilkan pendapatan negara.

Pengangguran

Pengangguran merupakan salah satu dari ruang lingkup ekonomi makro yang dipelajari dalam cabang ilmu ini. Pengertian pengangguran merupakan orang yang tidak bekerja dan tidak berpenghasilan meski dalam usia produktif. Tingkat pengangguran di Indonesia cukup tinggi. Dalam ilmu ekonomi, data jumlah pengangguran dapat diukur dengan angka pengangguran, yaitu persentase pekerja-pekerja tanpa pekerjaan yang ada di dalam angkatan kerja atau usia kerja.

Inflasi dan Deflasi

Ruang lingkup makro ekonomi berikutnya adalah inflasi dan deflasi. Dalam ilmu ekonomi, kenaikan harga disebut dengan inflasi. Lalu ketika harga menurun, maka terjadilah deflasi. Ekonom mengukur perubahan harga ini dengan menggunakan indeks harga.

Variabel Ekonomi Makro

Selain itu juga terdapat variabel ekonomi makro. Adanya variabel ekonomi makro ini berbeda dengan ruang lingkup. Jika ruang lingkup membahas secara umum, maka variabel makro ekonomi lebih khusus dan lebih spesifik lagi. Berikut merupakan beberapa variabel ilmu ekonomi makro.

  • Tingkat pendapatan nasional
  • Konsumsi rumah tangga
  • Investasi nasional (swasta/pemerintah)
  • Tingkat tabungan
  • Belanja pemerintah
  • Tingkat harga-harga umum
  • Jumlah uang yang beredar (Inflasi)
  • Tingkat bunga
  • Kesempatan kerja
  • Anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN)
  • Neraca pembayaran (Eksport dan import)

Nah itulah artikel mengenal ekonomi makro yang meliputi pengertian ekonomi makro, ruang lingkup ekonomi makro, variabel ekonomi makro, indikator ekonomi makro dan permasalahan ekonomi makro selengkapnya. Sekian pembahasan mengenai teori ekonomi makro kali ini, semoga bisa menjadi referensi.

Tinggalkan komentar