jenis-jenis reklame

23+ Jenis-Jenis Reklame Beserta Macam, Contoh, dan Gambarnya

Jenis-jenis reklame – Reklame adalah sebuah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan (dengan kata-kata yang menarik, gambar) supaya laku. Secara umum, pengertian reklame bisa diartikan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi, mempromosikan dan memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat luas melalui penggunaan gambar dan kata-kata yang menarik. 

Kita tentu sering menjumpai reklame dalam kehidupan sehari-hari, misalnya poster slogan yang ada di sekolah, baliho himbauan pemerintah di jalan hingga spanduk kampanye tokoh politik saat masa pemilu. Selain itu, iklan di TV dan radio juga termasuk salah satu contoh reklame yang berbentuk audio visual.

Sebuah reklame harus dibuat dengan jelas sehingga informasi yang ada di dalamnya bisa tersampaikan. Selain itu, reklame lebih bagus jika dibuat unik dan mencolok agar dapat menarik perhatian publik. Isi dalam reklame juga harus jujur dan tidak menipu. Boleh disampaikan secara boombastis asalkan isinya tetap jujur.

Ada banyak jenis reklame yang bisa digunakan, misalnya bisa berupa spanduk, baliho, poster, iklan, brosur, pamflet, selebaran, dan sebagainya. Asalkan bisa digunakan untuk menyampaikan informasi dan mampu menjangkau khalayak ramai, maka termasuk dalam macam-macam reklame.

(baca juga jenis-jenis iklan)

jenis-jenis reklame

Jenis-Jenis Reklame

Berikut akan dibahas apa saja klasifikasi jenis-jenis reklame dan contohnya, berdasarkan tujuan pengadannya, lokasi pemasangannya, sifat-sifatnya, dan media yang digunakan.

Menurut Tujuan Pengadaannya

Jenis reklame menurut tujuan pengadaannya dibagi menjadi 2 (dua), yakni reklame komersial dan reklame non-komersial.

1. Reklame Komersial

Reklame komersial adalah jenis reklame yang dibuat dengan tujuan komersial untuk mendapat keuntungan yang lebih tinggi, biasanya dibuat oleh badan usaha atau perusahaan. Contohnya seperti iklan, baliho, spanduk, poster, dan lain-lain.

2. Reklame Non-Komersial

Reklame non-komersial adalah jenis reklame yang dibuat untuk penggunaan umum, bisa untuk kepentingan sosial, informasi layanan publik, sosialisasi kebijakan, dan himbauan lain. Contohnya seperti poster tata tertib lalu lintas, spanduk ajakan donor darah, dan lain-lain.

Menurut Lokasi Pemasangannya

Jenis reklame menurut lokasi pemasangannya dibagi menjadi 2 (dua), yakni reklame indoor (dalam ruangan) dan reklame outdoor (luar ruangan).

1. Reklame Indoor

Reklame indoor adalah jenis reklame yang dipasang di dalam ruangan atau indoor. Biasanya reklame ini berukuran kecil dan berbahan kertas biasa. Contohnya seperti brosur, selebaran, poster dinding, dan sebagainya.

2. Reklame Outdoor

Reklame outdoor adalah jenis reklame yang dipasang di luar ruangan atau outdoor. Biasanya reklame ini berukuran besar serta terbuat dari bahan yang tahan air dan sinar matahari. Contohnya seperti baliho, spanduk, iklan di LED, dan sebagainya.

Menurut Sifatnya

Jenis reklame menurut sifatnya dibagi menjadi 3 (tiga), yakni reklame peringatan, reklame penerangan, dan reklame permintaan.

1. Reklame Peringatan

Reklame peringatan adalah jenis reklame yang mengingatkan khalayak atau publik untuk melakukan hal-hal tertentu. Contohnya seperti reklame rambu lalu lintas, reklame himbauan pemerintah, dan lain-lain.

2. Reklame Penerangan

Reklame penerangan adalah jenis reklame yang memberikan informasi kepada khayalak atau publik. Contohnya poster informasi kesehatan, poster tata cara bayar pajak, dan lain-lain.

3. Reklame Permintaan

Reklame permintaan adalah jenis reklame yang mengundang atau meminta masyarakat untuk mengikuti undangan atau permintaan tersebut. Contohnya reklame donor darah, reklame untuk bantuan bencana alam, dan lain-lain.

Menurut Medianya

Jenis reklame menurut medianya dibagi menjadi 3 (tiga), yakni reklame audio, reklame visual, dan reklame audio-visual.

1. Reklame Audio

Reklame audio adalah jenis reklame yang disampaikan melalui suara, baik secara langsung atau tidak langsung. Contohnya seperti iklan audio di saluran radio dan sebagainya.

2. Reklame Visual

Reklame visual adalah jenis reklame yang disampaikan dalam bentuk visual atau gambar. Contohnya seperti poster, baliho, spanduk, brosur, plakat, megatron, dan sebagainya.

3. Reklame Audio-Visual

Reklame audio-visual adalah jenis reklame yang disampaikan dalam bentuk audio dan visual yang dikombinasikan. Contohnya seperti iklan di TV, iklan video di internet, dan sebagainya.

Macam-Macam Reklame

  • Baliho, berupa papan reklame berukuran besar yang diletakkan di tempat umum dan bersifat sementara atau tidak permanen.
  • Billboard, berupa bentuk poster dengan ukuran besar dan diletakkan tinggi di tempat tertentu yang ramai dilalui orang.
  • Spanduk, yakni jenis reklame visual yang terbuat dari kain yang memanjang, dipasang melintang di atas jalan atau di antara dua tiang.
  • Poster, berupa gambar dan tulisan pada selebaran kertas dan ditempel di tempat-tempat umum.
  • Plakat, yakni jenis reklame yang mirip dengan poster, namun ukurannya lebih kecil dan biasanya ditempel di tembok atau di pohon.
  • Neon box, yakni jenis reklame yang terbuat dari sinar lampu yang tersusun berwarna- warni.
  • Videotron, berupa full colors LED display yang mampu menampilkan teks, gambar atau video dan berbagai animasi dengan semua indeks warna.
  • Megatron, yakni berupa reklame billboard yang dibuat secara elektronik dengan gambar yang bergerak-gerak.
  • Iklan, yakni jenis reklame yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual pada media cetak atau elektronik.
  • Brosur, berupa reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas,
  • Embalase, yakni jenis reklame yang ditempatkan pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk.
  • Banner, yakni jenis reklame dengan bentuk kotak, biasanya dicetak dengan digital printing ditempatkan depan toko atau instansi.
  • Leaflet, berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, berisi informasi lengkap dan rinci.

Nah itulah referensi jenis-jenis reklame beserta klasifikasi, macam-macam, dan contohnya lengkap. Ada banyak macam-macam reklame yang disesuaikan dengan tujuan pengadaannya atau lokasi pemasangannya. Semoga bisa menjadi tambahan referensi.

Tinggalkan komentar