Ruang Lingkup Ekonomi Mikro Lengkap Beserta Teori dan Variabelnya

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro Lengkap Beserta Teori dan Variabelnya

Ruang lingkup ekonomi mikro – Ekonomi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang aktivitas manusia seputar produksi, distribusi dan konsumsi barang/jasa. Salah satu jenis pembagian ilmu ekonomi adalah teori ekonomi makro dan mikro. Kali ini akan dibahas mengenai ruang lingkup ekonomi mikro lengkap beserta pengertian, teori, indikator dan variabel mikro ekonomi.

Secara umum pengertian ekonomi mikro adalah studi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan. Mikro ekonomi membahas mengenai konsumen, pasar dan harga pada perseorangan atau perusahaan. Ekonomi mikro termasuk dalam cabang ilmu teori ekonomi. Permasalahan ekonomi mikro pun dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita. Ruang lingkupnya pun berbeda dengan ruang lingkup ekonomi makro.

ruang lingkup ekonomi mikro

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Apa saja ruang lingkup ekonomi mikro? Ruang lingkup dan indikator ekonomi mikro membahas hal-hal seputar perilaku konsumen dan pasar pada sektor perorangan atau perusahaan. Secara umum terdapat beberapa ruang lingkup utama dari ekonomi mikro yang meliputi permintaan & penawaran, elastisitas, teori produksi, pasar, mekanisme harga dan perilaku konsumen. Berikut akan dijelaskan mengenai ruang lingkup mikro ekonomi beserta contoh dan penjelasan lengkapnya.

Permintaan dan Penawaran

Ruang lingkup mikro ekonomi yang paling utama adalah permintaan dan penawaran. Pengertian permintaan adalah sejumlah produk baik barang atau jasa yang dibeli atau diminta atau dipesan oleh konsumen pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah produk baik barang atau jasa yang dijual atau ditawarkan oleh produsen dalam waktu dan tempat tertentu.

Dalam dunia ekonomi, permintaan dan penawaran merupakan dua hal yang berkaitan dan sangat penting. Pembentukan harga barang dan jasa terjadi melalui proses interaksi permintaan dan penawaran antar pihak penjual dan pembeli dan kesepakatan harga dapat menghasilkan keseimbangan harga di pasar.

Teori Produksi

Teori produksi menjadi dasar untuk menganalisa biaya produksi dan tingkat dari produksi. Hal-hal yang berkaitan dengan teori produksi yang dibahas dalam ekonomi mikro misalnya yaitu biaya produksi barang atau jasa, tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi pihak produsen serta penerimaan produsen dan laba.

Elastisitas

Elastisitas harga juga termasuk dalam ruang lingkup ekonomi mikro baik elastisitas dalam penawaran maupun elastisitas dalam permintaan. Elastisitas permintaan adalah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah suatu produk yang diminta. Sedangkan elastisitas penawaran adalah sebuah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah produk yang ditawarkan.

Teori Perilaku Konsumen

Pengertian perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen juga disebut sebagai teori nilai guna barang atau jasa.

Pasar

Salah satu variabel ekonomi mikro yang jadi ruang lingkupnya adalah pasar. Pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Terdapat jenis-jenis pasar dilihat dari persaingannya misalnya seperti pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli serta pasar persaingan monopolistik.

Mekanisme Harga

Pengertian mekanisme harga adalah fenomena yang sering terjadi karena harga yang ada di pasaran itu fleksibel, jadi harga bisa berubah kapanpun jika memang situasi kondisinya memungkinkan. Mekanisme harga sering terjadi dalam suatu transaksi karena biaya dari barang dan jasa yang dijual bersifat fleksibel.

Variabel Ekonomi Mikro

Selain itu juga terdapat variabel ekonomi mikro. Adanya variabel ekonomi mikro ini berbeda dengan ruang lingkup. Jika ruang lingkup membahas secara umum, maka variabel mikro ekonomi lebih khusus dan lebih spesifik lagi. Berikut merupakan beberapa variabel ilmu ekonomi mikro.

  • Produsen
  • Konsumen
  • Penawaran
  • Permintaan
  • Keseimbangan harga
  • Teori produksi
  • Elastisitas
  • Distribusi
  • Biaya produsen
  • Laba dan rugi
  • Harga barang
  • Pasar
  • Analisis biaya dan manfaat
  • Penerimaan
  • Industri
  • Mekanisme pasar
  • Perilaku Produsen
  • Perilaku konsumen

Nah itulah artikel mengenal ekonomi mikro yang meliputi pengertian ekonomi mikro, ruang lingkup ekonomi mikro, variabel ekonomi mikro, indikator ekonomi mikro dan permasalahan ekonomi mikro selengkapnya. Sekian pembahasan mengenai teori ekonomi mikro kali ini, semoga bisa menjadi referensi.

Satu pemikiran pada “Ruang Lingkup Ekonomi Mikro Lengkap Beserta Teori dan Variabelnya

Tinggalkan komentar