Pengertian Paragraf Beserta Ciri-Ciri dan Penjelasan Lengkapnya

Pengertian Paragraf Beserta Ciri-Ciri dan Penjelasan Lengkapnya

Pengertian paragraf dan penjelasannya – Paragraf adalah jenis tulisan yang memiliki tujuan atau ide. Dalam karya tulis. paragraf menjadi penting untuk mengelompokkan ide dan topik tertentu. Paragraf memiliki pikiran pokok atau gagasan utama di dalam kalimat-kalimatnya.

Paragraf juga disebut sebagai alinea. Isi paragraf terdiri dari sekumpulan kalimat yang terkait satu sama lain dalam satu gagasan yang sama. Awal paragraf biasanya ditandai dengan masuk ke baris baru. Dalam 1 paragraf minimal memiliki 2 kalimat.

Syarat paragraf harus memiliki 1 pikiran utama topik yang dijelaskan melalui beberapa kalimat penjelas. Sebuah paragraf juga harus harmonis, gramatis dan normatif. Unsur-unsur paragraf sendiri terdiri dari topik atau gagasan utama, kalimat pokok dan kalimat penjelasnya.

Ada banyak macam-macam paragraf yang ada. Beberapa jenis-jenis paragraf misalnya yaitu paragraf narasi, paragraf eksposisi, paragraf argumentasi, paragraf deskripsi dan paragraf persuasi. Ada juga pembagian jenis paragraf menjadi paragraf induktif dan deduktif dilihat dari letak kalimat utamanya.

Panjang paragraf tidak ditandai pada jumlah baris atau kalimat tertentu. Beberapa orang salah mengartikan arti paragraf yang harus memiliki 4-5 kalimat. Namun sebenarnya paragraf tidak tergantung pada jumlah kalimat, asalkan memenuhi kaidah paragraf itu yakni memiliki pokok pikiran utama dan pokok pikiran penjelas.

Lantas apa sebenarnya pengertian paragraf menurut para ahli yang benar dan tepat? Di bawah ini akan dijelaskan pengertian paragraf atau pengertian alinea secara umum beserta ciri-ciri dan penjelasannya.

(baca juga pengertian bahasa)

pengertian paragraf

Pengertian Paragraf

Pengertian paragraf secara umum adalah karangan yang terdiri dari sejumlah kalimat dengan pikiran utama sebagai pengendaliannya dan pikiran penjelas sebagai pendukungnya.

Definisi paragraf juga dapat diartikan sebagai kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Paragraf juga dapat disebut sebagai karangan yang singkat.

Kalimat pokok atau kalimat utama pada paragraf adalah kalimat yang berisi masalah atau kesimpulan utama sebuah paragraf. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat yang berfungsi untuk menjelaskan masalah atau topik yang ada pada kalimat utama.

Sementara arti paragraf menurut KBBI adalah bagian bab dalam suatu karangan, biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru.

Ciri-Ciri Paragraf

  • Letak baris pertama agak menjorok ke dalam, biasanya mencapai lima ketukan spasi untuk jenis karangan yang biasa.
  • Memakai pikiran utama yang dinyatakan dalam kalimat topik.
  • Memakai pikiran penjelas yang dinyatakan dalam kalimat penjelas.
  • Memiliki satu kalimat topik utama saja dalam sebuah paragraf.
  • Sementara yang lainnya merupakan kalimat penjelas yang berfungsi menguraikan dan menjelaskan pikiran utama yang terdapat dalam kalimat topik.

Nah demikianlah referensi penjelasan mengenai pengertian paragraf serta ciri-ciri paragraf selengkapnya. Dalam karya tulis, penggunaan paragraf memang sangat umum dan digunakan untuk menjabarkan tiap topik yang terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelasanya.

Tinggalkan komentar