Pengertian Letak Geografis Negara di Peta Dunia dan Pengaruhnya

Pengertian Letak Geografis Negara di Peta Dunia dan Pengaruhnya

Pengertian letak geografis – Pengertian letak geografis secara umum adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataanya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Letak geografis suatu wilayah atau negara menjadi aspek penting untuk menentukan kondisi wilayah suatu negara dalam bidang politik, sosial, budaya, ekonomi dan lain-lain.

Hal tersebut juga untuk letak geografis Indonesia yang memberi banyak pengaruh, dampak serta keuntungan dan kerugian lain akibat letak geografis tersebut. Tiap wilayah memang memiliki letak geografis berdasarkan letaknya di peta dunia. Hal ini mencakup kondisi sekitar wilayah serta letaknya di bagian belahan bumi, baik di sebelah barat atau timur serta di sebelah utara atau selatan.

Contohnya adalah letak geografis benua Asia yang berada di bumi belahan timur serta memanjang dari bumi belahan utara menuju selatan. Pengaruh letak geografis pun bisa dilihat dari berbagai aspek. Tidak hanya soal kondisi politik dan ekonomi dengan wilayah sekitar, namun juga memiliki dampak sosial dan budaya bagi masyarakat di wilayah tersebut.

pengertian letak geografis

Pengertian Letak Geografis

Apa itu letak geografis? Pengertian letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah atau negara berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi. Letak geografis juga didasarkan pada posisinya di peta dunia. Letak geografis suatu negara dibatasi dengan berbagai fitur geografi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut.

Pembatasan fitur bumi yang dimaksud misalnya seperti benua, laut, pegunungan, samudera dan lain-lain. Sementara letaknya di peta dunia bisa didasarkan pada bagian belahan bumi. Batasan lain adalah tergantung pada kawasan dan negara yang ada di sekitar wilayah yang bersangkutan.

Letak geografis ini juga bisa ditentukan oleh letak astronomis, fisiologis dan geologis. Pengaruh letak geografis sangat penting untuk menentukan masa depan dari suatu negara dalam melakukan hubungan internasional. Suatu negara akan lebih mudah melakukan kerjasama ekonomi dengan kawasan dan negara yang berdekatan.

Contoh letak geografis suatu negara, misalnya yaitu letak geografis Indonesia. Secara umum letak geografis Indonesia berada di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia serta berada di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Letak Indonesia secara geografis ini termasuk sangat strategis dan sering disebut sebagai posisi silang Indonesia. Terdapat beberapa pengaruh letak geografis Indonesia yang ditimbulkan terutama pada kondisi geografis Indonesia, misalnya timbulnya iklim laut, pengaruh cuaca, persebaran flora dan fauna serta pengaruh lain di bidang ekonomi dan politik.

Keuntungan letak geografis juga bisa dilihat dari sumber dayanya, baik di darat maupun di laut. Selain itu juga ada pengaruh letak geografis terhadap sosial budaya. Hal lain yang cukup berdampak dari posisi geografi suatu negara adalah hubungan internasional dengan negara lain serta organisasi yang tergabung.

Misalnya, negara Indonesia yang berada di wilayah Asia Tenggara, maka Indonesia termasuk dalam organisasi ASEAN dan organisasi kerjasama regional lainnya. Selain itu pengaruh lain melibatkan kerjasama Indonesia dengan negara-negara di ASEAN, Asia Pasifik dan kawasan Asia lain.

Nah demikianlah referensi definisi dan pengertian letak geografis suatu wilayah dan negara beserta pengaruh dan dampak yang ditimbulkan. Tiap negara tentu memiliki letak geografis dan astronomis yang menjadi posisi wilayah tersebut di peta dunia. Sekian zona referensi kali ini.

Tinggalkan komentar