Contoh Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Satuannya dalam SI

Contoh Besaran Pokok dan Besaran Turunan Beserta Satuannya dalam SI

Kali ini akan kita bahas tentang besaran pokok dan besaran turunan lengkap beserta satuannya. Besaran sendiri adalah segala sesuatu yang dapat diukur, dihitung dan dinyatakan dalam angka serta mempunyai satuan.

Sedangkan satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk menyatakan ukuran besaran, atau suatu pembanding dalam kegiatan pengukuran suatu besaran.

Besaran dalam fisika dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu besaran pokok (Base Quantities) dan besaran turunan (Derived Quantities). Keduanya memiliki definisi yang berbeda, berikut penjelasannya :

besaran pokok dan turunan

Besaran Pokok

Besaran pokok (Base Quantities) adalah besaran yang satuannya didefinisikan dan ditetapkan terlebih dahulu, berdiri sendiri dan tidak dapat dijabarkan dari besaran lain. Ada tujuh besaran pokok yang telah dirumuskan dan disepakati oleh para ahli. Contoh besaran turunan adalah panjang, massa dan waktu.

Masing masing besaran memiliki satuan dan dinyatakan dalam satuan internasional (SI), atau disebut juga MKS (m.kg,s). Satuan internasional (SI) merupakan satuan yang telah disepakati secara Internasional dan digunakan oleh berbagai negara.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini tabel besaran pokok dan satuannya,

Besaran PokokSimbol BesaranSatuanSimbol SatuanDimensi
Panjanglmeterm[ L ]
Massamkilogramkg[ M ]
Waktutsekons[ T ]
Kuat arus listrikIampereA[ I ]
SuhuTkelvinK[ θ ]
Jumlah zatnmolmol[ J ]
Intensitas cahayalkandelacd[ N ]

Besaran Turunan

Besaran Turunan (Derived Quantities) adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Selain tujuh besaran pokok yang ada pada tabel diatas, besaran fisika lainnya termasuk dalam besaran turunan. Ciri khusus besaran turunan diantaranya adalah diperoleh dari pengukuran langsung dan tidak langsung, mempunyai satuan lebih dari satu, dan diturunkan dari besaran pokok.

Salah satu contoh besaran turunan adalah Luas. Luas merupakan hasil kali dua besaran panjang, yaitu panjang dan lebar. Jadi, Luas merupakan turunan dari besaran Panjang.

Contoh lainnya adalah besaran Volume. Volume merupakan kombinasi tiga besaran panjang, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Jadi, Volume juga merupakan turunan dari besaran panjang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini tabel besaran turunan dan satuannya,

Besaran TurunanNama SatuanSimbolDalam Satuan Dasar
Luasmeter persegi
Volumemeter kubik
Kecepatanmeter per sekonm/sm/s
Percepatanmeter per sekon Persegim/s²m/s²
Massa jeniskilogram per meter kubikkg/m³kg/m³
GayanewtonNkg.m/s²
Energi dan usahajouleJkg.m²/s²
DayawattWkg.m²/s³
TekananpascalPakg/(m.s³)
FrekuensihertzHzs^-1 (s pangkat min satu)
Muatan listrikcoulombCA.s
Potensial listrikvoltVkg.m²/(A.s³)
Hambatan listrikohmΩkg.m²/(A².s³)
KapasitansifaradFA².s²/kg.m²
Medan magnetikteslaTkg/(A.s²)
Fluks magnetikweberWbkg.m²/(A².s²)
InduktansihenryHkg.m²/(A².s²)

Demikianlah artikel mengenai besaran pokok dan besaran turunan lengkap beserta satuannya. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan dalam memahami pengertian besaran pokok dan turunan.

Tinggalkan komentar