Fungsi Tulang Atas pada Lengan Manusia Beserta Penjelasannya

Fungsi Tulang Atas pada Lengan Manusia Beserta Penjelasannya

Tulang atas atau humerus merupakan tulang panjang yang terletak pada bagian lengan manusia. Letak tulang lengan atas antara bagian bahu dan siku. Fungsi tulang atas penting untuk menggerakkan bahu dan siku, serta sebagai sistem gerak bagian lengan manusia.

Secara anatomis, tulang atas dibagi menjadi tiga, yakni bagian atas humerus, badan humerus atau corpus humerus, serta bagian bawah humerus. Dalam sistem rangka, letak tulang lengan atas terletak di antara tulang belikat dan radius-ulna (tulang pengumpil-hasta).

Fungsi tulang atas yang utama adalah sebagai tempat menempel otot utama yang menggerakkan bahu dan siku. Tulang atas memang penting dalam sistem gerak manusia di bagian lengan. Tulang lengan atas juga berperan sebagai penghubung antara gelang bahu dan tulang lengan bawah.

Terdapat banyak otot yang melekat pada humerus, yang berfungsi untuk sistem gerak bahu dan siku. Terdapat pula otot pada lengan bawah yang melakati humerus seperti otot pronator teres dan otot fleksor dan ekstensor lengan bawah.

(baca juga fungsi tulang paha)

fungsi tulang atas

Fungsi Tulang Atas

Berikut ini adalah beberapa fungsi tulang lengan atas bagi manusia dan penjelasan lengkapnya.

1. Tempat Menempel Otot Utama

Salah satu fungsi utama tulang atas adalah sebagai tempat menempel otot-otot utama pada tubuh. Beberapa jenis otot yang melekat pada tulang lengan atas misalnya saja seperti pektoralis primer dan deltoid, serta ada juga otot rotator cuff.

2. Menggerakkan Siku dan Bahu

Tulang atas berfungsi untuk menggerakkan siku dan bahu, karena adanya otot-otot yang melekat di tulang atas. Otot pektoralis primer dan deltoid berfungsi untuk menggerakkan bagian siku dan bahu.

3. Menopang Kekuatan Lengan

Sebagai salah satu tulang di bagian lengan, tulang atas jelas berfungsi untuk menopang kekuatan lengan dalam bergerak. Tulang atas mempengaruhi gerakan lengan di bawahnya yang berhubungan dengan aktifitas fisik manusia sehari-hari.

4. Melakukan Rotasi dan Abduksi pada Bahu

Pada tulang lengan atas, juga terdapat otot rotator cuff. Fungsi otot rotator cuff ini penting agar dapat melakukan rotasi serta abduksi pada bahu, sehingga menjadi lebih fleksibel.

5. Melakukan Gerak Fleksi dan Ekstensi pada Lengan

Pada tulang atas bagian siku, terdapat persendian dengan ulna. Hal ini berfungsi untuk melakukan gerak fleksi dan ekstensi pada lengan. Gerak fleksi merupakan gerak menekuk atau membengkokkan, sedangkan gerak ekstensi adalah gerak meluruskan.

6. Menghubungkan Gelang Bahu dan Tulang Lengan Bawah

Tulang lengan atas berada di kelompok tulang anggota gerak atas. Salah satu fungsinya adalah untuk menjadi penghubung antar gelang bahu dan tulang lengan bawah pada manusia.

7. Penghubung Sendi Putar

Salah satu fungsi tulang atas lainnya adalah sebagai penghubung sendi putar yang ada pada bagian lengan.

8. Melakukan Aktivitas Sehari-hari degan Lengan

Tulang lengan atas sangat penting bagi manusia yang beraktivitas sehari-hari dengan bantuan lengan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan karena fungsi lengan atas misalnya adalah menulis, menunjuk, mengambil, menggaruk, memukul, dan lain sebagainya.

Nah itulah referensi fungsi tulang atas bagi manusia beserta penjelasannya. Tulang lengan atas memiliki fungsi penting untuk menggerakkan siku dan bahu serta sistem gerak lengan yang penting untuk beraktivitas.

Tinggalkan komentar