Tujuan Proposal Beserta Manfaat dan Fungsi Pembuatan Proposal

Tujuan Proposal Beserta Manfaat dan Fungsi Pembuatan Proposal

Tujuan proposal – Proposal merupakan rencana dan gambaran dalam bentuk rancangan kerja yang disusun secara sistematis, rinci dan mendetail. Tujuan dan fungsi proposal penting untuk memberi gambaran dan proyeksi sebuah kegiatan atau penelitian yang akan dilakukan, serta untuk mendapatkan dukungan, perizinan, dana dan sponsor dari pihak-pihak terkait.

Secara singkat, pengertian proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal juga dapat diartikan sebagai sebuah pedoman dan perencanaan yang akan diterapkan dalam bentuk rancangan kerja. Tujuan proposal secara umum adalah memberi gambaran dan proyeksi terkait kegiatan atau penelitian yang akan diadakan.

Dalam tiap proposal ada beberapa unsur-unsur tertentu, seperti latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan, sasaran, isi dan pembahasan, jadwal pelaksanaan, anggara, susunan kepanitiaan, dan bagian penutup. Ada beberapa jenis-jenis proposal berdasarkan isi dan subjeknya, antara lain adalah proposal kegiatan, proposal bisnis/usaha, proposal penelitian, dan proposal proyek.

tujuan proposal

Tujuan Proposal

Apa tujuan proposal? Secara umum tujuan proposal adalah untuk menyampaikan rencana kegiatan pada pihak terkait, sehingga kegiatan tersebut dapat diterima dengan tujuan mendapatkan dukungan, mendapatkan izin, memperoleh dana dan sponsor, dan sebagainya.

Kegiatan yang diselenggarakan pun bervariasi bisa berupa diskusi, seminar, pentas, pelatihan, lomba, atau kegiatan dan acara lainnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa tujuan proposal antara lain adalah sebagai berikut :

  • Menyampaikan rencana kegiatan yang akan diselenggarakan.
  • Menjelaskan secara langsung agenda dan acara yang akan diadakan pada pihak-pihak terkait.
  • Mendapat dukungan terkait kegiatan atau penelitian yang akan diselenggarakan.
  • Memperoleh persetujuan berupa izin acara dari pihak dan otoritas terkait.
  • Mendapatkan dana dan sponsor untuk penyelenggaraan suatu kegiatan atau penelitian.
  • Memberi garis besar acara dan kegiatan pada anggota panitia.
  • Meyakinkan donatur untuk memberikan bantuan dana penyelenggaraan kegiatan atau penelitian.

Fungsi Proposal

Fungsi proposal lebih berkaitan dengan diadakannya kegiatan atau penelitian yang diadakan. Penjelasan mengenai fungsi proposal juga dibagi pada jenis-jenis proposal itu sendiri, di antaranya proposal kegiatan, proposal bisnis/usaha, proposal penelitian, dan proposal proyek.

  • Fungsi proposal kegiatan, yaitu untuk menyelenggarakan suatu kegiatan dan acara tertentu, bisa berupa seminar, diskusi, pelatihan, pentas, lomba, syukuran, dan sebagainya.
  • Fungsi proposal bisnis/usaha, yaitu sebagai gambaran dan proyeksi untuk mendirikan suatu usaha guna mendapatkan keuntungan finansial.
  • Fungsi proposal penelitian, yaitu untuk melakukan sebuah riset dan penelitian di bidang sains, ekonomi, politik, sosial, budaya, agama, dan sebagainya.
  • Fungsi proposal proyek, yaitu untuk dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun instansi swasta.

Nah itulah referensi fungsi dan tujuan proposal beserta manfaat yang diperoleh dari pembuatan proposal. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan.

Tinggalkan komentar