Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara Bagi Indonesia Secara Umum

Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara Bagi Indonesia Secara Umum

Fungsi dan tujuan wawasan nusantara – Apa itu wawasan nusantara? Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah serta menghargai kebhinekaan dan keberagaman untuk mencapai tujuan nasional. Tentu terdapat tujuan dan fungsi wawasan nusantara yang harus diraih dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Konsep wawasan nusantara memang sudah ada sejak dulu. Landasan wawasan nusantara dapat dilihat di Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dasar hukum wawasan nusantara tersebut juga menjadi pedoman hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Mewujudkan persatuan dalam keberagaman menjadi hakikat wawasan nusantara yang utama.

Implementasi wawasan nusantara memang bisa dilihat dalam berbagai aspek, mulai dari aspek ekonomi, sosial, budaya dan politik. Peran wawasan nusantara juga terlihat dalam mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa. Manfaat wawasan nusantara lain juga mencakup kewilayahan Indonesia termasuk pada garis batas Indonesia dengan negara lain.

(baca juga tujuan pendidikan kewarganegaraan)

fungsi dan tujuan wawasan nusantara

Fungsi Wawasan Nusantara

Ada beberapa fungsi wawasan nusantara, baik fungsi wawasan nusantara secara umum maupun menurut para ahli. Berikut merupakan penjelasan lengkapnya.

Fungsi Wawasan Nusantara Secara Umum

Fungsi wawasan nusantara secara umum berperan sebagai pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam memastikan semua kebijaksanaan, ketentuan, tindakan, serta perbuatan untuk penyelenggaraan Negara di pusat serta daerah ataupun untuk semua rakyat Indonesia dalam kehidupan masyarakat, berbangsa serta bernegara.

Selain itu wawasan nusantara juga berfungsi untuk membentuk dan membina persatuan kesatuan bangsa dan negara Indonesia serta merupakan ajaran dasar nasional yang melandasi kebijakan serta langkah pembagunan nasional di Indonesia.

Fungsi Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Fungsi wawasan nusantara menurut para ahli dibedakan dalam beberapa pandangan. Berikut merupakan beberapa fungsi fungsi wawasan nusantara menurut para ahli.

  • Fungsi wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional yaitu sebagai konsep dalam pembangunan, pertahanan keamanan serta kewilahayan.
  • Fungsi wawasan nusantara sebagai pembangunan nasional yaitu meliputi kesatuan politik, sosial dan ekonomi, sosial dan politik, kesatuan pertahanan serta keamanan.
  • Fungsi wawasan nusantara sebagai pertahanan dan keamanan yaitu pandangan geopolitik Indonesia sebagai satu kesatuan pada seluruh wilayah serta seluruh kekuatan negara.
  • Fungsi wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan yaitu pembatasan negara untuk menghindari adanya sengketa antar negara tetangga.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan wawasan nusantara secara umum dibedakan menjadi tujuan nasional serta tujuan wawasan nusantara keluar dan ke dalam. Tujuan nasional tercatat dalam pembukaan UUD 1945. Sementara tujuan ke luar dan ke dalam berhubungan dengan ruang lingkupnya.

Tujuan Wawasan Nusantara Nasional

Tujuan nasional dapat dilihat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah “untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Tujuan Wawasan Nusantara Ke Luar

Tujuan wawasan nusantara keluar adalah menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi yang semakin mendunia ini maupun kehidupan dalam negeri serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial, serta kerjasama dan sikap saling hormat menghormati. Artinya, bangsa Indonesia harus terus-menerus mengamankan dan menjaga kepentingan nasionalnya dalm kehidupan internasionalnya dalam semua aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan demi tercapainya tujuan nasional sesuai tertera dalam UUD 1945.

Tujuan Wawasan Nusantara Ke Dalam

Tujuan wawasan nusantara kedalam adalah menjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional, baik aspek alamiah maupun aspek sosial. Hal ini berarti bahwa bangsa Indonesia harus meningkatkan kepekaannya dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sedini mungkin faktor-faktor penyebab timbulnya disintregasi bangsa dan terus-menerus mengupayakan dan terjaganya persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan.

Nah demikianlah referensi mengenai fungsi dan tujuan wawasan nusantara di Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara lengkap beserta penjelasannya menurut para ahli. Pendidikan wawasan nusantara sangat penting karena bertujuan untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

Tinggalkan komentar