unsur-unsur sejarah

Unsur-Unsur Sejarah Lengkap Beserta Penjelasan dan Contohnya

Unsur-unsur sejarah – Sejarah adalah hal yang telah terjadi di masa lalu. Definisi sejarah pun mencakup segala kejadian dan peristiwa yang sudah terjadi. Selain itu terdapat unsur-unsur sejarah yang membentuk terjadinya sebuah peristiwa bersejarah. Kali ini akan dibahas mengenai apa saja unsur-unsur sejarah beserta penjelasannya.

Secara umum, pengertian sejarah adalah suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lalu. Sedangkan sebagai sebuah studi pengetahuan, sejarah diartikan sebagai ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia

Ruang lingkup sejarah memang luas dan mencakup hal yang telah terjadi, baik sebagai peristiwa atau sebagai studi. Selain itu terdapat 3 (tiga) ciri-ciri sejarah yang utama yaitu unik (hanya terjadi 1 kali), abadi (telah terjadi dan tidak bisa diubah) serta penting (memberi pengaruh besar bagi manusia).

Terdapat juga sejumlah karakteristik dan unsur-unsur sejarah, yang jumlahnya ada tiga, terdiri dari manusia, ruang, dan waktu. Ketiga unsur ini harus ada, sehingga sebuah kejadian bisa disebut sebagai sejarah. Tanpa adanya salah satu unsur tersebut, maka sejarah tidak dapat terjadi.

(baca juga ciri-ciri sejarah)

unsur-unsur sejarah

Unsur-Unsur Sejarah

Berikut ini merupakan daftar 3 unsur unsur utama sejarah meliputi manusia, ruang dan waktu lengkap beserta penjelasan dan pembahasannya.

1. Manusia

Unsur sejarah yang paling utama adalah manusia. Sejarah selalu berkaitan dengan manusia karena manusia adalah pelaku dan objek utama dalam kejadian bersejarah.

Manusia dalam peristiwa sejarah memilik peran yang sangat penting karena di dalam sejarah, manusia berperan sebagai subjek dan objek. Sejarah itu pun ada karena adanya manusia yang berperan pada terjadinya suatu peristiwa.

Bila tidak ada unsur manusia, maka sejarah tidak akan disebut sejarah. Hal ini dikarenakan manusia yang terlibat dalam peristiwa sejarah itu. Selain itu pada akhirnya manusia juga yang menceritakan dan menuliskan kembali peristiwa sejarah yang telah terjadi.

2. Ruang

Ruang juga termasuk pada elemen sejarah yang penting. Tempat kejadian suatu sejarah disebut sebagai ruang. Ruang pun memiliki peran yang sangat penting karena dalam suatu peristiwa sejarah, pasti terdapat tempat terjadinya suatu peristiwa bersejarah.

Tempat terjadinya suatu sejarah pun bisa bersifat luas atau sempit. Contoh ruang terjadinya suatu kejadian sejarah adalah sebuah negara, kota, medan perang, lapangan hingga ruang-ruang sempit seperti rumah, kamar atau sebuah lahan dengan area terbatas.

3. Waktu

Unsur sejarah berikutnya adalah waktu. Waktu memiliki peran yang penting dalam unsur sejarah karena dengan waktu, kita dapat mengetahui kapan suatu peristiwa sejarah terjadi.

Segala aktivitas manusia dibatasi oleh satuan waktu. Waktu dalam sejarah ini bersifat pasti dan absolut, bisa satu minggu yang lalu, satu bulan yang lalu, satu tahun yang lalu, satu abad yang lalu atau 1000 tahun yang lalu, asalkan berada di masa lalu.

Adanya waktu yang kemudian membuat sebuah perisitwa bisa dikatakan sebagai sejarah. Sejarah merupakan kejadian yang terjadi di masa lalu. Seiring dengan waktu yang bergerak ke depan maka peristiwa yang terjadi saat ini juga akan menjadi sejarah di masa mendatang.

Nah itulah referensi mengenai 3 unsur sejarah yang paling utama beserta penjelasan lengkapnya. Sejarah memang memiliki tiga unsur-unsur utama yaitu manusia, ruang dan waktu. Tiga unsur sejarah inilah yang membentuk sebuah kejadian bersejarah yang telah terjadi di masa lalu.

Satu pemikiran pada “Unsur-Unsur Sejarah Lengkap Beserta Penjelasan dan Contohnya”

Tinggalkan komentar