Letak Geografis Indonesia Beserta Dampak dan Pengaruhnya

Letak Geografis Indonesia Beserta Dampak dan Pengaruhnya

Letak geografis Indonesia dan pengaruhnya – Indonesia adalah salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Posisi geografis Indonesia dianggap sangat strategis. Letak Indonesia secara geografis diapit oleh 2 benua dan 2 samudra. Tentu ada beberapa pengaruh letak geografis Indonesia yang ditimbulkan, bisa berupa dampak positif atau dampak negatif.

Total luas wilayah Indonesia hampir mencapai 2 juta kilometer. Wilayah Indonesia dibagi menjadi puluhan ribu, dimana 5 pulau terbesar adalah Kalimantan, Papua, Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Karenanya, Indonesia termasuk sebagai negara kepulauan.

Sebagian besar wilayah Indonesia didominasi wilayah perairan sehingga Indonesia dikategorikan sebagai negara maritim. Berdasarkan letak astronomis Indonesia terletak pada 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT. Lalu bagaimanakah dengan letak geografis Indonesia?

Meski termasuk negara di benua Asia, letak geografis Indonesia memang berdekatan dengan benua Australia dan kawasan Oceania. Selain itu secara geografis Indonesia terletak di antara dua samudera, yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Berikut merupakan penjelasan mengenai letak geografis Indonesia dan pengaruhnya di berbagai bidang, bisa berupa keuntungan maupun kerugian.

(baca juga pengertian letak geografis)

letak geografis indonesia dan pengaruhnya

Letak Geografis Indonesia

Secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Indonesia diapit oleh dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Selain itu Indonesia diapit oleh dua samudra yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik.

Posisi geografis Indonesia cukup strategis karena bisa dijangkau dari tempat mana pun. Letak Indonesi secara geografis ini juga memiliki dampak dan pengaruh pada beberapa hal.

Indonesia Terletak Diantara Dua Benua

Secara geografis, wilayah Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Benua Asia ada di sebelah utara dan barat laut, sedangkan benua Australia ada di sebelah selatan dan tenggara dari wilayah geografis Indonesia.

Letak geografis negara Indonesia ini sering disebut sebagai posisi silang Indonesia. Hal ini karena letak 2 benua dan 2 samudera yang mengapit Indonesia dapat membentuk simbol silang. Kondisi ini menjadikan wilayah Indonesia menjadi sangat strategis.

Secara geopolitis, Indonesia memang terletak di benua Asia, namun kondisi geografis Indonesia sangat berdekatan dengan benua Australia dan kawasan Oceania. Akibat letak geografis Indonesia yang diapit oleh 2 benua dapat dilihat pada aspek budaya, ekonomi hingga keanekaragaman hayati yang dimiliki.

Indonesia Terletak Diantara Dua Samudra

Secara geografis, wilayah Indonesia terletak diantara dua samudra yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Samudera Pasifik ada di sebelah timur laut, sedangkan Samudera Hindia ada di sebelah selatan dan barat daya dari wilayah geografis Indonesia.

Letak geografis wilayah Indonesia yang diapit oleh dua samudera memiliki dampak pada iklim Indonesia. Pembagian iklim Indonesia menjadi 2 yakni musim kemarau dan musim penghujan dipengaruhi oleh letak geografis negara Indonesia di antara dua samudera ini.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Terdapat beberapa pengaruh dan dampak letak geografis Indonesia, baik itu dampak positif atau dampak negatif. Letak geografis Indonesia banyak memberi pengaruh pada masalah iklim, cuaca, politik, ekonomi, pariwisata dan sosial-budaya.

Pembagian musim di Indonesia

Salah satu dampak letak Indonesia secara geografis adalah pembagian musim di Indonesia yang dibagi menjadi dua yakni musim kemarau dan musim penghujan. Hal ini dikarenakan angin muson yang bertiup yang disebabkan letak Indonesia yang diapit oleh 2 samudera.

Kondisi iklim di Indonesia

Karena letaknya yang terletak di antara dua samudera, menyebabkan Indonesia memiliki iklim laut. Wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan juga menyebabkan banyak terjadinya hujan.

Hubungan politik Indonesia

Hubungan politik di Indonesia turut dipengaruhi oleh letak geografisnya. Sebagai contoh, Indonesia tergabung dalam organisasi ASEAN karena letak wilayahnya saat ini. Indonesia juga dikenal memiliki hubungan politik yang baik dengan negara lain karena akses yang dimiliki cukup mudah.

Aspek sosial-budaya Indonesia

Letak Indonesia secara geografis yang diapit 2 benua turut mempengaruhi bidang sosial-budaya. Banyak kebudayaan asing yang melebur dan tumbuh berkembang di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari berbagai jenis seperti cara berpakaian, alat musik, film, tarian dan budaya lainnya.

Kondisi ekonomi di Indonesia

Pengaruh letak geografis Indonesia juga dapat dilihat dari sektor ekonomi. Posisinya yang strategis membuat Indonesia sering dijadikan jalur perdagangan dunia. Hal ini tentu akan menimbulkan dampak positif bagi keadaan ekonomi di Indonesia.

Pariwisata di Indonesia

Salah satu keuntungan letak geografis Indonesia ada pada sektor pariwisata. Hal ini disebabkan letaknya yang strategis, didukung dengan iklim tropis dan cuaca yang cerah serta posisinya yang dekat dengan lautan.

Keanekaragaman alam di Indonesia

Dampak positif letak geografis Indonesia juga dapat dilihat dari banyaknya keanekaragaman alam di Indonesia. Persebaran flora dan fauna di Indonesia pun begitu bervariasi sehingga menjadi daya tarik negara Indonesia di dunia internasional.

Kekayaan sumber daya tambang

Letak geografis Indonesia juga berada di lipatan muda yang menyebabkan banyaknya sumber daya tambang yang dimiliki Indonesia. Kekayaan bahan tambang ini dapat berupa minyak bumi dan gas yang tentu menjadi keuntungan letak geografis Indonesia.

Nah itulah penjelasan letak geografis Indonesia dan pengaruhnya, baik yang positif atau yang negatif. Secara umum, letak Indonesia secara geografis diapit oleh 2 benua (Asia dan Australia) dan 2 samudra (Pasifik dan Hindia). Banyak juga pengaruh letak geografis Indonesia ini terutama pada bidang iklim, lingkungan, politik, ekonomi dan sosial-budaya.

Tinggalkan komentar