Pengertian Sampah Beserta Definisi, Jenis-Jenis dan Contohnya

Pengertian Sampah Beserta Definisi, Jenis-Jenis dan Contohnya

Kita tentu tidak asing dengan istilah sampah. Kita bisa melihat sampah dimana-mana, di tempat sampah rumah atau di lingkungan. Lantas apa sebenarnya pengertian sampah itu sendiri? Apa sajakah yang termasuk sampah dan apa jenis-jenis sampah?

Secara singkat, definisi sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah merupakan produk yang tidak memiliki nilai ekonomi sama sekali, sehingga tidak dibutuhkan, dan ingin dibuang oleh manusia.

Sampah merupakan hasil dari aktivitas manusia. Di tiap kegiatan manusia selalu menghasilkan sampah, baik di rumah tangga, industri, dan aktivitas lain. Sampah terdiri dari sampah organik dan sampah anorganik. Tiap jenis sampah memiliki cara pengolahan yang berbeda-beda.

Sampah anorganik tidak bisa diuraikan sehingga keberadaannya berbahaya bagi lingkungan. Untuk itu pengolahan sampah harus diperhatikan, salah satu caranya dengan daur ulang. Kita pun harus turut berpartisipasi dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pastikan membuang sampah di tempat sampah.

(baca juga pengertian limbah)

pengertian sampah

Pengertian Sampah

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja pengertian sampah secara umum, menurut KBBI, serta menurut pendapat para ahli.

Definisi Sampah Secara Umum

Pengertian sampah secara umum adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia maupun alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

Arti Sampah Menurut KBBI

Pengertian sampah menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi seperti kotoran, daun, kertas dan lain-lain.

Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa pengertian dan definisi sampah menurut teori dan pendapat para ahli lingkungan dan sejenisnya.

Menurut WHO

Pengertian sampah menurut WHO (World Health Organization) adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya.

Menurut UU No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah

Pengertian sampah menurut Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah adalah sisa kegiatan seharihari manusia dan/atau dari proses alam yang berbentuk padat.

Menurut Juli Soemirat (1994)

Definisi sampah diartikan sebagai sesuatu yang tidak dikehendaki oleh yang punya dan bersifat padat.

Menurut Basriyanta

Sampah merupakan barang yang dianggap tidak dapat dipakai lagi dan dibuang oleh pemakai sebelumnya, akan tetapi masih akan mungkin dapat dipakai atau diolah kembali.

Prof. W. Radyastuti (1996)

Prof. W. Radyastuti mengemukakan pendapat bahwa pengertian sampah secara singkat adalah sumber daya yang tidak siap pakai.

Menurut Azwar (1990)

Azwar (1990) mengatakan bahwa pengertian sampah adalah sebagian dari sesuatu yang tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang harus dibuang yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan manusia (termasuk kegiatan industri) tetapi bukan biologis karena kotoran manusia (human waste) tidak termasuk kedalamnya.

Menurut Darmadi

Menurut Darmadi, definisi sampah merupakan produk-produk buangan yang berbentuk padat dengan komposisi yang terdiri dari bahan organik dan bahan anorganik.

Menurut Manik (2003)

Arti sampah menurut Manik (2003) adalah suatu benda yang tidak digunakan atau tidak dikehendaki dan harus dibuang yang dihasilkan oleh kegiatan manusia.

Menurut Notoatmojo (2003)

Menurut Notoatmojo, definisi sampah secara singkat diartikan sebagai benda atau bahan tersebut tidak dipakai lagi. 

Menurut Wijaya Jati

Wijaya Jati mengemukakan bahwa sampah merupakan benda yang dihasilkan sebagai konsekuensi dari aktivitas manusia.

Menurut Dr. Tanjung (1982)

Menurut Tanjung, sampah didefinisikan sebagai sesuatu yang sudah tidak berguna lagi, yang dibuang oleh pemakainya.

Menurut Bahar

Sampah merupakan barang buangan berupa bahan padat yang mengakibatkan turunnya nilai estetika lingkungan, nilai sumber daya, membawa penyakit, menimbulkan polusi, menyumbat saluran air, dan banyak dampak negatif lainnya.

Menurut Rie G. S

Definisi sampah diartikan sebagai suatu barang yang kita miliki tetapi sama sekali tidak pernah ada gunanya

Menurut Ecolink (1996)

Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia meupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

Menurut Tchobanoglous (1995)

Sampah diartikan sebagai semua buangan yang dihasilkan dari aktivitas manusia atau hewan yang tidak diinginkan atau digunakan lagi, baik berbentuk padat atau setengah padat.

Menurut Kodoatie

Definisi sampah merupakan limbah atau barang buangan yang bersifat padat ataupun setengah padat, yang berasal dari hasil dari kegiatan perkotaan atau siklus kehidupan makhluk hidup.

Menurut Slamet (1993)

Menurut Slamet, pengertian sampah adalah segala sesuatu yang tidak dikehendaki oleh yang punya dan bersifat padat, ada yang mudah membusuk, ada juga yang tidak mudah membusuk.

Menurut Setyo Purwendro

Pengertian sampah merupakan bahan yang padat telah dibuang dari aktivitas rumah, tangga, hotel, pasar, industri, dan aktivitas manusia lainnya sehingga sampah juga dapat diartikan sebagai sampingan dari aktivitas manusia yang tidak terpakai.

Menurut Mustofa

Pengertian sampah menurut pendapat Mustofa merupakan bahan yang sudah tidak berharga dalam pemakaian, barang cacat atau rusak.

Menurut Leonardo (1990)

Menurut Leonardo, limbah padat merupakan salah satu bentuk limbah yang terdapat di lingkungan masyarakat, yang dikenal juga dengan istilah sampah. Sampah memang memiliki kesamaan dengan contoh limbah yang berbentuk padat.

Menurut Kamus Lingkungan (1994)

Pengertian sampah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk digunakan secara biasa atau khusus dalam produksi atau pemakaian; barang rusak atau cacat selama manufaktur; atau materi berlebihan atau buangan.

Jenis-Jenis Sampah

Terdapat beberapa macam-macam sampah bbaik berdasarkan sifatnya, wujudnya, atau sumbernya. Berikut merupakan penjelasan jenis-jenis asampah dan contohnya.

Jenis-Jenis Sampah Berdasarkan Sifatnya

Jenis sampah menurut sifatnya dibagi menjadi dua yakni sampah organik dan sampah anorganik. Berikut pengertian sampah organik dan anorganik beserta contohnya.

1. Sampah Organik

Pengertian sampah organik adalah jenis sampah yang dihasilkan organisme hidup, sehingga mudah membusuk dan mudah diuraikan. Sampah ini juga dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos.

Contoh sampah organik misalnya seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, kotoran, dan sebagainya.

2. Sampah Anorganik

Pengertian sampah anorganik adalah jenis sampah yang tidak mudah membusuk dan tidak mudah diuraikan. Sampah jenis ini bisa ditangani dengan cara didaur ulang menjadi produk lain.

Contoh sampah anorganik misalnya seperti plastik, logam besi, botol minuman, kaleng, bungkus makanan, kaca, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Sampah Berdasarkan Wujudnya

Jenis sampah menurut sifatnya dibagi menjadi dua yakni sampah organik dan sampah anorganik. Berikut pengertian sampah organik dan anorganik beserta contohnya.

1. Sampah Padat

Sampah padat merupakan jenis sampah dari bahan material yang dibuang oleh manusia. Contoh sampah padat di antaranya plastik bekas, pecahan gelas, kaleng bekas, sampah dapur, botol minuman, dan lain-lain.

2. Sampah Cair

Sampah cair merupakan jenis sampah dari bahan cairan yang dibuang oleh manusia. Contoh sampah cair di antaranya air cucian, sisa cair dari dapur, sisa cair dari toilet, sisa cairan industri, dan lain-lain.

Jenis-Jenis Sampah Berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumbernya, ada banyak macam-macam sampah. Berikut merupakan bebrapa jenis-jenis sampah menurut sumbernya.

  • Sampah rumah tangga
  • Sampah alam
  • Sampah manusia
  • Sampah konsumsi
  • Sampah industri
  • Sampah pertambangan
  • Sampah nuklir

Nah itulah referensi pengertian sampah menurut para ahli, arti sampah menurut KBBI serta definisi sampah secara umum. Dijelaskan juga apa saja macam-macam sampah beserta contohnya masing-masing, baik berdasarkan sifatnya, wujudnya, dan sumbernya.

Tinggalkan komentar