Letak Geografis ASEAN Beserta Posisi dan Batas Wilayah Asia Tenggara

Letak Geografis ASEAN Beserta Posisi dan Batas Wilayah Asia Tenggara

Letak geografis Indonesia – ASEAN adalah organisasi antar negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan lain-lain. Saat ini ada 10 negara anggota ASEAN. Sesuai namanya, semua negara ASEAN adalah negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN menjadi organisasi geo-politik dan ekonomi antara negara di wilayah Asia Tenggara yang anggotanya terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmar. Sementara Timor Leste masih berstatus sebagai anggota pemantau.

Organisasi ASEAN cukup aktif mengadakan kerjasama di bidang ekonomi, politik, dan budaya. Hal ini dilandasi karena letak negara-negara yang saling berdekatan sehingga memudahkan proses kerjasama. Secara geografis, letak negara anggota ASEAN memang saling bersebelahan.

Letak astronomis ASEAN terletak pada di 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT. Penentuan letak astronomis didasarkan pada letak wilayah pada garis bujur dan garis lintang. Lantas bagaimanakah dengan letak geografis ASEAN dilihat dari posisi geografisnya dibandingkan wilayah-wilayah di sekitarnya?

(baca juga letak geografis benua Asia)

letak geografis asean

Letak Geografis ASEAN

Letak geografis ASEAN secara umum terletak di antara dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik, dan terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia.

ASEAN berada di sebelah tenggara wilayah benua Asia, sehingga masuk dalam kawasan Asia Tenggara. Wilayah ASEAN secara geografis juga bisa dibedakan menjadi wilayah daratan dan wilayah perairan.

Secara geografis letak ASEAN diapit oleh 2 samudera dan 2 benua. Adapun 2 samudera yang mengapit posisi ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Sementara 2 benua yang mengapit ASEAN adalah benua Asia dan benua Australia.

Hal ini membuat posisi geografis ASEAN sangat strategis karena melewati jalur perdagangan internasional. Indonesia menjadi negara ASEAN yang paling strategis karena letak geografis Indonesia juga diapit oleh 2 samudera dan 2 benua.

Kondisi Geografis ASEAN

Bagaimanakah kondisi geografis ASEAN dilihat dari total luas wilayah, populasi jumlah penduduk, iklim, serta negara di ujung perbatasan? Berikut merupakan ulasan kondisi geografis Asia Tenggara.

Luas Wilayah

Total keseluruhan luas wilayah ASEAN adalah 4.522.518 km persegi. Wilayah ASEAN juga terdiri dari wilayah daratan dan perairan. Indonesia menjadi negara dengan luas wilayah terbesar di ASEAN.

Jumlah Penduduk

Berdasarkan update terbaru, populasi jumlah penduduk di ASEAN saat ini diperkirakan mencapai lebih dari 615 juta jiwa dari negara-negara yang termasuk anggotanya. Angka ini jelas akan terus bertambah mengingat pertambahan penduduk di negara Asia Tenggara yang relatif tinggi.

Iklim

Secara umum iklim di wilayah ASEAN adalah iklim tropis karena letaknya yang berdekatan dengan garis khatulistiwa. Indonesia dan Malaysia memiliki iklim tropis khatulistiwa. Vietnam berikim tropis dan sedang. Myanmar bagian utara beriklim subtropis. Sementara sisa negara ASEAN lain beriklim tropis.

Perbatasan

Indonesia menjadi negara ASEAN yang terletak paling ujung barat dan ujung selatan. Indonesia pun berbatasan dengan wilayah benua Australia dan Papua Nungini. Sementara Myanmar menjadi negara ASEAN yang terletak paling ujung timur dan utara. Myanmar berbatasan dengan China dan kawasan Asia Timur.

Batas Wilayah ASEAN

ASEAN berbatasan dengan wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya, baik di sebelah utara, timur, selatan, dan barata. Batas wilayah ASEAN juga meliputi batas daratan atau batas lautan. Berikut merupakan batas-batas ASEAN dengan wilayah di sekitarnya :

Sebelah Utara

Di sebelah utara, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara China yang masuk kawasan Asia Timur. Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Laut China Timur.

Sebelah Timur

Di sebelah timur, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara Papua Nugini yang termasuk benua Australia. Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Pasifik.

Sebelah Selatan

Di sebelah selatan, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara Australia dan benua Australia secara keseluruhan. Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Hindia.

Sebelah Barat

Di sebelah barat, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara India dan Bangladesh yang masuk kawasan Asia Selatan. Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Teluk Benggala, Laut Andaman, dan Samudera Hindia.

Nah itulah referensi letak geografis ASEAN beserta posisi geografis dan batas wilayah Asia Tenggara dengan wilayah di sekitarnya lengkap. Indonesia sendiri termasuk salah satu negara anggota ASEAN. Semoga bisa menjadi tambahan referensi.

Tinggalkan komentar