Profil 10 Negara ASEAN Beserta Ibukota dan Keterangannya

Profil 10 Negara ASEAN Beserta Ibukota dan Keterangannya

Profil negara ASEAN dan keterangannya – ASEAN adalah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara negara di Asia Tenggara. Kepanjangan ASEAN adalah Association of Southeast Asian Nations. Saat ini ada 10 negara anggota ASEAN yang juga termasuk negara Indonesia.

Organisasi ASEAN pertama didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand lewat penandatanganan Deklarasi Bangkok. Ada 5 negara pendiri ASEAN saat itu yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura. Selain itu 5 negara lain kemudian bergabung di waktu lain.

Sejak awal pembentukan, tujuan ASEAN antara lain meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya serta memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya.

Lalu ada berapa anggota ASEAN sekarang? Saat ini tercatat ada 10 negara anggota ASEAN. Beberapa sumber terkadang salah menyebutkan ada 11 negara anggota ASEAN dengan mencatumkan negara Timor Leste. Faktanya Timor Leste belum terdaftar secara resmi sebagai negara ASEAN meski wilayahnya berada di Asia Tenggara.

10 Negara Anggota ASEAN

Berikut ini daftar 10 negara ASEAN dan keterangannya meliputi ibukota, mata uang, luas wilayah dan populasi penduduk update terbaru.

NoNama NegaraIbukotaMata UangLuas WilayahPopulasi
1IndonesiaJakartaRupiah1.904.569255,98 juta
2MalaysiaKuala LumpurRinggit329.84731,43 juta
3ThailandBangkokBaht513.11565,34 juta
4SingapuraSingaporeDollar7075,54 juta
5VietnamHanoiDong331.69092,71 juta
6FilipinaManilaPeso343.448103,37 juta
7MyanmarNaypyidawKyat676.57851,42 juta
8KambojaPhnom PenhRiel181.03515,62 juta
9LaosVientianeKip236.8006,49 juta
10BruneiBandar Seri BegawanDollar5.765411 ribu

Untuk lebih jelasnya di bawah ini kami akan jelaskan profil negara ASEAN beserta gambar bendera negara ASEAN saat ini selengkapnya.

1. Indonesia

negara asean indonesia

Indonesia adalah salah satu negara pendiri ASEAN. Ibukota Indonesia adalah Jakarta sedangkan mata uangnya adalah rupiah Indonesia. Negara ini juga menjadi negara terluas di Asia Tenggara dengan luas wilayah terbesar dan jumlah penduduk terbanyak.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga memiliki peran penting dalam bidang kemaritiman di wilayah Asia Tenggara. Selain itu kondisi geografis Indonesia cukup strategis karena berada di sebelah selatan dan berbatasan dengan benua Australia dan kawasan Oceania.

2. Malaysia

negara asean malaysia

Malaysia adalah negara anggota ASEAN yang beribukota di Kuala Lumpur. Mata uang negara Malaysia adalah ringgit Malaysia. Malaysia adalah negara tetangga Indonesia. Pendapatan per kapita negara Malaysia pun cukup tinggi untuk standar negara negara ASEAN.

3. Singapura

negara pendiri asean singapura

Singapura termasuk negara Asia Tenggara dengan luas wilayah paling kecil. Meski begitu Singapura merupakan negara terkaya di Asia Tenggara dan salah satu negara terkaya di dunia. Sebagai negara maju di Asia Tenggara, pendapatan per kapita dan standar hidup di Singapura menempati peringkat 1 di antara negara negara ASEAN lainnya.

4. Thailand

negara asean thailand

Thailand adalah negara Asia Tenggara yang berbentuk monarki kerajaan. Ibukota Thailand adalah Bangkok sementara mata uangnya adalah Baht Thailand. Thailand menjadi salah satu negara pendiri ASEAN. Pertama kali ASEAN juga dibentuk di kota Bangkok lewat persetujuan Deklarasi Bangkok.

5. Filipina

negara anggota asean filipina

Filipina adalah negara anggota ASEAN yang merupakan negara kepulauan. Negara ini beribukota di Manilla dan mata uangnya adalah Peso Filipina. Filipina menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di ASEAN setelah Indonesia.

6. Vietnam

negara asean vietnam

Vietnam merupakan negara ASEAN yang baru pertama bergabung sejak tanggal 28 Juli 1995. Ibukota Vietnam adalah Hanoi sedangkan mata uangnya adalah Dong Vietnam. Luas wilayah Vietnam adalah 331 ribu sementara jumlah penduduknya sekitar 92 juta jiwa.

7. Myanmar

negara anggota asean myanmar

Myanmar adalah negara anggota ASEAN yang beribukota di Naypyidaw. Mata uang Myanmar adalah Kyat Myanmar. Dulunya negara ini dikenal dengan nama Burma. Myanmar sendiri baru bergabung dengan organisasi ASEAN sejak 23 Juli 1997.

8. Kamboja

negara asia tenggara kamboja

Kamboja merupakan salah satu dari 10 negara ASEAN. Negara ini pertama bergabung dengan ASEAN pada tanggal 30 April 1999. Ibukota negara Kamboja adalah Phnom Penh sementara mata uangnya adalah Riel Kamboja. Bahasa nasional yang digunakan di Kamboja adalah Khmer.

9. Brunei

negara asean brunei

Brunei atau sering juga disebut sebagai Brunei Darussalam merupakan anggota ASEAN sejak 8 Januari 1984. Negara ini termasuk negara maju dengan pendapatan per kapita tertinggi kedua di wilayah ASEAN setelah Singapura. Ibukota Brunei adalah Bandar Seri Begawan sedangkan mata uangnya adalah Dollar Brunei.

10. Laos

negara asean laos

Laos pertama bergabung dengan organisasi ASEAN sejak tanggal 23 Juli 1997. Ibukota Laos adalah Vientiane sementara mata uangnya adalah Kip Laos. Laos menjadi salah satu negara termiskin di ASEAN dilihat dari pendapatan per kapitanya yang relatif rendah.

11. Timor Leste

negara asia tenggara timor leste

Sebenarnya ada satu lagi negara di Asia Tenggara yaitu Timor Leste. Namun Timor Leste masih belum resmi bergabung dengan ASEAN. Status negara ini masih sebagai negara pengamat ASEAN saja bersama dengan negara Papua Nugini.

Nah demikianlah profil 10 negara ASEAN dan keterangannya seperti ibukota, luas wilayah dan mata uangnya. Data dan fakta tersebut akan terus diupdate jika terjadi perubahan. Sekian ilmu fakta negara ASEAN kali ini.

4 pemikiran pada “Profil 10 Negara ASEAN Beserta Ibukota dan Keterangannya

Tinggalkan komentar