pengertian kebudayaan menurut para ahli dan secara umum

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]

Pengertian kebudayaan – Apa itu pengertian dan definisi kebudayaan? Kata budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari bahasa latin yakni colere, yang berarti mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture ini terkadang juga diterjemahkan sebagai “kultur” dalam konsep bahasa Indonesia.

Arti kebudayaan bisa didefinisikan sebagai sebuah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks yang mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat serta setiap kecakapan, dan kebiasaan.

Perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku, dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang semuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

(baca juga pengertian budaya)

pengertian kebudayaan menurut para ahli dan secara umum

Pengertian Kebudayaan

Berikut ini akan dibagikan penjelasan mengenai definisi dan pengertian kebudayaan secara umum dan menurut para ahli.

Pengertian Kebudayaan Secara Umum

Pengertian kebudayaan secara umum adalah sesuatu yang akan dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan, dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Kebudayaan juga bisa diartikan sebagai segala hal yang kompleks, yang di dalamnya berisikan kesenian, kepercayaan, pengetahuan, hukum, moral, adat istiadat serta keahlian ataupun ciri khas lainnya yang diperoleh individu sebagai anggota dalam suatu masyarakat.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum, para ahli dan pakar menjelaskan tentang apa itu kebudayaan secara berbeda-beda. Berikut merupakan definisi kebudayaan menurut para ahli.

Menurut Koentjaraningrat

Pengertian kebudayaan menurut Koentjaraningrat adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil yang harus didapatkannya dengan belajar dan semua itu tersusun dalam kehidupan masyarakat.

Menurut Ki Hajar Dewantara

Pengertian kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni alam dan zaman (kodrat dan masyarakat) yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran di dalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soenardi

Kebudayaan diartikan sebagai semua hasil karya, cipta, dan rasa masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan atau kebudayaan jasmaniah (material culture) yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk keperluan masyarakat.

Menurut Mohammad Hatta

Pengertian kebudayaan menurut Mohammad Hatta adalah sebuah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

Menurut KBBI

Arti kebudayaan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah:

  1. Hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat.
  2. Antar keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami lingkungan serta pengalamannya dan yang menjadi pedoman tingkah lakunya.

Menurut Effat al-Syarqawi

Definisi kebudayaan sebagai khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan atau kesaksiannya dan nilai-nilainya, yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu

Menurut Parsudi Suparlan

Kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamanya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya.

Menurut Haji Agus Salim

Arti kebudayaan adalah merupakan persatuan istilah budi dan daya menjadi makna sejiwa dan tidak dapat dipisah-pisahkan.

Menurut Sutan Takdir Alisyahbana

Pengertian kebudayaan menurut Sutan Takdir Alisyahbana adalah sebuah manifestasi dari cara berfikir.

Menurut Drs. Sidi Gazalba

Definisi kebudayaan menurut Sidi Gazalba adalah sebuah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa.

Menurut Mangunsarkoro

Menurut Mangunsarkoro, kebudayaan adalah segala yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya.

Menurut Djojodigono

Kebudayaan menurut Djojodigono adalah sebuah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa.

Menurut R. Seokmono

Pengertian kebudayaan adalah segala hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

Menurut M. Selamet Riyadi

Definisi budaya adalah suatu bentuk rasa cinta dari nenek moyang kita yang diwariskan kepada seluruh keturunannya

Menurut Edward Said

Kebudayaan adalah satu cara perjuangan melawan pemusnahan dan pelenyapan. Kebudayaan diartikan sebagai suatu bentuk ingatan melawan penghapusan.

Menurut Abdul Syani

Abdul Syani mengemukakan 3 (tiga) hal yang terkandung dalam kebudayaan yakni :

  1. Kebudayaan hanya dimiliki oleh masyarakat manusia.
  2. Kebudayaan itu diturunkan melalui proses belajar dari tiap individu.
  3. Kebudayaan merupakan pernyataan perasaan dan pikiran manusia.

Menurut Sukidin, Basrowi & Agus Wijaka

Definisi kebudayaan diartikan sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia untuk memenuhi kehidupannya dengan cara belajar.

Menurut Fuad Hassan

Kebudayaan adalah suatu kerangka acuan bagi perikehidupan suatu masyarakat yang sekaligus untuk mengukuhkan jati diri sebagai kebersamaan yang berciri khas.

Menurut Harjoso

Harjoso mengemukakan arti kebudayaan adalah sebagai berikut:

  • Kebudayaan yang terdapat didalam masyarakat berbeda antara satu dengan yang lain
  • Kebudayaan itu dapat diteruskan dan dapat diajarkan
  • Kebudayaan itu terjabarkan dari komponen-komponen biologis, psikologis, dan sosiologis dari eksistensi/keberadaan manusia.
  • Kebudayaan itu berstruktur atau mempunyai cara atau aturan tertentu
  • Kebudayaan terbagi atas berbagi aspek-aspek baik itu social, psikologis
  • Kebudayaan itu bersifat dinamis atau selalu berubah
  • Nilai-nilai dalam kebudayaan itu bersifat relative atau antara masyarakat yang satu berbeda dengan denga masyarakat yang lain.

Menurut Kamus Ilmu Sosial

Kebudayaan adalah totalitas perilaku yang dipelajari diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Menurut M. Harris

Menurut M. Harris, definisi kebudayaan secara singkat adalah sebuah cara hidup.

Menurut Ensiklopedi Indonesia (1982)

Kebudayaan merupakan istilah untuk menunjukkan segala hasil karya manusia yang berkaitan erat dengan pengungkapan bentuk.

Menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia (1990)

Kebudayaan adalah himpunan keseluruhan dari semua cara manusia berpikir, berperasaan, dan berbuat, serta segala sesuatu yang dimiliki manusia sebagai anggota masayarakat, yang dapat dipelajari, dan dialihkan dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

Menurut Geza Roheim

Kebudayaan itu senantiasa berkaitan dengan latar belakang masa kanak-kanak seseorang yang terlambat dan berfungsi sebagai keamanan diri. Mekanisme kebudayaan manusia serupa Jaringan-jaringan yang maha besar dari percobaan-percobaan yang kurang lebih berhasil untuk melindungi kemanusiaan dari kehilangan sesuatu.

Menurut Edward Burnett Tylor

Pengertian kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Menurut Andreas Eppink

Arti kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut White

White mengartikan definisi kebudayaan secara singkat sebagai sebuah tingkah laku yang dipelajari.

Menurut Ibnu Khaldun

Pengertian kebudayaan menurut Ibnu Khaldun adalah sebuah kondisi-kondisi kehidupan yang melebihi dari apa yang diperlukan

Menurut Fizee

Fizee memberi batasan cakupan kebudayaan, dimana pengertian kebudayaan adalah sebagai berikut:

  1. Tingkat kecerdasan akal yang setinggi-tingginya yang dihasilkan dalam suatu tempoh sejarah bangsa di puncak perkembangannya.
  2. Hasil yang dicapai sesuatu bangsa dalam lapangan kesusastraan, falsafah, ilmu pengetahuan dan kesenian.
  3. Dalam pembicaraan politik, kebudayaan diberi arti sebagai way of life sesuatu bangsa, terutama dalam hubungannya dengan adat istiadat, upacara keagamaan, penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup masyarakat.

Menurut Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Kebudayaan sebagai sesuatu yang turun-temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.

Menurut Bakker

Kebudayaan terdiri atas berbagai pola, bertingkah laku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yang diperoleh dan terutama diturunkan oleh symbol-simbol yang menyusun pencapaiannya secara tersendiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk di dalamnya perwujudan benda-benda materi, pusat esensi kebudayaan terdiri atas tradisi cita-cita atau paham, dan terutama keterikatan terhadap nilai-nilai.

Menurut A.L. Kroeber dan C. Kluckhohn

Definisi kebudayaan adalah sebuah manifestasi atau penjelmaan kerja jiwa manusia dalam arti seluas-luasnya.

Menurut Hofstede

Hofstede menjelaskan arti budaya sebagai sebuah pemrograman kolektif terhadap pikiran yang membedakan antara kelompok satu dengan lainnya.

Menurut Nostrand

Pengertian kebudayaan diartikan sebagai sikap dan kepercayaan, cara berpikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.

Menurut Richard Brisling

Kebudayaan mengacu pada cita-cita bersama secara luas, nilai, pembentukan dan penggunaan kategori, asumsi tentang kehidupan, dan kegiatan goal-directed yang menjadi sadar tidak sadar diterima sebagai sesuatu yang tepat dan benar oleh orang-orang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai anggota masyarakat.

Menurut Edward Spranger

Pengertian kebudayaan menurut Edward Spranger diartikan sebagai segala bentuk atau ekspresi dari kehidupan batin masyarakat.

Menurut Bounded et. Al

Pengertian kebudayaan adalah hal-hal yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat.

Menurut M. Jacobs dan B.J. Stern

Kebudayaan itu meliputi seluruh bentuk ideologi, agama, kepercayaan, benda, teknologi sosial dan seluruhannya merupakan warisan sosial.

Menurut Wallace

Arti kebudayaan menurut pendapat Wallace adalah sebuah perilaku yang memiliki kemungkinan tertinggi dalam suatu masyarakat.

Menurut Lorenz K.

Kebudayaan didefinisikan sebagai sebuah jenis tradisi dimana simbol diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dengan pembelajaran sosial.

Menurut Elwood

Elwood menyatakan bahwa kebudayaan itu mencakup benda-benda material dan spiritual, yang pada kedua-duanya diperoleh dalam interaksi kelompok atau dipelajari dalam kelompok, kebudayaan mencakup kekuatan untuk menguasai alam dan dirinya sendiri.

Menurut Clifford Geertz

Kebudayaan merupakan sebuah sistem berupa konsepsi yang diwariskan dalam bentuk simbolik sehingga dengan cara ini manusia mampu berkomunikasi, melestarikan, mengembangkan pengetahuan serta sikapnya terhadap kehidupan.

Menurut Larson dan Smalley

Larson dan Smalley memandang kebudayaan sebagai blue print yang memandu perilaku orang dalam suatu komunitas dan diinkubasi dalam kehidupan keluarga, sehingga mengatur perilaku dalam kelompok, membuat peka terhadap masalah status, dan membantu mengetahui apa tanggung jawab untuk grup.

Menurut Mitchell (Dictionary of Soriblogy)

Kebudayaan adalah sebagian dari semua aktivitas dan produk manusia yang berulang yang telah digunakan dan dikenal oleh masyarakat dan bukan hanya hasil dari potensi genetik.

Menurut C. Wisser, A.Davis & A. Hoebel

Arti kebudayaan adalah perbuatan yang pada dasarnya merupakan insting selanjutnya dimodifikasi atau diperbaharui dan dikembangkan melalui suatu proses belajar.

Menurut V.H. Deryvendak

Kebudayaan adalah kumpulan dari cetusan jiwa manusia sebagai yang beraneka ragam berlaku dalam suatu masyarakat tertentu.

Menurut Robert H. Lowie

Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, kebiasaan makan, norma-norma artistik, keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri, melainkan merupakan warisan masa lampau yang didapat melalui pendidikan formal atau informal.

Menurut Raymond Williams

Definisi kebudayaan menurut Raymond Williams adalah seluruh kehidupan, materi, intelektual, dan spiritual.

Menurut Dr. K. Kupper

Kebudayaan merupakan sebuah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.

Menurut James P. Spradley

Kebudayaan sebagai suatu sistem ide atau gagasan. Sistem itu berfungsi sebagai pedoman dan penuntun masyarakat untuk bersikap dan berperilaku.

Menurut Larry A. Samovar & Richard E. Porter

Kebudayaan dapat berarti simpanan akumulatif dari pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna, hirarki, agama, pilihan waktu, peranan, relasi ruang, konsep yang luas, dan objek material atau kepemilikan yang dimiliki dan dipertahankan oleh sekelompok orang atau suatu generasi.

Menurut Levo & Henriksson

Kebudayaan itu meliputi semua aspek kehidupan kita setiap hari, terutama pandangan hidup, baik itu berupa mitos maupun sistem nilai dalam masyarakat.

Menurut J. Lewis

Menurut J. Lewis, arti kebudayaan adalah segala sesuatu yang diturunkan secara sosial dalam suatu masyarakat.

Menurut Roucek & Warren

Kebudayaan adalah cara hidup yang dikembangkan oleh sebuah masyarakat guna memenuhi keperluan dasarnya untuk dapat bertahan hidup, meneruskan keturunannya dan mengatur pengalaman sosialnya.

Menurut C. A. Van Peursen

Kebudayaan merupakan gejala manusia dari kegiatan berfikir (mitos, ideologi, dan ilmu), komunikasi (sistem masyarakat), kerja (ilmu alam dan teknologi), dan kegiatan-kegiatan lain yang lebih sederhana.

Menurut Francis Merill

Pengertian kebudayaan adalah pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial,semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh sesorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis.

Menurut Kluckhohn dan Kelly

Definisi kebudayaan adalah semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang tersurat maupun yang tersirat, rasional, irasional yang ada pada suatu waktu sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.

Menurut William H. Haviland

Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima oleh semua masyarakat.

Unsur-Unsur Kebudayaan

Setelah tahu apa itu pengertian kebudayaan, berikut akan kami bahas apa saja unsur-unsur kebudayaan dalam masyarakat di Indonesia beserta penjelasannya.

  1. Bahasa, yakni media bagi seseorang untuk dapat berkomunikasi secara lisan atau verbal.
  2. Sistem pengetahuan, yakni  pengetahuan tentang kondisi alam sekelilingnya dan sifat-sifat peralatan yang digunakannya.
  3. Sistem teknologi dan peralatan, yakni cara seorang dalam mengelola dan mengumpulkan bahan-bahan mentah hingga menjadi bahan pakai, dalam hubungannya dengan alat kerja, pakaian, perumahan, transportasi, dan kebutuhan hidup lainnya.
  4. Kesenian, yakni hasil karya manusia yang mengandung sisi estetika dan keindahan.
  5. Sistem mata pencaharian dan ekonomi, yakni segala usaha atau upaya manusia untuk medapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan.
  6. Religi, yakni sistem yang terpadu antara keyakinan dan praktek keagamaan yang berhubungan dengan hal-hal yang suci.
  7. Sistem kekerabatan dan organisasi kemasyarakatan, yakni sekelompok masyarakat yang anggotanya memiliki kesamaan satu sama lain dalam suatu sistem kekerabatan tertentu.

Demikianlah pembahasan mengenai definisi dan pengertian kebudayaan menurut para ahli dan secara umum paling lengkap. Semoga bisa menambah referensi dalam memahami apa itu kebudayaan.

4 pemikiran pada “Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]”

  1. hanya sekedar usul, alangkah lebih bagusnya bila dari setiap kutipan definisi dari setiap penulis, dilengkapi referensi dari mana dikutik definisi-definisi tersebut.

    Balas

Tinggalkan komentar