Pengertian Bangsa Beserta Definisi dan Unsurnya Menurut Para Ahli

Pengertian Bangsa Beserta Definisi dan Unsurnya Menurut Para Ahli

Pengertian bangsa – Sebagai warga negara Indonesia kita harus berupaya untuk mendahulukan kepentingan bangsa Indonesia. Namun tahukah kamu apa itu arti dan definisi bangsa? Bangsa dapat diartikan sebagai kelompok manusia yang memiliki kesamaan keturunan, bahasa, budaya, sejarah, ideologi, dan wilayah tertentu, serta memiliki kehendak untuk bersatu.

Tentunya pengertian bangsa dan negara berbeda-beda. Kata bangsa lebih merujuk pada menyebut suatu kelompok karena adanya ras, adat istiadat, bahasa, dan agama yang menjadi faktor pembeda antara bangsa yang satu dengan bangsa yang lain. Sementara negara lebih bermakna sebagai wadah resmi yang menampung bangsa-bangsa tersebut.

Terdapat beberapa faktor-faktor pembentuk bangsa, di antaranya adalah primordial, sakral, tokoh, sejarah, dan perkembangan ekonomi. Primordial adalah ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, daerah, bahasa, dan adat istiadat. Sakral adalah adanya ikatan suci dan religi yang menjadi simbol keterkaitan bangsa.

Tokoh merupakan panutan untuk mewujudkan misi-misi bangsa. Sejarah dimaksudkan sebagai pengalaman masa lalu bersama. Adapun perkembangan ekonomi juga penting karena semakin beragam kebutuhan masyarakat sehingga membuat masyarakat semakin ketergantungan satu sama lain dalam suatu bangsa.

(baca juga faktor pendukung dan penghambat integrasi nasional)

pengertian bangsa

Pengertian Bangsa

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja pengertian bangsa, baik menurut KBBI, secara umum, maupun menurut pendapat para ahli.

Arti Bangsa Menurut KBBI

Pengertian bangsa menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri.

Bangsa juga bisa diartikan sebagai kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan kebudayaan dalam arti umum, dan menempati wilayah tertentu di muka bumi.

Definisi Bangsa Secara Umum

Pengertian bangsa secara umum adalah suatu kelompok manusia yang dianggap secara nasional memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, ideologi, budaya, sejarah, dan tujuan yang sama dalam suatu wilayah tertentu.

Pengertian Bangsa Menurut Para Ahli

Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja definisi dan pengertian bangsa menurut pendapat para ahli dan pakar terkait.

Menurut Otto Van Bauer

Pengertian bangsa menurut Otto Bauer adalah suatu bentuk persatuan sekelompok manusia yang memiliki karakter atau perangai yang sama dan terbentuk karena adanya faktor perasaan senasib.

Menurut Benedict Anderson

Definisi bangsa diartikan oleh Benedict Anderson sebagai suatu komunitas politik yang berada di dalam suatu wilayah yang jelas batasnya dan memiliki kedaulatan.

Menurut Ernest Renant

Pengertian bangsa menurut Ernest Renant adalah suatu kelompok manusia yang merasa dirinya bersatu karena adanya perasaan senasib dan sependeritaan di masa lalu, serta memiliki cita-cita yang sama tentang masa depan.

Pengertian Hans Kohn

Pengertian bangsa menurut Hans Kohn adalah sekelompok manusia yang majemuk dan bersatu sebagai hasil proses perjuangan sejarah. Suatu bangsa terbentuk dan memiliki ciri khas, misalnya persamaan ras, bahasa, wilayah, adat istiadat, dan agama.

Menurut Soekarno

Pengertian bangsa menurut Soekarno, yakni suatu bangsa di samping memiliki ciri-ciri tertentu juga harus ditandai oleh adanya kesamaan rasa cinta tanah air.

Menurut Mohammad Hatta

Pengertian bangsa menurut Mohammad Hatta adalah suatu persatuan yang ditentukan oleh keinsyafan, sebagai suatu persekutuan yang tersusun menjadi satu yaitu terbit karena percaya atas persamaan nasib dan tujuan.

Menurut Friederich Ratzel

Arti bangsa merupakan sebuah kelompok manusia yang terbentuk karena adanya hasrat atau kemauan untuk bersatu yang timbul dari adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.

Menurut Joseph Stalin

Definisi bangsa menurut Joseph Stalin adalah suatu komunitas rakyat yang stabil yang terbentuk atas dasar kesamaan wilayah, bahasa, ekonomi, serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya bersama.

Menurut Anthony D. Smith

Definisi bangsa adalah suatu komunitas manusia yang memiliki nama, menguasai suatu tanah air, memiliki mitos-mitos dan sejarah bersama, budaya politik bersama, perekonomian tunggal, dan hak serta kewajiban bersama bagi semua anggotanya.

Menurut Rudolf Kjellen

Arti bangsa dianalogikan dengan suatu organisme biotis dan menyamakan jiwa bangsa dengan nafsu hidup dari organisme termaksud. Suatu bangsa mempunyai dorongan kehendak untuk hidup, mempertahankan dirinya dan kehendak untuk berkuasa.

Jacobsen dan Lipmann

Bangsa juga dapat didefinisikan sebagai sebuah kelompok manusia yang lahir karena adanya satu kesatuan budaya (cultural unity) dan satu kesatuan politik (political unity).

Menurut Lothrop Stoddard

Arti bangsa menurut Lothrop Stoddard adalah suatu kepercayaan yang dimiliki oleh sejumlah orang yang cukup banyak, bahwa mereka merupakan suatu bangsa.

Menurut Guibernau

Bangsa adalah negara kebangsaan memiliki unsur-unsur penting pengikat, yaitu: psikologi (sekelompok manusia yang memiliki kesadaran bersama membentuk kesatuan masyarakat untuk hidup bersama), kebudayaan (merasa menjadi satu bagian dari kebudayaan bersama), teritorial (batas wilayah atau tanah air), sejarah dan masa depan (memiliki sejarah dan perjuangan masa depan yang sama), dan politik (memiliki hak menjalankan pemerintahan sendiri).

Menurut Kranenburg

Menurut teori dari Kranenburg, pengertian bangsa secara singkat diartikan sebagai suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia pada negara.

Menurut Ki Bagoes Hadikoesoemo

Menurut Ki Bagoes Hadikoesoemo, pengertian bangsa dapat didefinisikan sebagai bersatunya orang dengan tempat ia berada, persatuan antara orang dengan wilayah.

Menurut Rawink

Definisi bangsa menurut Rawink adalah sekumpulan manusia yang bersatu pada satu wilayah dan memunyai keterikatan dengan wilayah tersebut. Dengan batas teritori tertentu dan terletak dalam geografis tertentu.

Unsur-Unsur Bangsa

Terdapat beberapa unsur-unsur terbentuknya bangsa yang turut jadi faktor pembentuk terbentuknya suatu bangsa di wilayah tertentu. Berikut merupakan unsur-unsur bangsa.

  • Adanya sekelompok manusia yang berada di dalam suatu wilayah tertentu.
  • Adanya keinginan yang sama untuk bersatu pada tiap anggota kelompok.
  • Adanya kehendak untuk membentuk pemerintahannya sendiri.
  • Adanya faktor psikologis yang membuat kelompok manusia tersebut memiliki perasaan senasib, seperjuangan serta memiliki tujuan dan cita-cita yang sama.
  • Adanya kesamaan budaya, bahasa, dan ciri khas lainnya yang membedakan dengan bangsa lainnya.

Nah itulah referensi pengertian bangsa menurut para ahli beserta arti dan definisi bangsa menurut KBBI dan secara umum. Dijelaskan juga unur-unsur terbentuknya bangsa secara lengkap.

Tinggalkan komentar