Daftar Negara Anggota OPEC (Negara Pengekspor Minyak)

Daftar Negara Anggota OPEC (Negara Pengekspor Minyak)

OPEC atau Organization of the Petroleum Exporting Countries adalah organisasi internasional antara negara negara pengekspor minyak. Tujuan OPEC adalah organisasi yang bertujuan menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak. Negara anggota OPEC hanya yang merupakan negara pengekspor minyak.

Organisasi OPEC pertama didirikan pada tanggal 14 September 1960 di kota Baghdad, Irak dengan 5 negara pendiri. Markas OPEC berada di kota Vienna, Austria, meskipun Austria tidak tergabung dalam anggota OPEC. Hal ini karena negara negara anggota OPEC memilih tempat netral sebagai markas yang tidak berasal dari salah satu anggota OPEC itu sendiri.

Kebanyakan negara negara anggota OPEC adalah negara Timur Tengah yang memang terkenal sebagai negara pengekspor minyak. Indonesia sempat tergabung dengan OPEC antara periode 1962 sampai 2008 dan kembali bergabung antara tahun 2014 sampai 2016. Alasan Indonesia keluar dari OPEC adalah karena ekspor minyak Indonesia yang minim hingga tidak memenuhi kuota minimum syarat keanggotaan OPEC. Indonesia bahkan sudah menjadi negara pengimport minyak.

Selain Indonesia, negara lain yang sudah keluar dari OPEC adalah Gabon. Sementara ada beberapa negara yang mungkin akan bergabung dengan OPEC yaitu Suriah, Oman, Rusia dan Brasil. Inilah daftar 14 negara anggota OPEC beserta asal regional negara tersebut selengkapnya.

negara anggota opec

Daftar Negara Anggota OPEC

No.Nama NegaraRegional
1AlgeriaAfrika Utara
2AngolaAfrika Selatan
3Arab SaudiTimur Tengah
4EkuadorAmerika Latin
5GabonAfrika Barat
6Guinea KhatulistiwaAfrika Barat
7IrakTimur Tengah
8IranTimur Tengah
9KuwaitTimur Tengah
10LibyaAfrika Utara
11NigeriaAfrika Barat
12QatarTimur Tengah
13Uni Emirat ArabTimur Tengah
14VenezuelaAmerika Latin

Nah itulah info lengkap mengenai pengertian OPEC, tujuan OPEC, sejarah OPEC singkat serta daftar negara anggota OPEC. Organisasi ini dikenal sebagai negara pengekspor minyak dimana Indonesia pernah bergabung namun kini sudah keluar dari OPEC. Sekian berita dunia terbaru kali ini.

Tinggalkan komentar