pengertian budaya

Pengertian Budaya | Arti, Definisi, Ciri-Ciri, Fungsi, Unsur-Unsur [Lengkap]

Pengertian budaya – Definisi budaya sendiri dapat diartikan sebagai sesuatu yang berkaitan dengan budi, akal manusia, kebiasaan, tingkah laku, dan adat istiadat. Budaya tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat daerah, serta terus diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Kata budaya berasal dari bahasa Sansakerta yakni buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi, yang berarti akal atau budi. Budaya juga dikenal sebagai kultur, yang berasal dari bahasa Inggris yaitu culture. Budaya berkaitan dengan akal dan pikiran manusia secara turun temurun.

Arti budaya pun berbeda dengan kebudayaan. Budaya lebih menekankan pada budi dan akal manusia tersebut, sementara pengertian kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat.

Budaya memiliki banyak unsur-unsur. Adapun unsur-unsur budaya meliputi bahasa, agama, kepercayaan, teknologi, keluarga, sistem ekonomi, politik pemerintahan, kesenian, alat dan perkakas, sistem pengetahuan, mata pencaharian, dan sebagainya.

(baca juga daftar lagu daerah Indonesia)

pengertian budaya

Pengertian Budaya

Di bawah ini akan dijelaskan apa itu pengertian budaya, baik arti budaya menurut KBBI, definisi budaya secara umum, serta pendapat para ahli mengenai pengertian budaya lengkap.

Arti Budaya Menurut KBBI

Pengertian budaya menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah pikiran, akal budi atau adat istiadat. Bisa juga diartikan sebagai sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah sukar diubah.

Sementara arti kebudayaan menurut KBBI adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin atau akal budi manusia, misalnya seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat.

Definisi Budaya Secara Umum

Pengertian budaya secara umum adalah hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia. Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya dapat terbentuk dari banyak unsur yang rumit, kompleks, abstrak, dan luas, yang termasuk di dalamnya antara lain agama, kepercayaan, politik, pemerintahan, bahasa, adat istiadat, pakaian, bangunan, karya seni, kebiasaan, dan lain-lain.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Berikut akan dibagikan penjelasan definisi budaya menurut para ahli dan pakar dari dalam dan luar negeri selengkapnya.

Menurut Ki Hajar Dewantara

Pengertian budaya menurut Ki Hajar Dewantara adalah hasil dari usaha perjuangan masyarakat pada alam serta zaman yang memberikan bukti kemakmuran dan kejayaan hidup. Usaha perjuangan inilah yang mampu menghadapi serta menyikapi berbagai kesulitan dalam mencapai kemakmuran dan kebahagiaan hidup masyarakat tersebut.

Menurut Koentjaraningrat

Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat adalah semua sistem ide, gagasan, rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang nantinya akan dijadikan klaim manusia dengan cara belajar.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Definisi budaya adalah segala hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya meliputi produk teknologi dan kebendaan lainnya, rasa meliputi jiwa manusia yang selaras dengan norma dan nilai sosial, sedangkan cipta meliputi kemampuan kognitif dan mental untuk mengamalkan apa yang diketahuinya.

Menurut Lehman, Himstreet dan Batty

Budaya adalah sekumpulan yang tersusun dari pengalaman hidup dari berbagai masyarakat yang hidup pada masa itu. Dalam hal ini pengalaman yang dimaksud bisa berupa perilaku, kepercayaan, serta gaya hidup masyarakat itu sendiri.

Menurut Ralph Linton

Menurut Ralph Linton, arti budaya adalah segala pengetahuan, pola pikir, perilaku, ataupun sikap yang menjadi kebiasaan masyarakat dimana hal tersebut dimiliki serta diwariskan oleh para nenek moyang secara turun-temurun.

Menurut Effat Al- Syarqawi

Menurut Effat Al-Syarqawi yang menjelaskan budaya dari sudut pandang agama Islam, budaya diartikan sebagai suatu khasanah dalam sejarah dari sekelompok masyarakat yang tercermin pada di kesaksian dan berbagai nilai kehidupan.

Menurut Kluckkhohn Dan Kelly

Definisi budaya adalah segala tatanan hidup yang terwujud secara historis. Konsep hidup ini tercipta secara implisit atau eksplisit, rasional maupun irasional, yang dijadikan sebagai acuan yang memiliki potensi pada tingkah laku manusia.

Menurut Haji Agus Salim

Menurut Haji Agus Salim, definisi budaya secara umum adalah persatuan dari istilah budi dan daya agar menjadi makna satu jiwa yang tidak dapat dipisah-pisahkan.

Menurut Edward Burnett Taylor

Pengertian budaya adalah kompleksitas yang menyeluruh dari ilmu pengetahuan, kesenian, kepercayaan, moral, hukum, adat istiadat, dan lain sebagainya, yang didapatkan oleh individu sebagai anggota masyarakat.

Menurut Parsudi Suparian

Budaya didefinisikan sebagai seluruh pengetahuan manusia yang di manfaatkan untuk mengetahui serta memahami pengalaman dan lingkungan yang mereka alami.

Menurut Jensen dan Trenholm

Budaya merupakan sekelompok norma atau aturan. Budaya juga bisa berwujud seperti nilai-nilai kepercayaan, adat istiadat serta kode. Semua hal tersebut tercipta karena perolehan dari kegiatan sosial kelompok masyarakat yang memiliki akibat saling mengikat satu sama lain.

Menurut Levi Strauss

Definisi budaya menurut Levi Strauss merupakan suatu perwujudan komponen struktur sosial yang berasal dari alam pikiran manusia dan dilakukan secara berulang hingga membentuk kebiasaan.

Menurut Croydon

Pengertian budaya menurut Croydon merupakan sekumpulan pola terpadu yang sebagian berada pada di bawah kesadaran, namun secara keseluruhan mengatur tentang perilaku manusia seperti senar yang dimanipulasi dari kontrol bonekanya.

Menurut Melville J. Herskovits

Budaya diartikan sebagai produk manusia sebagai bagian dari lingkungannya. Artinya, manusia senantiasa berada di dalam suatu lingkungan dan menghasilkan produk berupa budaya.

Menurut Soekmono

Pengertian budaya menurut Soekmono adalah hasil pekerjaan atau usaha dari manusia yang berwujud benda atau pemikiran manusia pada masa hidup di kala itu.

Menurut Geert Hoftstede

Menurut Greet Hoftstede, definisi budaya terdiri dari program-program kelompok yang tersusun dari pemikiran anggota suatu kategori satu dengan yang lain.

Ciri-Ciri Budaya

Tiap budaya tentu memiliki ciri-ciri dan karakteristik tertentu. Berikut ini merupakan beberapa karakteristik budaya secara umum.

  • Dapat diwariskan dari satu generasi ke generasi.
  • Bersifat dinamis dan dapat berubah dari waktu ke waktu, sesuai perkembangan zaman.
  • Menyebar melalui media komunikasi ke individu atau kelompok lain.
  • Didapat melalui proses belajar, bukan merupakan suatu bawaan.
  • Bersifat selektif serta mampu menampilkan pengalaman dan pola tingkah laku manusia.
  • Budaya hidup dan berkembang di masyarakat.
  • Tiap unsur budaya saling berkaitan satu sama lain.
  • Menjadi simbol dan representasi dari suku, ras, kelompok, golongan atau daerah tertentu.
  • Terus berubah karena proses globalisasi yang semakin cepat.
  • Harus terus dilestarikan agar tidak punah.

Fungsi Budaya

Terdapat beberapa kegunaan dan fungsi budaya bagi masyarakat dan daerah tertentu. Berikut ini merupakan beberapa fungsi budaya secara umum selengkapnya.

  • Menjadi representasi suatu daerah atau wilayah tertentu.
  • Sebagai pedoman hubungan manusia atau kelompok.
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.
  • Sebagai media berkomunikasi dengan individu atau kelompok lain.
  • Mendorong terjadinya perubahan masyarakat.
  • Menjadi identitas bangsa secara nasional.

Unsur-Unsur Budaya

Budaya memiliki beberapa unsur-unsur yang ada di dalamnya. Berikut merupakan unsur-unsur kebudayaan beserta penjelasannya.

  • Bahasa, yakni media bagi seseorang untuk dapat berkomunikasi secara lisan atau verbal.
  • Sistem pengetahuan, yakni  pengetahuan tentang kondisi alam sekelilingnya dan sifat-sifat peralatan yang digunakannya.
  • Sistem teknologi dan peralatan, yakni cara seorang dalam mengelola dan mengumpulkan bahan-bahan mentah hingga menjadi bahan pakai, dalam hubungannya dengan alat kerja, pakaian, perumahan, transportasi, dan kebutuhan hidup lainnya.
  • Kesenian, yakni hasil karya manusia yang mengandung sisi estetika dan keindahan.
  • Sistem mata pencaharian dan ekonomi, yakni segala usaha atau upaya manusia untuk medapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan.
  • Religi, yakni sistem yang terpadu antara keyakinan dan praktek keagamaan yang berhubungan dengan hal-hal yang suci.
  • Sistem kekerabatan dan organisasi kemasyarakatan, yakni sekelompok masyarakat yang anggotanya memiliki kesamaan satu sama lain dalam suatu sistem kekerabatan tertentu.

Nah itulah referensi pengertian budaya menurut para ahli beserta arti dan definisi budaya secara umum. Dijelaskan juga ciri-ciri, karakteristik, unsur-unsur, dan fungsi budaya bagi masyarakat dan daerah tertentu.

Satu pemikiran pada “Pengertian Budaya | Arti, Definisi, Ciri-Ciri, Fungsi, Unsur-Unsur [Lengkap]”

Tinggalkan komentar