Letak Geografis Benua Asia Beserta Kondisi dan Pengaruhnya

Letak Geografis Benua Asia Beserta Kondisi dan Pengaruhnya

Letak geografis benua Asia – Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Selain itu benua Asia juga menjadi benua dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Sebagian besar letak geografis benua Asia berada di bagian utara garis khatulistiwa di belahan bumi bagian timur. Kali ini akan dijelaskan mengenai letak geografis benua Asia lengkap beserta batas wilayah Asia, kondisi dan pengaruhnya.

Asia menjadi benua terbesar dan terluas di dunia. Banyak negara berpengaruh dunia yang ada di benua Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Cina, India hingga Indonesia. Letak geografis benua Asia pun cukup unik karena meliputi banyak kultur, ras, budaya dan peradaban dunia.

letak geografis benua asia

Letak Geografis Benua Asia

Letak astronomis benua Asia adalah 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Lantas bagaimanakah letak geografis benua Asia ditinjau dari aspek geografisnya? Berikut merupakan penjelasan mengenai letak benua Asia secara geografis beserta kondisi, pengaruh dan batas wilayah benua Asia selengkapnya.

1. Letak Benua Asia Secara Geografis

Dimanakah letak benua Asia? Jika kamu melihat peta dunia, letak benua Asia berada di belahan bumi bagian timur serta memanjang dari belahan utara hingga selatan. Jika diperhatikan lebih detail lagi, secara geografis benua Asia terletak di antara Benua Eropa dan Benua Australia. Daratan benua Eropa dan Asia menyambung dan sering disebut Eurasia. Letak Asia pun diapit oleh benua Eropa di bagian barat dan benua Australia di bagian selatan.

Selain itu letak geografis benua Asia berada di antara tiga perairan samudera luas yaitu Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Arktik. Samudera Hindia berada di bagian selatan benua Asia, Samudera Pasifik berada di bagian timur benua Asia sedangkan Samudera Arktik berada di bagian utara benua Asia.

2. Kondisi Geografis Benua Asia

Bagaimanakah kondisi geografis benua Asia? Sebagai benua terluas di dunia, tentunya Asia memiliki luas area yang besar. Total luas wilayah benua Asia adalah 44,579,000 km persegi. Benua Asia pun memiliki banyak daerah pegunungan termasuk pegunungan Himalaya dengan Gunung Everest sebagai gunung tertinggi di Asia dan di dunia.

Selain itu terdapat banyak kawasan gurun yang ada di benua Asia termasuk Gurun Gobi di Cina dan beberapa gurun pasir yang ada di negara negara Asia Barat atau Timur Tengah. Beberapa negara Asia yang berdekatan dengan garis khatulistiwa pun beriklim tropis termasuk Indonesia.

3. Batas Wilayah Benua Asia

Benua Asia memiliki batas batas di berbagai penjuru (utara, barat, timur, selatan). Batas batas Asia ini meliputi batas daratan benua Asia dan batas laut benua Asia. Inilah batas wilayah benua Asia selengkapnya.

  • Batas wilayah benua Asia bagian Utara : Samudera Arktik
  • Batas wilayah benua Asia bagian Timur : Samudera Pasifik, Selat Bering
  • Batas wilayah benua Asia bagian Selatan : Samudera Hindia
  • Batas wilayah benua Asia bagian Barat : Laut Tengah, Laut Merah, Pegunungan Ural

4. Pengaruh Letak Benua Asia

Letak geografis benua Asia tentu memberikan banyak pengaruh bagi negara negara di benua Asia. Yang paling dipengaruhi adalah keadaan iklim di benua Asia yang beragam antara negara satu dengan yang lain, tergantung pada letak geografis masing-masing negara di benua Asia.

  • Asia Utara : Continental Kutub, terutama wilayah Siberia Utara
  • Asia Tengah : Continental Kering, terutama Gurun Gobi
  • Asia Barat : Darat atau gurun, terutama Jazirah Arab
  • Asia Selatan dan Tenggara : Tropis Basah
  • Jepang dan Semenanjung Korea : Sub Tropis

Nah itulah sekilas info mengenai letak benua Asia secara geografis lengkap beserta info kondisi geografis benua Asia, luas wilayah benua Asia, pengaruh letak benua Asia, batas batas wilayah benua Asia, letak astronomis benua Asia dan letak geologis benua Asia. Sekian info kali ini, semoga bisa menjadi tambahan referensi pengetahuan umum.

Tinggalkan komentar