Ciri-Ciri Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan Beserta Penjelasannya

Ciri-Ciri Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan Beserta Penjelasannya

Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu pengetahuan – Sejarah merupakan peristiwa dan kejadian yang telah terjadi. Manusia tak bisa dipisahkan dari sejarah. Sejarah bisa dipelajari dan kini telah menjadi ilmu pengetahuan yang diminati. Lantas bagaimana konsep sejarah sebagai ilmu pengetahuan? Apa saja unsur-unsur sejarah dan ciri-ciri sejarah? Kali ini akan dibagikan info mengenai karakteristik dan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu pengetahuan lengkap beserta pengertian dan penjelasannya.

Definisi Sejarah

Apa pengertian sejarah? Definisi sejarah yang banyak digunakan adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Sejarah adalah peristiwa atau kejadian yang telah terjadi. Para ahli pun memiliki beberapa tafsir makna dan arti sejarah. Namun pengertian sejarah secara umum adalah sebuah kejadian yang telah terjadi dan bisa dipelajari sebagai ilmu pengetahuan. Selain itu unsur-unsur sejarah dapat dijabarkan terdiri dari manusia, ruang dan waktu.

Sebagai sebuah peristiwa, sejarah bersifat unik, abadi dan penting. Sejarah adalah unik karena hanya terjadi satu kali saja. Sejarah bersifat abadi karena sejarah telah terjadi dan tidak akan bisa diubah lagi. Selain itu sejarah juga bersifat penting karena memberikan pengaruh yang besar bagi kehidupan manusia di masa sekarang dan masa mendatang setelah terjadinya peristiwa bersejarah tersebut.

(baca juga ciri-ciri sejarah sebagai peristiwa)

ciri-ciri sejarah sebagai ilmu

5 Ciri-Ciri Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Secara umum, terdapat 5 ciri-ciri ilmu sejarah sebagai cabang ilmu pengetahuan. Lima ciri sejarah sebagai ilmu tersebut di antaranya adalah bersifat empiris, memiliki objek, memiliki teori, memiliki metode dan generalisasi atau kesimpulan. Di bawah ini akan kami jelaskan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu pengetahuan lengkap beserta penjelasan dan pembahasannya.

1. Empiris

Ciri-ciri sejarah sebagai peristiwa yang pertama adalah empiris. Artinya sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia. Pengalaman tersebut direkam dalam dokumen dan peninggalan sejarah lainnya, kemudian diteliti oleh sejarawah untuk menemukan fakta yang terjadi di masa lampau.

2. Memiliki objek

Sebagai ilmu, sejarah memiliki objek. Objek sejarah misalnya adalah waktu dalam kehidupan manusia. Sudut pandang waktu dijadikan sebagai objek dalam proses pembelajaran sejarah. Manusia dan masyarakat lah yang memegang peranan penting pada terjadinya sebuah peristiwa atau sejarah.

3. Memiliki Teori

Ilmu sejarah juga memiliki teori. Layaknya cabang ilmu pengetahuan lainnya, teori juga digunakan dalam pembelajaran sejarah. Kaidah-kaidah pokok dan teori sejarah digunakan untuk mendukung suatu argumen atas terjadinya sejarah yang telah terjadi.

4. Memiliki metode

Ciri-ciri ilmu sejarah sebagai ilmu pengetahuan berikutnya adalah adanya metode pengamatan. Metode pengamatan merupakan metodologi dan cara-cara yang digunakan untuk mengamati sejarah. Dalam rangka penelitian, sejarah mempunyai metodologi penelitian sendiri yang menjadi patokan-patokan tradisi ilmiah yang senantiasa dihayati.

5. Generalisasi

Sejarah juga dapat digeneralisasi. Artinya berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan umum untuk menggambarkan kejadian sejarah yang telah terjadi. Tentunya kesimpulan dan generalisasi ini ditentukan berdasakran teori, metode dan objek penelitian sejarah yang telah dilakukan.

Nah itulah info sejarah mengenai pengertian sejarah, definisi sejarah serta ciri-ciri sejarah sebagai ilmu pengetahuan dan pembahasannya. Sifat-sifat sejarah sebagai cabang ilmu pengetahuan dan penelitian adalah empiris, memiliki objek, teori, metode dan generalisasi. Sejarah memang bisa dipelajari dan 5 ciri-ciri tersebut bisa diterapkan untuk bisa mempelajari sejarah sebagai cabang ilmu pengetahuan umum. Sekian info sejarah kali ini, semoga bisa jadi referensi pengetahuan umum.

Tinggalkan komentar