Manfaat Kebugaran Jasmani Beserta Fungsi dan Tujuannya

Manfaat Kebugaran Jasmani Beserta Fungsi dan Tujuannya

Manfaat kebugaran jasmani – Kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk melakukan berbagai aktivitas fisik yang membutuhkan fleksibilitas, daya tahan, dan kekuatan. Terdapat manfaat dan fungsi kebugaran jasmani bagi tubuh manusia.

Secara umum pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseorang dalam melakukan berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari, tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

Latihan kebugaran jasmani bisa dilakukan dengan berbagai jenis dan metode berolahraga. Misalnya seperti lari cepat, lari jogging, push up, squat jump, senam, latihan melempar objek, dan sebagainya.

Terdapat beberapa komponen kebugaran jasmani di antaranya adalah kecepatan (speed), kekuatan (strength), kelenturan (flexibility), daya tahan (endurance), kelincahan (agility), keseimbangan (balance), reaksi (reaction), ketepatan (accuracy), koordinasi (coordination), dan daya otot (muscular power).

Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani tentu ada banyak manfaat yang didapatkan tubuh. Tujuan berolahraga tidak hanya untuk kesehatan secara fisik, tapi juga kesehatan secara mental.

manfaat kebugaran jasmani

Manfaat Kebugaran Jasmani

Ada beberapa manfaat dan fungsi kebugaran jasmani bagi tubuh kita, di antaranya akan dibahas di bawah ini.

Menyehatkan tubuh

Manfaat kebugaran jasmani yang paling utama adalah menyehatkan tubuh. Dengan latihan kebugaran jasmani yang rutin, tubuh menjadi sehat baik secara fisik maupun mental serta terhindar dari berbagai penyakit.

Menjaga berat badan agar tetap ideal

Kebugaran jasmani juga dapat menjaga berat badan agar tetap terkendali. Dengan berolahraga juga akan mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan yang berlebihan.

Meningkatkan energi dan stamina

Fungsi kebugaran jasmani juga penting untuk meningkatkan energi dan stamina fisik. Latihan kebugaran meningkatkan jumlah energi, serta hormon endorfin dan serotonin di dalam otak, yang dapat meningkatkan stamina dalam beraktivitas.

Memperbaiki suasana hati

Tahukah kamu bahwa berolahraga juga dapat memperbaiki mood atau suasana hati? Jika suasana hati sedang buruk, cobalah untuk berolahraga dan berlatih kebugaran jasmani agar menjadi lebih semangat lagi.

Mengurangi stress

Kebugaran jasmani juga dapat mengurani stress. Beban pekerjaan yang banyak membuat kita stress. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, tingkat stress kita bisa berkurang.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat kebugaran jasmani lainnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau gangguan hipertensi. Dengan begitu, tubuh kita juga terhindar dari penyakit jantung atau stroke.

Mencegah serangan penyakit

Manfaat kebugaran jasmani juga penting untuk mencegah serangan penyakit. Dengan rutin berolahraga, tubuh kita terhindar dari penyakit jantung, stroke, obesitas, osteoporosis, depresi, sakit punggung, dan sebagainya.

Mencegah penuaan dini

Olahraga yang rutin juga berfungsi dapat mencegah penuaan dini. Aktivitas yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga dapat menunda proses penuaan.

Meningkatkan kinerja otak

Kebugaran jasmani juga bisa meningkatkan kinerja otak. Dengan melakukan latihan fisik, dapat membantu sirkulasi darah ke otak, yang berdampak pada meningkatkan kecerdasan otak.

Meningkatkan respon tubuh

Respon menjadi salah satu unsur kebugaran jasmani yang penting. Dengan rutin olahraga, juga dapat meningkatkan respon tubuh kita. Tubuh kita akan menjadi lebih cepat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Memperbaiki hubungan sosial

Fungsi kebugaran jasmani juga penting untuk memperbaiki hubungan sosial. Kita bisa berolahraga bareng dengan teman dan keluarga sehingga keakraban akan terjalin satu sama lain.

Mencegah insomnia

Tujuan kebugaran jasmani bisa digunakan untuk mencegah insomnia. Dengan berolahraga secara rutin akan memperbaiki kualitas tidur kita dan mencegah insomnia atau gangguan tidur.

Nah itulah referensi fungsi dan manfaat kebugaran jasmani bagi kesehatan tubuh manusia. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin berolahraga dan berlatih kebugaran jasmani.

Tinggalkan komentar