Teks Pancasila dan Lambangnya (Bunyi Sila Satu Sampai Lima)

Teks Pancasila dan Lambangnya (Bunyi Sila Satu Sampai Lima)

Teks Pancasila dan Lambangnya – Pancasila adalah ideologi, falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila terdiri dari dua kata Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila juga merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila terdiri dari lima sendi utama yang semuanya tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945. Selain itu, terdapat 45 butir pancasila yang merupakan pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila, semuanya berasal dari lima sila pada pancasila.

Meski merupakan dasar negara dan hanya terdiri dari lima sila saja, namun nyatanya masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak hafal atau hanya hafal sebagian saja. Fenomena ini terjadi di berbagai kalangan dengan level pendidikan yang berbeda-berbeda.

Untuk itulah, sebagai sebuah bangsa yang besar, hendaknya kta menghafal, menghayati dan mengamalkan nilai nilai luhur pancasila dengan tepat dan benar sesuai dengan apa yang dicita citakan oleh para tokoh pendiri bangsa. Berikut ini teks pancasila sila pertama sampai lima.

teks pancasila dan lambangnya

Teks Pancasila

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebjaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Bunyi Pancasila Beserta Lambang dan Maknanya

Lambang dari setiap sila pancasila terdapat pada lambang negara yaitu burung garuda. Pada dada burung garuda ada sebuah perisai melambangkan pertahanan bangsa Indonesia. Didalamnya terdapat simbol/lambang dari masing masing sila pancasila. Berikut ini lambang lambang pancasila dan artinya,

  1. Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa dilambangkan dengan cahaya di bagian tengah perisai berbentuk bintang yang bersudut lima berlatar hitam
  2. Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dilambangkan dengan tali rantai bermata bulatan dan persegi di bagian kiri bawah perisai berlatar merah
  3. Sila Ketiga: Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin di bagian kiri atas perisai berlatar putih
  4. Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan dilambangkan dengan kepala banteng di bagian kanan atas perisai berlatar merah
  5. Sila Kelima: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia dilambangkan dengan kapas dan padi di bagian kanan bawah perisai berlatar putih.

Demikianlah ulasan mengenai teks pancasila beserta lambang dan maknanya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memahami apa saja isi naskah pancasila dengan baik dan benar.

Tinggalkan komentar