Ciri-Ciri Sejarah Sebagai Peristiwa Lengkap Beserta Penjelasannya

Ciri-Ciri Sejarah Sebagai Peristiwa Lengkap Beserta Penjelasannya

Ciri-ciri sejarah sebagai peristiwa – Apa itu sejarah? Sejarah adalah kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Sejarah memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Selain itu terdapat unsur-unsur sejarah dan ciri-ciri sejarah yang pasti ada. Apa saja karakteristik sejarah dan ciri-ciri sejarah itu? Kali ini akan dibagikan info mengenai ciri-ciri sejarah sebagai peristiwa lengkap beserta penjelasannya.

Pengertian Sejarah

Pengertian sejarah menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Secara umum definisi sejarah adalah semua peristiwa masa lampau yang dapat membantu manusia untuk memahami perilaku manusia pada masa yang lampau, masa sekarang dan juga pada masa yang akan datang. Selain itu unsur-unsur sejarah juga meliputi ruang dan waktu.

Sejarah pun menjadi cabang ilmu pengetahuan. Sejarah sebagai ilmu pengetahuan digunakan untuk mempelajari kejadian dan peristiwa di masa lampau. Di Indonesia, pelajaran sejarah difokuskan pada asal usul negara Indonesia mulai dari zaman Kerajaan Hindu-Budha, zaman Kerajaan Islam, era penjajahan Belanda, era penjajahan Jepang serta masa proklamasi kemerdekaan Indonesia.

(baca juga ciri-ciri sejarah sebagai ilmu)

ciri-ciri sejarah sebagai peristiwa

Ciri-Ciri Sejarah Sebagai Peristiwa

Secara umum, terdapat 3 ciri-ciri ilmu sejarah yang paling utama dan pasti ada. Tiga ciri sejarah sebagai peristiwa tersebut adalah unik, abadi dan memiliki pengaruh besar. Berikut akan kami jelaskan ciri-ciri sejarah sebagai peristiwa lengkap beserta penjelasan dan pembahasannya.

1. Unik

Ciri-ciri sejarah yang pertama adalah unik atau einmaleg. Artinya peristiwa sejarah hanya akan terjadi satu kali saja dan tidak akan pernah terulang kembali. Di masa mendatang mungkin akan terjadi peristiwa yang mirip, namun tentu akan terdapat beberapa perbedaan dan tidak sama persis dengan peristiwa sebelumnya. Untuk itu sejarah itu unik dan hanya terjadi 1 kali saja.

2. Abadi

Peristiwa sejarah bersifat abadi. Artinya peristiwa sejarah tidak akan pernah berubah. Sejarah juga akan tetap dikenang sepanjang masa. Oleh karena itu peristiwa sejarah dapat dikatakan abadi karena sudah terjadi dan tidak akan berubah.

3. Berpengaruh

Sejarah tentu memiliki pengaruh besar yang ditimbulkan. Akan ada efek dan dampak yang ditimbulkan dari suatu peristiwa sejarah. Hal ini membuat sejarah menjadi sangat penting. Sejarah memiliki pengaruh yang sangat besar dan dapat mempengaruhi banyak orang sehingga dapat mengenang peristiwa tersebut.

Nah itulah info sejarah mengenai pengertian sejarah, definisi sejarah serta ciri-ciri sejarah sebagai peristiwa dan pembahasannya. Sifat-sifat sejarah adalah unik, abadi dan berpengaruh. Sebagai manusia tentu kita harus menghargai sejarah. Kita juga harus belajar dari sejarah agar bisa menjadi lebih baik. Sekian info sejarah kali ini, semoga bisa jadi referensi pengetahuan umum.

Tinggalkan komentar