3 Ruang Lingkup Geografi dan Contohnya (Fisik, Sosial, Regional)

3 Ruang Lingkup Geografi dan Contohnya (Fisik, Sosial, Regional)

Ruang lingkup geografi – Geografi merupakan cabang ilmu tentang fenomena biosfer dan gejala alam di permukaan bumi. Ruang lingkup geografi sangat luas karena mencakup banyak unsur dan aspek-aspek geografi. Apa saja contoh ruang lingkup geografi? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai 3 ruang lingkup geografi beserta pengertian dan contohnya lengkap.

Secara umum, pengertian geografi menurut para ahli adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. Aspek geografi dibedakan menjadi dua kategori, yaitu aspek fisik seperti topografi, biotik dan non-biotik, serta aspek sosial seperti ekonomi, budaya dan politik.

Ilmu geografi dipelajari sebagai studi ilmu bumi dan manusia. Objek studi geografi pun cukup luas karena meliputi manusia dan lingkungan dalam kaitannya dengan wilayah dan bumi. Sementara prinsip geografi meliputi prinsip distribusi, prinsip interelasi, prinsip deskripsi dan prinsip korologi. Banyak juga cabang ilmu geografi yang ada didasarkan pada beberapa bidang.

Ruang lingkup geografi menurut para ahli dibagi menjadi tiga kategori yakni geografi fisik, geografi sosial dan geografi regional. Pengertian ruang lingkup geografi mencakup aspek dan bidang yang masuk dalam pembahasan ilmu geografi. Tiap pembagian ruang lingkup dan aspek geografi memiliki karakteristik, ciri-ciri, objek studi dan contoh penelitian masing-masing.

ruang lingkup geografi

Ruang Lingkup Geografi

Kali ini akan dijelaskan contoh ruang lingkup geografi yang ada. Berikut merupakan 3 ruang lingkup geografi beserta definisi, pengertian dan contohnya lengkap terbaru.

Geografi Fisik

Pengertian geografi fisik adalah bagian ilmu geografi yang mempelajari semua kondisi fisik pada peristiwa atau fenomena yang terjadi di muka bumi. Geografi fisik menyangkut keadaan lingkungan alam di luar manusia seperti gejala-gejala alam di geosfer yang berkaitan dengan bentuk, relief, iklim dan segala sesuatu tentang bumi serta proses-proses fisik yang terjadi darat, laut dan udara yang berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia.

Ruang lingkup geografi fisik meliputi semua gejala alam yang terjadi di antroposfer (ruang angkasa), atmosfer (lapisan udara), hidrosfer (lapisan air), pedosfer (lapisan tanah), biosfer (lapisan kehidupan) dan litosfer (lapisan batuan). Cabang ilmu penunjang geografi fisik antara lain adalah astronomi, meteorologi, klimatologi, geofisika, hidrologi, pedologi, biologi, zoologi, fitologi dan geologi.

Contoh geografi fisik

  • Proses terjadinya hujan
  • Proses siklus air
  • Proses pembentukan tanah
  • Perbedaan iklim berdasarkan garis bujur

Geografi Sosial

Pengertian geografi sosial adalah ruang lingkup ilmu geografi yang mempelajari segala aktivitas kehidupan manusia lengkap dengan interaksi yang dilakukannya dengan lingkungan. Ruang lingkup geografi sosial meliputi lingkungan ekonomi, lingkungan budaya dan lingkungan sosialnya.

Geografi sosial meliputi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas manusia di dalam ruang mencakup aktivitas sebagai makhluk sosial. Secara umum, definisi geografi sosial mempelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan, serta dampak lingkungan terhadap manusia.

Contoh geografi sosial

  • Pola pemukiman masyarakat di daerah pesisir sungai
  • Kepadatan penduduk di daerah terkait relief permukaan tanah
  • Pengaruh tingkat kesuburan tanah terhadap kegiatan ekonomi masyarakat

Geografi Regional

Pengertian geografi regional adalah ruang lingkup geografi yang mempelajari tentang suatu topik khusus yang mencakup satu wilayah tertentu. Geografi regional merupakan geografi yang mempelajari topik atau bahasan khususnya yang mencakup suatu daerah atau wilayah tertentu yang menyeluruh, baik dari segi aspek fisik maupun segi aspek sosialnya.

Daerah atau wilayah tertentu yang diteliti bisa berupa desa, kota, provinsi, daerah atau negara tertentu. Geografi regional kerap disebut sebagai bentuk tertinggi dalam geografi.

Contoh geografi regional

  • Kepadatan penduduk di provinsi Jawa Timur
  • Persebaran curah hujan di Indonesia
  • Pola persebaran masyarakat usia produktif di Asia Tenggara

Nah itulah referensi pengetahuan mengenai ruang lingkup geografi lengkap beserta pengertian dan contohnya. Ruang lingkup geografi secara umum ada tiga meliputi geografi fisik, geografi sosial dan geografi regional. Sekian referensi ruang lingkup ilmu geografi kali ini.

Tinggalkan komentar