Nama-Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Cara Bacanya [+Contoh Kalimat]

Nama-Nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Cara Bacanya [+Contoh Kalimat]

Nama-nama hari dalam bahasa Inggris – Terdapat 7 hari yang ada dalam 1 minggu. Apa saja nama-nama hari? Kita mungkin tahu bahwa nama-nama hari dalam bahasa Indonesia adalah Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu. Namun apakah kamu hafal nama-nama hari dalam bahasa Inggris?

Dalam 1 minggu terdapat 7 hari, mulai dari Minggu sampai Sabtu (bisa juga dimulai dari Senin sampai Minggu). Hari merupakan waktu yang dibutuhkan oleh Bumi untuk berotasi yaitu proses berputar pada porosnya. Satu hari berlangsung selama 24 jam.

Ada 2 jenis-jenis hari yakni weekdays (hari kerja) dan weekend (akhir pekan). Hari weekdays terdiri dari hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat dimana kerja dan sekolah masuk. Sementara hari weekend terdiri dari Sabtu dan Minggu dimana umumnya tempat kerja dan sekolah libur (meski kadang ada yang masih masuk di hari Sabtu).

Bahasa Inggris dari nama-nama hari termasuk sangat dasar karena banyak orang yang sudah tahu dan hafal. Pelajaran ini sudah diajarkan sejak tingkat SD atau bahkan TK. Meski begitu masih banyak yang belum hafal, entah karena memang belum tahu atau kadang tertukar antara bahasa Inggris satu hari dengan hari yang lain.

Dalam artikel ini akan lebih dijelaskan nama-nama hari dalam bahasa Inggris, termasuk ejaannya, cara membacanya serta contoh kalimat. Pelajaran ini tidak hanya untuk anak-anak yang baru belajar bahasa Inggris saja, namun bisa bagi orang lain yang mungkin masih belum hafal.

(baca juga contoh kalimat efektif)

nama-nama hari dalam bahasa inggris

Nama-Nama Hari dalam Bahasa Inggris

NoNama HariBahasa InggrisPengucapan
1MingguSunday/ˈsʌndeɪ/
2SeninMonday/ˈmʌndeɪ/
3SelasaTuesday/ˈtjuːzdeɪ/
4RabuWednesday/ˈwɛnzdeɪ/
5KamisThursday/ˈthərzdē/
6JumatFriday/ˈfrʌɪdeɪ/
7SabtuSaturday/ˈsatədeɪ/

Berikut pembahasan satu per satu mengenai nama-nama hari dlm bahasa Inggris beserta cara membaca, penjelasan, singkatan dan contoh kalimatnya dalam percakapan sehari-hari.

1. Minggu = Sunday

Bahasa Inggris hari Minggu adalah Sunday. Sunday biasa disingkat SUN. Minggu adalah hari libur kerja dan sekolah serta termasuk dalam weekend (akhir pekan). Cara pengucapan Sunday adalah /ˈsʌndeɪ/. Kata ‘sun’ diucapkan seperti pada kata ‘santan’, sementara kata ‘day’ diucapkan seperti pada kata ‘gede’.

Contoh kalimat : Vina went to Surabaya last Sunday.

2. Senin = Monday

Bahasa Inggris hari Senin adalah Monday. Monday biasa disingkat MON. Senin adalah hari pertama masuk kerja atau sekolah serta termasuk dalam weekdays (hari kerja). Cara pengucapan Monday adalah /ˈmʌndeɪ/. Kata ‘mon’ diucapkan seperti pada kata ‘teman’, sementara kata ‘day’ diucapkan seperti pada kata ‘gede’.

Contoh kalimat : He has a Biology class every Monday.

3. Selasa = Tuesday

Bahasa Inggris hari Selasa adalah Tuesday. Tuesday biasa disingkat TUE. Selasa adalah hari aktif kerja dan sekolah serta termasuk dalam weekdays (hari kerja). Cara pengucapan Tuesday adalah /ˈtjuːzdeɪ/. Kata ‘tues’ diucapkan seperti pada kata ‘tyus’, sementara kata ‘day’ diucapkan seperti pada kata ‘gede’.

Contoh kalimat : Every Tuesday, I visit my grandmother’s house.

4. Rabu = Wednesday

Bahasa Inggris hari Rabu adalah Wednesday. Wednesday biasa disingkat WED. Rabu adalah hari aktif kerja dan sekolah serta termasuk dalam weekdays (hari kerja). Cara pengucapan Wednesday adalah /ˈwɛnzdeɪ/. Kata ‘wednes’ diucapkan dalam 1 suku kata seperti pada kata ‘wens’, sementara kata ‘day’ diucapkan seperti pada kata ‘gede’.

Contoh kalimat : Fida will go to Jakarta next Wednesday.

5. Kamis = Thursday

Bahasa Inggris hari Kamis adalah Thursday. Thursday biasa disingkat THU. Kamis adalah hari aktif kerja dan sekolah serta termasuk dalam weekdays (hari kerja). Cara pengucapan Thursday adalah /ˈthərzdē/. Kata ‘thurs’ diucapkan seperti pada kata ‘thers’ dimana hurus r diucapkan samar-samar, sementara kata ‘day’ diucapkan seperti pada kata ‘gede’.

Contoh kalimat : This Thursday, Joko must finish his homework.

6. Jumat = Friday

Bahasa Inggris hari Jumat adalah Friday. Friday biasa disingkat FRI. Jumat adalah hari aktif dalam weekdays (hari kerja) yang letaknya berdekatan dengan weekend di keesokan harinya. Cara pengucapan Friday adalah /ˈfrʌɪdeɪ/. Kata ‘fri’ diucapkan seperti pada kata ‘frae’ dimana hurus r diucapkan samar-samar, sementara kata ‘day’ diucapkan seperti pada kata ‘gede’.

Contoh kalimat : Putri always go shopping on Friday.

7. Sabtu = Saturday

Bahasa Inggris hari Sabtu adalah Saturday. Saturday biasa disingkat SAT. Sabtu termasuk dalam weekend (akhir pekan). Cara pengucapan Saturday adalah /ˈsatədeɪ/. Kata ‘sa’ diucapkan biasa, kata ‘tur’ diucapkan seperti kata ‘ter’ dimana hurus r diucapkan samar-samar, sementara kata ‘day’ diucapkan seperti pada kata ‘gede’.

Contoh kalimat : Aris and his friends go to the mall every Saturday night.

Nah demikian referensi nama-nama hari dalam bahasa Inggris lengkap beserta penjelasan cara pengucapannya serta penggunaannya dalam contoh kalimat. Tidak sulit menghafal bahasa Inggris nama-nama hari jika terus diingat dan digunakan dalam percakapan.

Tinggalkan komentar