Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli dan Definisinya Secara Umum

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli dan Definisinya Secara Umum

Pengertian seni rupa – Apa yang dimaksud seni rupa? Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang hasil karyanya bisa dinikmati dan dirasakan oleh indra manusia. Yang termasuk seni rupa misalnya adalah seni lukis atau seni pahat. Definisi seni rupa pun bisa menjadi lebih luas dan terdiri dari beberapa jenis baik seni rupa 2 dimensi maupun seni rupa 3 dimensi.

Sebagai salah satu jenis kesenian, salah satu ciri utama seni rupa adalah hasil karyanya bisa dirasakan oleh alat indra manusia, utamanya indra penglihatan dan perabaan. Seni rupa menonjolkan sejumlah prinsip utama seperti keseimbangan, kesatuan, keselarasan, irama, komposisi, kesebandingan, pusat perhatian, penekanan dan gradasi.

Tentunya layaknya karya seni lain, seni rupa memiliki kaidah-kaidah tertentu berupa karakteristik atau unsur-unsur tertentu. Terdapat 8 unsur-unsur seni rupa yang harus dipenuhi, di antaranya yaitu titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur dan gelap terang.

Ada beberapa macam-macam seni rupa. Berdasarkan dimensinya, ada 2 jenis seni rupa yakni seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi adalah karya seni yang hanya dapat dilihat dari satu sudut pandang saja dan mempunyai dimensi panjang dan lebar. Sedangkan seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang berbentuk seperti bangun ruang dan memiliki volume dimana dimensinya terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi.

Sementara berdasarkan fungsinya, ada 2 jenis seni rupa yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni adalah jenis karya seni yang dibuat hanya sekedar untuk dinikmati keindahan atau estetikanya. Sedangkan seni rupa terapan adalah karya seni yang sangat meninggikan fungsi guna atau kegunaan dibandingkan sisi keindahannya.

(baca juga prinsip seni rupa)

pengertian seni rupa

Pengertian Seni Rupa

Lantas apa itu seni rupa? Di bawah ini akan dijelaskan pengertian seni rupa, baik artinya menurut KBBI, menurut para ahli serta definisi seni rupa secara umum.

Arti Seni Rupa Menurut KBBI

Pengertian seni rupa menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah aliran seni yang meliputi seni pahat dan seni lukis.

Definisi Seni Rupa Secara Umum

Pengertian seni rupa secara umum adalah uatu cabang seni yang menghasilkan karya seni dimana bentuk dan kualitasnya dapat dirasakan oleh indera manusia, khususnya indera penglihatan dan indera peraba. Karya seni rupa dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum karena dapat memiliki bentuk dan wujud nyata dan dapat dilihat.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi dan pengertian seni rupa menurut para ahli beserta penjelasannya, baik ahli dari dalam negeri maupun luar negeri.

Menurut Haukin

Menurut Haukin, pengertian seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan ke dalam sebuah benda. Seni rupa adalah seni yang juga untuk dipamerkan atau dipertunjukkan di depan orang banyak.

Menurut Kottak

Pengertian seni rupa menurut Kottak adalah suatu seni yang memiliki kualitas, hasil ekspresi serta keindahan alam dan berbagai hal yang melebihi dari keasliannya dengan klasifikasi objek/subjek terhadapa kriteris estetis.

Menurut La Mery

Pengertian seni rupa menurut La Mery adalah penglihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan juga lebih indah. Dengan kata lain, seni rupa adalah sesuatu yang menekankan pada keindahan.

Menurut J.J. Hogman

Definisi seni rupa menurut pendapat J.J. Hogman adalah suatu hal yang memiliki berbagai unsur meliputi ideas, activities, dan artifacts.

Menurut Aristoteles

Pengertian seni rupa menurut Aristoteles adalah hasil karya berdasarkan peniruan terhadap alam namun memiliki sifat yang ideal.

Menurut Sussane K Langer

Pengertian seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. Dengan kata lain, seni rupa adalah proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

Menurut Drs. Sudarmaji

Arti seni rupa menurut Drs. Sudarmaji merupakan semua hal yang memiliki unsur manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media berupa bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Menurut Kumala Devi Chattopadhayaya

Arti seni rupa adalah sebuah luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman kepada para penikmatnya. Dengan kata lain, seni rupa adalah suatu jembatan untuk membuat orang lain paham dengan apa yang dirasakan oleh seniman.

Menurut Coorig Hartong

Pengertian seni rupa adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi, sehingga orang lain bisa ikut menikmatinya. Seni rupa adalah suatu pesan keindahan yang harus disampaikan kepada penikmatnya.

Menurut Nuning Y. Damayanti

Definisi seni rupa berawal mula dari proses dari manusia, sehingga termasuk dalam bidang ilmu. Saat ini konteks seni rupa dapat dilihat dari pokoknya yaitu ekspresi dari kreatifitas manusia.

Nah itulah referensi pengertian seni rupa beserta penjelasannya, baik definisi secara umum, menurut KBBI serta menurut pendapat para ahli.

Tinggalkan komentar