pengertian evolusi

Pengertian Evolusi | Definisi, Teori, Prinsip, dan Penjelasannya [Lengkap]

Pengertian evolusi – Evolusi merupakan suatu perubahan secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang lama. Evolusi juga memiliki arti dan definisi lain, baik dalam bidang sosial atau sains. Yang paling dikenal merupakan istilah teori evolusi yang dikemukakan Charles Darwin yang merujuk pada perubahan komposisi genetik pada suatu populasi dari generasi ke generasi.

Dalam bidang sosial, evolusi merupakan perubahan yang terjadi dalam masyarakat secara perlahan-lahan. Evolusi bisa terjadi karena masyarakat berusaha menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan dan kondisi baru yang timbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat. Karena itu perubahan pada evolusi terjadi dengan sendirinya secara alami, tanpa adanya rencana.

Proses perubahan pada evolusi terjadi dalam waktu lama, bahkan sampai bertahun-tahun lamanya. Adapun kebalikan dari evolusi adalah revolusi. Jika evolusi merupakan perubahan dalam waktu lama, maka revolusi diartikan sebagai perubahan yang dapat terjadi dalam waktu yang relatif cepat.

(baca juga pengertian ekosistem)

pengertian evolusi

Pengertian Evolusi

Pengertian evolusi secara umum adalah proses perubahan yang berlangsung secara berangsur-angsur (bertingkat) dimana sesuatu berubah menjadi bentuk lain (yang biasanya) menjadi lebih kompleks atau rumit ataupun berubah menjadi bentuk yang lebih baik.

Sementara dalam bidang sains biologi, teori evolusi diartikan sebagai perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Teori ini dikemukakan oleh Charles Darwin. Evolusi juga bisa diartikan sebagai perubahan komposisi genetik pada suatu populasi dari generasi ke generasi.

Berikut akan dibahas mengenai arti dan definisi evolusi menurut KBBI dan menurut pendapat para ahli dalam berbagai bidang.

Arti Evolusi Menurut KBBI

Pengertian evolusi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah perubahan (pertumbuhan, perkembangan) secara berangsur-angsur dan perlahan-lahan (sedikit demi sedikit).

Pengertian Evolusi Menurut Para Ahli

Menurut Charles Darwin

Teori evolusi menurut Charles Darwin menyatakan bahwa semua spesies dari organisme muncul dan berkembangbiak melalui seleksi alam dari varietas kecil yang diwariskan untuk meningkatkan kemampuan individu dalam bersaing, bertahan hidup, dan bereproduksi.

Menurut Plato

Teori evolusi menurut Plato menyatakan percaya pada dunia, yakni dunia yang ideal dan abadi serta dunia maya (khayal) yang tidak sempurna. Kedua dunia tersebut dapat dipahami dengan menggunakan indera manusia. Dikatakan evolusi akan mengubah dunia yang organismenya sudah ideal dan beradaptasi sempurna dengan lingkungan.

Menurut Aristoteles

Teori evolusi menurut Aristoteles membahas bahwa semua bentuk kehidupan disusun menurut skala atau tangga yang kompleksitasnya meningkat ke atas. Menurutnya, setiap bentuk kehidupan makhluk hidup mempunyai suatu tangga dengan anak tangga masing-masing yang ada pada tingkatan yang berbeda.

Menurut Jean Baptise de Lamarck

Teori evolusi menurut Lamarck merupakan proses penurunan sifat atau ciri-ciri yang diperoleh dari lingkungan yang diwariskan kepada keturunannya. Pada konsep pewaris sifat tersebut memodifikasi organisme yang diperoleh selama hidupnya.

Menurut James Watson

Menurut James Watson, teori evolusi merupakan proses pewarisan sifat dari generasi ke genrasi lain yang bisa terjadi karena adanya struktur DNA, yakni materi genetik yang menentukan pewarisan sifat keturunan. DNA dapat bermutasi sehingga susunannya berubah.

Menurut August Weismann

Pada teori evolusi menurut August Weismann bahwa perubahan sel-sel tubuh akibat pengaruh lingkungan tidak diwariskan pada keturunannya. Evolusi menyangkut pewarisan gen-gen lewat sel-sel kelamin, sehingga berkaitan dengan gejala seleksi alam pada faktor-faktor genetik.

Menurut Alfred Russel Wallace

Teori evolusi menurut Russel Wallace merupakan proses seleksi alam yang terjadi dalam lingkungan, sehingga spesies dengan keunggulan lebih akan bertahan hidup lebih lama dalam ekosistem.

Nah itulah referensi mengenai pengertian evolusi secara umum dan menurut para ahli, disertai penjelasan lengkap. Semogas bisa menambah referensi mengenai apa itu definisi evolusi yang benar dan tepat.

Tinggalkan komentar