Pengertian Elaborasi Dalam Pembelajaran

Pengertian Elaborasi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Pengertian elaborasi – Apa itu elaborasi? Kata ini mungkin terdengar sedikit asing dan jarang orang yang mengetahui apa makna dan arti elaborasi. Kata elaborasi sendiri digunakan dalam berbagai pendidikan, salah satunya dalam penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Indonesia.

Penerapan RRP menggunakan pola EEK atau eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Artinya elaborasi menjadi salah satu kegiatan yang penting dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Indonesia. Untuk itu kali ini akan dibahas definisi elaborasi dalam pelaksanaan RPP serta definisinya secara umum menurut KBBI.

Arti Elaborasi Menurut KBBI

Pengertian elaborasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki dua definisi. Arti kata elaborasi yang pertama adalah arti kata elaborasi secara umum, yakni penggarapan secara tekun dan cermat.

Sementara itu, arti kata elaborasi yang kedua adalah arti kata elaborasi dalam bidang biologi, yakni pembentukan zat-zat kompleks yang merupakan bagian dari tumbuh-tumbuhan atau hewan dari zat-zat yang lebih sederhana (tidak kompleks).

(baca juga pengertian eksplorasi)

Pengertian Elaborasi Dalam Pembelajaran

Pengertian Elaborasi dalam RPP

Kata elaborasi digunakan dalam RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai salah satu model pembelajaran yang diterapkan. Saat pembelajaran, elaborasi adalah salah satu kegiatan inti yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik.

Dalam kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik untuk menulis hasil yang diperoleh melalui kegiatan eksplorasi, kemudian mendiskusikan dan mendengar pendapat untuk dapat lebih mendalami suatu topik pembelajaran tertentu.

Elaborasi berperan penting dalam proses menganalisis kekuatan atau kelemahan argument, mendalami pengetahuan tentang sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, menguji prediksi atau hipotesis, menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.

Kegiatan Guru dan Peserta Didik dalam Siklus Elaborasi

Berikut merupakan kegiatan yang dilakukan saat pembelajaran dalam siklus elaborasi, baik kegiatan yang dilakukan peserta didik maupun yang dilakukan oleh guru.

Peserta didik:

  • Melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
  • Menanggapi laporan atau pendapat teman
  • Mengajukan argumentasi dengan santun

Guru:

  • Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menganalisis, berpikir, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut;
  • Memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar;
  • Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan yang menumbuhkan rasa percaya diri dan mengembangkan rasa tanggung jawab;
  • Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas atau mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar;
  • Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.

Nah demikian pembahasan mengenai pengertian elaborasi menurut para ahli dan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) serta dalam kaitannya dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Indonesia. Semoga definisi elaborasi ini bisa menambah referensi dan wawasan.

Tinggalkan komentar