Pengertian Eksplorasi Secara Umum Menurut Para Ahli dan KBBI

Pengertian Eksplorasi Secara Umum Menurut Para Ahli dan KBBI

Pengertian Eksplorasi Secara Umum Menurut Para Ahli dan KBBI – Jika kita membahas definisi eksplorasi, maka akan kita temukan beberapa literatur berbeda yang menjelaskan arti ekplorasi. Dan di kesempatan ini akan dibagikan apa itu eksplorasi menurut para ahli, KBBI dan secara umum. Secara umum eksplorasi merupakan kegiatan pencarian terhadap suatu hal yang baru.

Eksplorasi, disebut juga penjelajahan, penelitian, penyelidikan atau pencarian, adalah tindakan mencari atau melakukan penjelajahan dengan tujuan menemukan sesuatu hal yang besar kemungkinan belum pernah ada dengan sasaran objek sumber daya alam sehingga pengetahuan menjadi bertambah dan bisa memenuhi informasi yang dibutuhkan.

Contoh aktivitas dan kegiatan eksplorasi diantaranya adalah eksplorasi daerah tak dikenal, termasuk antariksa (penjelajahan angkasa), Kemudian daerah pertambangan misalnya ekplorasi minyak bumi, gas alam (migas), batubara, mineral, gua, air, emas ataupun informasi.

Pengertian Eksplorasi Secara Umum Menurut Para Ahli dan KBBI

Namun kondisi geologi juga harus dipertimbangkan sebelum penambangan karena berkaitan dengan topografi, tanah penutup, hidrogeologi dan bencana geologi. Biasanya kegiatan ekplorasi terutama pertambangan ini sering dilakukan oleh sekelompok orang seperti perusahaan atau institusi yang memiliki kepentingan dalam memajukan suatu hal yang sebelumnya tidak ada.

 

Dalam konteks riset ilmiah, eksplorasi adalah salah satu dari tiga bentuk tujuan riset, sedangkan tujuan lainnya ialah penggambaran (deskripsi) dan penjelasan (eksplanasi). Dalam hal ini, eksplorasi adalah usaha untuk membentuk pengertian umum dan awal terhadap suatu fenomena.

Eksplorasi Menurut Para Ahli

Berikut pengertian eksplorasi menurut Koesoemadinata :

Ekplorasi menurut Koesoemadinata, 2000

Eksplorasi adalah kegiatan teknis ilmiah untuk mencari tahu suatu area, daerah, keadaaan , ruang yang sebelumnya tidak diketahui keberadaan akan isinya. Eksplorasi yang ilmiah akan memberikan sumbangan terhadap khazanah ilmu pengetahuan. Eksplorasi tidak hanya dilakukan disuatu daerah, dapat pula di kedalaman laut yang belum pernah dijelajah, ruang angkasa, bahkan wawasan alam pikiran (eksloration of the mind).

Pengertian Eksplorasi Menurut KBBI

Menurut KBBI, eksplorasi dibagi dalam 3 definisi berikut ini :

Ekplorasi (Kata Benda)

Penjelajahan lapangan dengan tujuan memperoleh pengetahuan lebih banyak (tentang keadaan), terutama sumber-sumber alam yang terdapat di tempat itu; penyelidikan; penjajakan.

Eksplorasi Pendidikan

Kegiatan untuk memperoleh pengalaman baru dari situasi yang baru;

Ekplorasi Petrologi serta Minyak dan Gas Bumi

  • Penyelidikan dan penjajakan daerah yang diperkirakan mengandung mineral berharga dengan jalan survei geologi, survei geofisika, atau pengeboran untuk menemukan deposit dan mengetahui luas wilayahnya;
  • penyelidikan terperinci untuk cebakan mineral atau batu bara setelah hasil penyelidikan pendahuluan menyatakan bahwa cebakan itu ada kemungkinan mempunyai nilai ekonomis;
  • cara eksplorasi dengan menggunakan prinsip radioaktif;

Demikianlah penjelasan dan pengertian eksplorasi secara umum menurut para ahl dan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kita semua.

Tinggalkan komentar