jenis-jenis komunikasi

17+ Jenis-Jenis Komunikasi Beserta Macam-Macam dan Contohnya

Jenis-jenis komunikasi – Pengertian komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga bisa dipahami dengan mudah. Kita tentu sering melakukan proses komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, baik komunikasi verbal maupun non-verbal.

Secara umum, sebuah proses komunikasi baru bisa berlangsung jika dilakukan oleh 2 (dua) orang atau lebih. Komunikasi menjadi sarana bagi manusia untuk menyampaikan pesan atau memberi instruksi pada orang lain. Selain itu fungsi komunikasi juga penting untuk bertukar pikiran, memberi pendapat, memberi sugesti pada orang lain, dan menjaga tali silaturrahmi.

Dalam komunikasi, terdapat beberapa unsur-unsur komunikasi termasuk orang yang mengirim pesan (komunikator) dan orang yang mendapat pesan (komunikan). Unsur-unsur komunikasi lainnya juga meliputi media atau sarana, pesan yang disampaikan, umpan balik serta reaksi dan dampak yang ditimbulkan dari komunikasi tersebut.

Kita mungkin sering berkomunikasi dengan kata-kata atau tulisan, namun bentuk komunikasi juga bisa dilakukan secara non-verbal atau lewat gerak isyarat tubuh. Selain itu juga ada beberapa jenis-jenis komunikasi yang lain seperti komunikasi langsung dan tidak langsung, komunikasi formal dan non-formal, komunikasi 1 arah dan 2 arah, dan sebagainya.

jenis-jenis komunikasi

Jenis-Jenis Komunikasi

Berikut akan dibahas mengenai apa saja bentuk-bentuk komunikasi beserta contoh dan penjelasannya, yang dibedakan berdasarkan cara penyampaian, kelangsungan, jenis pesan, arah, pelaku, sifat, ruang lingkup, dan jalan informasinya.

Jenis Komunikasi Menurut Cara Penyampaiannya

Menurut cara penyampaiannya, ada 2 (dua) macam-macam komunikasi yakni komunikasi verbal dan non-verbal.

1. Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal merupakan jenis komunikasi yang pesannya disampaikan lewat kata-kata lisan atau tulisan. Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang umum dilakukan dan pesan yang disampaikan bersifat jelas.

2. Komunikasi Non-Verbal

Komunikasi non-verbal merupakan jenis komunikasi yang pesannya disampaikan bukan dengan kata-kata, melainkan dengan cara-cara non-verbal seperti gestur tubuh, ekspresi wajah, bahasa isyarat, kontak mata, hentakan kaki, dan sebagainya.

Jenis Komunikasi Menurut Kelangsungannya

Menurut kelangsungannya, ada 2 (dua) macam-macam komunikasi yakni komunikasi langsung dan tidak langsung.

1. Komunikasi Langsung

Komunikasi langsung merupakan jenis komunikasi yang disampaikan secara langsung, dimana pengirim pesan bertemu dan bertatap muka langsung dengan pihak penerima pesan, tanpa ada media dan perantara sama sekali.

2. Komunikasi Tidak Langsung

Komunikasi tidak langsung merupakan jenis komunikasi yang disampaikan secara tidak langsung tanpa perlu bertatap muka, bisa disampaikan lewat media atau perantara tertentu seperti telepon, email, sosial media atau lewat pihak ketiga.

Jenis Komunikasi Menurut Jenis Pesannya

Menurut jenis pesannya, ada 2 (dua) macam-macam komunikasi yakni komunikasi lisan dan tulisan.

1. Komunikasi Lisan

Komunikasi lisan merupakan jenis komunikasi yang disampaikan lewat ucapan kata-kata dari pengirim pesan secara langsung, misalnya saat kita ngobrol dengan teman.

2. Komunikasi Tulisan

Komunikasi tulisan merupakan jenis komunikasi yang disampaikan lewat tulisan secara tidak langsung, misalnya seperti surat, email, SMS, memo, dan sebagainya.

Jenis Komunikasi Menurut Arahnya

Menurut arahnya, ada 2 (dua) macam-macam komunikasi yakni komunikasi 1 arah dan 2 arah.

1. Komunikasi 1 Arah

Komunikasi 1 arah merupakan jenis komunikasi yang berfokus pada isi pesan dari pihak pengirim, tanpa mengharapkan umpan balik dari penerima pesan, misalnya seperti seorang atasan yang memberi perintah atau instruksi pada bawahannya.

2. Komunikasi 2 Arah

Komunikasi 2 arah merupakan jenis komunikasi yang mengharapkan adanya umpan balik atau reaksi dari pihak penerima pesan, misalnya seperti saat kita sedang asyik mengobrol dengan teman kita sehingga kedua pihak saling memberi respon dan tanggapan.

Jenis Komunikasi Menurut Pelakunya

Menurut pelakunya, ada 2 (dua) macam-macam komunikasi yakni komunikasi perseorangan dan kelompok.

1. Komunikasi Perseorangan

Komunikasi perseorangan merupakan jenis komunikasi yang terjadi antar individu dengan individu lain, umumnya membicarakan permasalahan yang bersifat pribadi pula, seperti kabar sehari-hari, aktivitas yang dilakukan, dan sebagainya.

2. Komunikasi Kelompok

Komunikasi kelompok merupakan jenis komunikasi yang terjadi antar kelompok dengan kelompok lain, umumnya membicarakan topik yang terkait kepentingan dengan orang banyak yang ada pada kelompok atau organisasi tersebut.

Jenis Komunikasi Menurut Sifatnya

Menurut sifatnya, ada 2 (dua) macam-macam komunikasi yakni komunikasi formal dan informal.

1. Komunikasi Formal

Komunikasi formal merupakan bentuk komunikasi yang terjadi antara suatu perusahaan dengan perusahaan yang lain dalam format dan struktur dengan tata cara yang sudah ditentukan.

2. Komunikasi Informal

Komunikasi informal merupakan bentuk komunikasi yang terjadi antar individu pada sebuah perusahaan atau organisasi yang tidak terikat oleh format dan struktur tertentu.

Jenis Komunikasi Menurut Ruang Lingkupnya

Menurut ruang lingkupnya, ada 2 (dua) macam-macam komunikasi yakni komunikasi internal dan eksternal.

1. Komunikasi Internal

Komunikasi internal merupakan jenis komunikasi yang berlangsung dalam ruang lingkup organisasi atau kelompok tertentu, yang hanya melibatkan anggota organisasi atau perusahaan tersebut saja.

2. Komunikasi Eksternal

Komunikasi eksternal merupakan jenis komunikasi yang berlangsung antara pihak organisasi atau kelompok tertentu kepada pihak masyarakat yang ada di luar organisasi atau kelompok tersebut.

Jenis Komunikasi Menurut Jalan Informasi

Menurut jalan informasinya, ada 3 (tiga) macam-macam komunikasi yakni komunikasi ke atas, ke bawah, dan ke samping.

1. Komunikasi ke Atas

Komunikasi ke atas merupakan bentuk komunikasi yang terjadi antara bawahan kepada atasannya di dalam sebuah organisasi atau kelompok tertentu, misalnya saat seorang karyawan memberi laporan keuangan pada manajer divisinya.

2. Komunikasi ke Bawah

Komunikasi ke bawah merupakan bentuk komunikasi yang terjadi antara atasan kepada bawahannya di dalam sebuah organisasi atau kelompok tertentu, misalnya saat seorang direktur memberi instruksi pada para karyawan perusahaannya.

3. Komunikasi ke Samping

Komunikasi ke samping merupakan bentuk komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih yang memiliki kedudukan yang sejajar dalam sebuah organisasi atau kelompok tertentu, misalnya saat 2 orang karyawan saling berdiskusi mengenai pekerjaan mereka.

Nah itulah referensi jenis-jenis komunikasi beserta macam-macam dan contohnya lengkap. Ada banyak bentuk-bentuk komunikasi yang bisa dibedakan berdasarkan beberapa faktor, namun pembagian jenis komunikasi yang utama adalah komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.

Tinggalkan komentar