Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya

Pengertian model pembelajaran – Model pembelajaran adalah kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang memiliki nama, ciri, urutan logis, pengaturan, dan budaya. Hal ini sesuai dengan apa yang tercantum dalam Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Pasal 2.

Model pembelajan sendiri memiliki makna yang lebih luas dari pada strategi, metode atau sekedar prosedur pembelajaran. Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai macam model pembelajaran, dari yang sederhana sampai model yang sangat kompleks dan rumit karena memerlukan banyak alat bantu dalam penerapannya.

Beberapa contoh model-model pembelajaran di antaranya adalah ceramah, diskusi, demonstrasi, studi kasus, bermain peran (role play) dan lain sebagainya yang bisa diterapkan. Tentu tiap model pembelajaran memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Model pembelajaran yang baik dan tepat adalah model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran bahan kajian atau pokok bahasan atau sub pokok bahasan tertentu dengan menggunakan waktu dan dana yang tak begitu banyak serta mendapatkan siswa mendapatkan hasil yang maksimal.

(baca juga pengertian strategi pembelajaran)

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Model Pembelajaran

Di bawah ini akan dibahas apa saja definisi dan pengertian model pembelajaran, baik secara umum maupun menurut para ahli.

Definisi Model Pembelajaran Secara Umum

Pengertian model pembelajaran secara umum adalah suatu cara atau teknik penyajian sistematis yang digunakan oleh guru dalam mengorganisasikan pengalaman proses pembelajaran agar tercapai tujuan dari sebuah pembelajaran.

Definisi model pembelajaran yang lebih singkat merupakan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Model pembelajaran bisa juga diartikan sebagai seluruh rangkaian penyajian materi yang meliputi segala aspek sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar.

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Berikut merupakan penjelasan mengenai pengertian model pembelajaran menurut pendapat para ahli selengkapnya.

Menurut Dahlan

Pengertian model pembelajaran adalah rencana atau pola yang digunakan dalam menyusun kurikulum, mengatur materi pengajaran dan memberi petunjuk pada pengajar di kelas dalam setting pengajaran atau setting lainnya.

Tiap model mengajar yang dipilih haruslah mengungkapkan berbagai realitas yang sesuai dengan situasi kelas dan macam pandangan hidup, yang dihasilkan dari kerjasama guru dan murid.

Menurut Amin Suyitno

Arti model pembelajaran adalah suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan guru agar tujuan atau kompetensi dari hasil belajar yang diharapkan akan cepat dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien.

Menurut Syafaruddin, Irwan Nasution

Model pembelajaran adalah deskripsi dari lingkungan pembelajaran yang bergerak dari perencanaan kurikulum, mata pelajaran, bagian-bagian dari pelajaran untuk merangcang materi pelajaran, buku latihan kerja, program, dan bantuan kompetensi untuk program pembelajaran.

Dengan kata lain, model pembelajaran adalah bantuan alat-alat yang mempermudah siswa dalam belajar. Jadi, keberadaan model pembelajaran berfungsi membantu siswa memperoleh informasi, gagasan, keterampilan, nilai-nilai, cara berpikir dan pengertian yang diekspresikan mereka.

Menurut Supriyono

Sebuah model pembelajaran adalah sebuah rencana atau pola yang mengorganisasi pembelajaran dalam kelas dan menunjukkan cara penggunaan materi pembelajaran.

Menurut Joyce dalam Trianto

Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran.

Menurut Syaiful Sagala

Definisi model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar peserta didik untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar.

Menurut Joyce

Joyce berpendapat bahwa setiap model mengarahkan kita dalam merancang pembelajaran untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.

Menurut Slavin

Model pembelajaran adalah suatu acuan kepada suatu pendekatan pembelajaran termasuk tujuannya, sintaksnya, lingkungannya, dan sistem pengelolaanya.

Menurut Trianto

Model pembelajaran merupakan pendekatan yang luas dan menyeluruh serta dapat diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajarannya, sintaks (pola urutannya), dan sifat lingkungan belajarnya.

Ciri-Ciri Model Pembelajaran

Berikut merupakan beberapa ciri-ciri dan karakteristik model pembelajaran secara umum dan lengkap.

  • Rasional teoritik yang logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya.
  • Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar.
  • Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil.
  • Lingkungan belajar yang duperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Demikianlah pengertian model pembelajaran menurut para ahli beserta arti dan definisinya secara umum. Dijelaskan juga apa saja ciri-ciri model pembelajaran. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan dalam memahami definisi model pembelajaran yang benar.

3 pemikiran pada “Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya”

Tinggalkan komentar