Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Penjelasannya [Lengkap]

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Penjelasannya [Lengkap]

Pengertian demokrasi menurut para ahli – Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dalam sistem pemerintahan demokrasi, rakyat turut berpartisipasi aktif dalam kebijakan pemerintahan. Indonesia menjadi salah satu contoh negara demokrasi. Lantas apa sebenarnya definisi dan arti demokrasi secara umum?

Pada sistem pemerintahan demorkasi mengizinkan seluruh warga negara untuk berpartisipasi aktif. Peran serta itu bisa diwakilkan atau secara langsung dalam perumusan, pengembangan dan penetapan undang-undang. Setiap ahli memiliki penafsiran tersendiri terhadap demokrasi, meskipun kurang lebih memiliki makna dan tujuan yang sama.

Ciri-ciri demokrasi antara lain adalah adanya keterlibatan rakyat, adanya persamaan hak bagi warga negara, adanya kebebasan pers dan media, pemilihan umum dilakukan secara langsung serta kekuasaan pemerintahan ada di tangan rakyat.

Ada banyak juga macam-macam demokrasi, misalnya seperti demokrasi langsung dan tidak langsung, demokrasi liberal dan demokrasi rakyat serta demokrasi Pancasila yang dianut oleh Indonesia. Ada banyak contoh negara yang menganut sistem pemerintahan demokrasi di seluruh dunia.

(baca juga pengertian Pancasila)

pengertian demokrasi menurut para ahli

Pengertian Demokrasi

Berikut ini akan dijelaskan pengertian demokrasi, baik secara umum, menurut KBBI, secara etimologis serta menurut para ahli selengkapnya.

Pengertian Demokrasi Secara Umum

Definisi demokrasi secara umum adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi menuntuk keterlibatan rakyat dalam pemerintahan.

Dalam sistem pemerintahan demokrasi, kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Rakyat turut berpartisipasi aktif dalam kebijakan-kebijakan pemerintahan serta turut memilih pemimpin lewat adanya pemilihan umum secara langsung dari tingkat presiden sampai gubernur dan bupati sekalipun.

Arti Demokrasi Menurut KBBI

Pengertian demokrasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah bentuk atau sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya atau dengan kata lain dikenal sebagai pemerintahan rakyat.

Demokrasi juga dapat diartikan sebagai gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara.

Pengertian Demokrasi Secara Etimologi

Arti demokrasi secara etimologi berasal dari dua kata dari bahasa Yunani, yakni demos dan kratos. Demos berarti rakyat, sementara kratos atau cratein berarti pemerintahan.

Maka dapat diartikan definisi demokrasi secara etimologis adalah sebagai pemerintahan rakyat, atau yang lebih kita kenal sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Berikut akan dijelaskan definisi dan pengertian demokrasi menurut para ahli, baik ahli luar negeri dan dalam negeri dari dulu sampai sekarang.

Menurut Plato

Pengertian demokrasi menurut Plato adalah bentuk pemerintahan yang dijalankan oleh rakyat yang memimimpin untuk kepentingan rakyat banyak.

Menurut Abraham Lincoln

Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincol adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

Menurut Charles Costello

Pengertian demokrasi menurut Charles Costello adalah sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara.

Menurut John L. Esposito

Definisi demokrasi menurut John L. Esposito pada dasarnya adalah kekuasaan dari dan untuk rakyat. Oleh karenanya, semuanya berhak untuk berpartisipasi, baik terlibat aktif maupun mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, tentu saja lembaga resmi pemerintah terdapat pemisahan yang jelas antara unsur eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

Menurut Hans Kelsen

Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen adalah pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Yang melaksanakan kekuasaan negara ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih. Di mana rakyat telah yakin, bahwa segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan Negara.

Menurut Sidney Hook

Sidney Hook berpendapat bahwa arti demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

Menurut Prof. Mr. Muhammad Yamin

Pengertian demokrasi menurut Muhammad Yamin adalah sebuah dasar yang ada didalam pembentukan pemerintahan dan posisinya berada didalam atau masyarakat pada sebuah kekuasaan untuk bisa memerintah dan mengatur supaya dapat dikendalikan dengan sah pada setiap warga negara.

Menurut C. F. Strong

Definisi demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewan dari masyarakat ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya pada mayoritas tersebut.

Menurut Hannry B. Mayo

Demokrasi menurut Hannry B. Mayo berupa kebijaksanaan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana di mana terjadi kebebasan politik.

Menurut Philippe C. Schmitter

Pengertian demokrasi merupakan suatu teori yang menyatakan bahwa suatu negara supaya tanggap terhadap kebutuhan maupun kepentingan warganya, dimana mereka harus ikut berpartisipasi dalam merumuskan kebutuhan serta mengungkapkan kepentingan-kepenting secara aktif dan bebas.

Menurut Samuel Huntington

Demokrasi ada jika para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sebuah sistem dipilih melalui suatu pemilihan umum yang adil, jujur dan berkala dan di dalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hampir seluruh penduduk dewasa dapat memberikan suara.

Menurut H. Harris Soche

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan rakyat. Artinya rakyat atau orang banyak merupakan pemegang kekuasaan dalam pemerintahan. Mereka memiliki hak untuk mengatur, mempertahankan, serta melindungi diri mereka dari adanya paksaan dari wakil-wakil mereka, yaitu orang-orang atau badan yang diserahi wewenang untuk memerintah.

Menurut Amien Rais

Menurut Amien Rais, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar suatu negara disebut sebagai negara demokrasi yaitu keikutsertaan rakyat membuat keputusan, memiliki kesamaan hukum, memiliki kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan, ketersediaan serta keterbukaan informasi, kebebasan individu, semangat bekerjasama dan hak melakukan protes.

Menurut International Commission of Journalist

Menurut Komisi Internasional Jurnalis, arti demokrasi adalah suatu bentuk sistem pemerintahan dimana warga negara memiliki hak untuk ikut membuat keputusan-keputusan politik melalui wakil-wakil rakyat yang mereka pilih dan yang bertanggung jawab kepada mereka melalui sebuah pemilihan yang bebas.

Menurut Yusuf Al Qordhawi

Pengertian demokrasi secara umum terjadi dimana masyarakat dapat menunjuk seseorang untuk mengurus maupun mengatur segala urusan mereka melalui suatu wadah yang dinamakan demokrasi. Masyarakat berhak untuk meminta pertanggungjawaban kepada pemimpin atau wakil yang mereka pilih apabila bersalah.

Menurut Maurice Duverger

Arti demokrasi menurut Maurice Duverger adalah suatu cara pemerintah yang dimana terdapat suatu golongan yang menjadi diperintah dan ada yang memerintah ataukah tidak dapat dipisahkan.

Menurut Affan Gaffar

Affan Gaffar mengemukakan dua definisi demokrasi. Yang pertama demokrasi yang secara ideal ingin diwujudkan oleh negara yang disebut sebagai demikrasi normatif. Yang kedua demokrasi yang terwujud dalam dunia politik yang disebut sebagai demokrasi empirik.

Menurut Robert A. Dahl

Suatu sistem demokrasi harus memiliki persamaan hak pilih dalam menentukan keputusan kolektif yang bersifat mengikat, adanya partisipasi yang efektif rakyat, pembeberan kebenaran, kontrol terakhir masyarakat terhadap agenda serta pencakupan masyarakat terkait dengan hukum.

Menurut Abdul Wadud Nashruddin

Pengertian demokrasi menurut Abdul Wadud Nashruddin merupakan suatu sistem kehidupan dimana pendapat rakyat ditempatkan sebagai prioritas utama dalam mengambil kebijakan-kebijakan.

Menurut Sumarno AP dan Yeni R. Lukiswara

Demokrasi berasal dari kata demos yang berarti rakyat, serta kratos atau cratein yang berarti pemerintahan. Jadi demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan oleh rakyat. Dalam Declaration of Independent, demokrasi berarti of the people, for the people, and by the people.

Menurut Joseph A. Schumpeter

Suatu sistem politik bisa dikatakan bersifat demokratis apabila para pengambil keputusan kolektifnya yang terkuat dipilih melalui suatu pemilihan umum yang dilakukan secara berkala yang di dalamnya terdapat hak bagi manusia dewasa untuk memilih. Sebuah demokrasi mencakup 2 hal, yaitu persaingan dan partisipasi.

Menurut Ranny

Menurut Ranny, definisi demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana penataan serta pengorganisasiannya dilakukan berdasarkan pada prinsip-prinsip kedaulatan rakyat, kesamaan politik, konsultasi atau dialog dengan masyarakat serta aturan mayoritas.

Menurut Abdul Ghani Ar Rahhal

Dalam bukunya yang berjudul Al Islamiyyin wa Sarah Ad Dimuqrathiyya, Abdul Ghani Ar Rahhal menyatakan bahwa arti demokrasi merupakan suatu bentuk kekuasaan rakyat oleh rakyat.dengan kata lain rakyat adalah sumber kekuasaan.

Menurut Koentjoro Poerbopanoto

Koentjoro Poerbopanoto mengemukakan pendapat bahwa pengertian demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang dimana posisi rakyat harus ikut turut aktif bergabung dalam pemerintahan negara.

Menurut Sarjen

Tiap-tiap sistem demokrasi selalu didasarkan pada ide-ide bahwa negara harus terlibat dalam berbagai macam hal tertentu baik secara langsung maupun melalui wakil-wakil yang telah mereka pilih di dewan perwakilan di bidang pembuatan keputusan-keputusan politik.

Menurut Merriem

Pengertian demokrasi menurut Merriem dapat didefinisikan sebagai pemerintahan oleh rakyat, khususnya oleh mayoritas. Pemerintahan di mana kekuasaan tertinggi tetap pada rakyat dan dilakukan oleh mereka baik langsung atau tidak langsung melalui sebuah sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan cara mengadakan pemilu bebas yang diadakan secara periodik.

Rakyat umum khususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik, tiadanya distingsi kelas atau privelese berdasarkan keturunan atau kesewenang-wenangan.

Nah demikianlah referensi pengertian demokrasi menurut para ahli serta arti demokrasi secara etimologi dan secara umum. Ada banyak contoh negara yang menganut sistem demokrasi, termasuk Indonesia yang menganut sistem demokrasi Pancasila.

Tinggalkan komentar