Letak Astronomis ASEAN Beserta Pengaruh, Iklim, dan Batas Wilayahnya

Letak Astronomis ASEAN Beserta Pengaruh, Iklim, dan Batas Wilayahnya

Letak astronomis ASEAN – ASEAN adalah organisasi kerjasama negara Asia Tenggara di bidang politik, ekonomi, budaya, dan pendidikan. Terdapat 10 negara ASEAN saat ini yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam, Myanmar, Laos, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Sementara Timor Leste belum resmi jadi anggota ASEAN.

Kerjasama negara-negara ASEAN didasarkan pada persamaan letak geografis yang berdekatan. Hal ini memudahkan kerjasama dilakukan karena satu negara dengan negara lain posisinya berdekatan. Tiap tahun pertemuan perwakilan negara ASEAN pun rutin dilakukan.

Letak wilayah ASEAN secara geografis memang cukup strategis. Faktanya letak geografis ASEAN terletak di antara 2 samudera dan 2 benua. Samudera yang mengapit wilayah ASEAN adalah Samudera Pasifik dan Hindia. Sementara benua yang mengapit wilayah ASEAN adalah benua Asia dan benua Australia.

Lantas bagaimana dengan letak astronomisnya? Seperti diketahui jika wilayah ASEAN berada di sebelah tenggara benua Asia sampai mendekati wilayah benua Australia, hingga termasuk dalam bumi bagian utara dan bagian selatan juga.

(baca juga letak astronomis Indonesia)

letak astronomis asean

Letak Astronomis ASEAN

Letak astronomis ASEAN terletak pada di 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT. Penentuan letak astronomis didasarkan pada letak wilayah pada garis bujur dan garis lintang.

Artinya wilayah ASEAN terbentang dari titik 28 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang selatan, serta dari 93 derajat bujur timur sampai 141 derajat bujur timur.

Keseluruhan wilayah ASEAN berada di wilayah bumi bagian timur, namun secara vertikal ASEAN berada di wilayah bumi bagian utara dan bagian selatan, sehingga wilayahnya membentang dari lintang utara (LU) sampai lintang selatan (LS).

Dari 10 negara ASEAN, 9 negara di antaranya terletak di bagian utara. Hanya Indonesia yang wilayahnya terletak di bagian utara dan bagian selatan, dengan asumsi Timor Leste tidak termasuk anggota resmi, karena wilayahnya terletak di bagian selatan.

Pengaruh Letak Astronomis ASEAN

Terdapat beberapa pengaruh terkait letak ASEAN secara astronomis yang dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Berikut merupakan dampak dan pengaruh letak astronomis ASEAN beserta penjelasannya.

Iklim

Karena letak ASEAN yang berdekatan dengan garis khatulistiwa, maka mayoritas negara ASEAN beriklim tropis. Wilayah Asia Tenggara akan mendapat sinar matahari sepanjang tahun karena iklimnya tropis.

Cuaca

Negara ASEAN kebanyakan memiliki iklim tropis. Akibatnya negara-negara ASEAN seperti Indonesia hanya memiliki 2 musim saja, yakni musim kemarau dan musim penghujan.

Curah Hujan

Letak astronomis ASEAN juga berdampak pada curah hujan yang turun. Wilayah ASEAN akan memiliki curah hujan tinggi di sebagian besar wilayahnya, sehingga banyak wilayah hutan hujan tropis yang terbentuk.

Kelembaban Udara

Letak astronomis ASEAN berdampak pada tingkat kelembaban udara yang tinggi. Hal ini disebabkan adanya penguapan yang tinggi yang pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Ekonomi

Bidang ekonomi juga bisa terdampak dari letak geografis di ASEAN. Karena iklim ASEAN tropis, maka sinar matahari akan terus menyinari negara-negara ASEAN. Hal ini dimanfaatkan penduduk untuk bertani dan bercocok tanam, sehingga sektor ekonomi negara ASEAN banyak berfokus di bidang pertanian.

Pembagian Waktu

Salah satu akibat letak astronomis adalah adanya pembagian waktu. Di ASEAN pembagian waktu dibagi menjadi tiga, yakni GMT+7, GMT+8 dan GMT+9. Di Indonesia pembagian waktu ini disebut dengan nama WIB (waktu Indonesia barat), WITA (waktu Indonesia Tengah), dan WIT (waktu Indonesia timur).

Batas Wilayah ASEAN Secara Astronomis

Secara astronomis wilayah ASEAN juga memiliki batas-batas wilayah di sekitarnya. Batas astronomis ini sebenarnya tidak berbeda dengan batas wilayah secara geografis, karena pada dasarnya melihat wilayah yang berbatasan dengan ASEAN.

Sebelah Utara

Di sebelah utara, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara China yang masuk kawasan Asia Timur. Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Laut China Timur.

Sebelah Timur

Di sebelah timur, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara Papua Nugini yang termasuk benua Australia. Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Pasifik.

Sebelah Selatan

Di sebelah selatan, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara Australia dan benua Australia secara keseluruhan. Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Hindia.

Sebelah Barat

Di sebelah barat, wilayah ASEAN berbatasan dengan negara India dan Bangladesh yang masuk kawasan Asia Selatan. Selain itu ASEAN juga berbatasan dengan wilayah perairan Teluk Benggala, Laut Andaman, dan Samudera Hindia.

Tinggalkan komentar