unsur-unsur komunikasi

6+ Unsur-Unsur Komunikasi Beserta Proses, Fungsi dan Penjelasannya

Unsur-unsur komunikasi – Komunikasi adalah proses pengiriman pesan antara 2 individu atau lebih. Fungsinya untuk memberi informasi atau pendapat dengan tujuan berinteraksi dengan orang lain. Manusia melakukan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari baik lewat lisan, tulisan, atau media lain.

Bisa dibilang pengertian komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga bisa dipahami dengan mudah. Komunikasi terjadi saat pesan disampaikan oleh pengirim pesan dan diterima oleh penerima pesan.

Tentunya kita melakukan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat ngobrol dengan keluarga atau saat berkirim pesan dengan teman. Komunikasi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial.

Secara umum fungsi komunikasi antara lain adalah untuk memberi informasi, menyampaikan pendapat, melakukan interaksi, dan mengisi waktu luang. Komunikasi juga bisa dilakukan untuk membuju orang, mempengaruhi orang, atau memberi himbauan pada orang lain.

Dalam komunikasi, selalu ada pihak pengirim informasi dan pihak penerima informasi. Hal itu menjadi syarat terjadinya komunikasi, karena proses komunikasi tidak bisa dilakukan sendiri. Selain itu jugada ada unsur-unsur lain dalam komunikasi.

unsur-unsur komunikasi

Unsur-Unsur Komunikasi

Berikut akan dijelaskan unsur-unsur komunikasi dan pengertiannya, meliputi komunikator (sender), pesan (message), sarana (channel), komunikan (receiver), dampak (effect), dan umpan balik (feedback).

1. Komunikator

Unsur komunikasi yang pertama adalah pengirim pesan atau sender, biasa disebut juga sebagai komunikator. Komunikator adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada penerima atau komunikan dalam sebuah proses komunikasi tertentu.

Dengan kata lain komunikator yang mengambil inisiatif memulai sebuah komunikasi atau percakapan, dengan mengirim pesan, bisa secara langsung atau tidak langsung.

2. Pesan/Informasi

Berikutnya ada unsur pesan atau informasi, yang juga termasuk unsur komunikasi yang penting. Pesan merupakan keseluruhan apa yang disampaikan oleh komunikator. Bisa dibilang pesan menjadi inti dari sebuah proses komunikasi.

Pesan bisa berupa sebuah kata-kata, tulisan, gambaran, atau sebuah perantara lainnya, asalkan pesan itu merupakan informasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.

3. Sarana

Unsur-unsur komunikasi selanjutnya adalah sarana atau media perantara. Sarana komunikasi ini menjadi penyalur pesan dalam sebuah proses komunikasi. Tanpa adanya sarana, tentunya pesan komunikasi tidak bisa disalurkan dengan baik.

Penentuan sarana ini tergantung pada jenis komunikasi yang dilakukan. Misalnya pada komunikasi tidak langsung bisa melakukan proses komunikasi lewat sarana aplikasi berkirim pesan seperti WhatsApp dan sebagainya.

4. Komunikan

Jika ada pengirim atau komunikator, tentu juga ada penerima pesan atau komunikan. Komunikan merupakan sebutan bagi pihak yang menerima pesan yang disampaikan oleh komunikator dalam sebuah proses komunikasi.

Komunikan bisa terdiri dari 1 orang atau lebih, bisa juga dalam bentuk kelompok. Nantinya pesan yang disampaikan oleh komunikator akan diterima oleh komunikan ini.

5. Umpan Balik

Setelah pesan diterima oleh komunikan, maka akan ada unsur umpan balik atau feedback. Dalam proses komunikasi, umpan balik merupakan reaksi atau jawaban dari penerima pesan terhadap pesan yang telah disampaikan oleh pengirim pesan.

Pada bentuk komunikasi 2 arah yang dinamis, saling bertukar pesan dan umpan balik akan terus dilakukan satu sama lain, baik oleh pihak komunikator dan pihak komunikan.

6. Dampak

Unsur komunikasi yang terakhir adalah dampak atau efek yang ditimbulkan. Yang dimaksud dampak adalah adanya perbedaan yang dialami komunikan antara sebelum dan sesudah menerima pesan, bisa berupa sikap, tingkah laku, pengetahuan, dan reaksi lain.

Misalnya komunikator A mengirim pesan pada komunikan B untuk berhati-hati di jalan, kemudian dampaknya komunikan B pun berhati-hati jalan, sehingga bisa dibilang komunikator berhasil menyampaikan pesan dengan baik.

Nah itulah referensi 6 unsur-unsur komunikasi beserta pengertian dan penjelasannya secara lengkap. Unsur-unsur tersebut selalu ada pada setiap proses komunikasi yang dilakukan, apa pun jenisnya.

Tinggalkan komentar