Pengertian Kesegaran Jasmani dan Definisinya Menurut Para Ahli

Pengertian Kesegaran Jasmani dan Definisinya Menurut Para Ahli

Pengertian kesegaran jasmani – Apa itu kesegaran jasmani? Dalam kehidupan sehari-hari, kita butuh melakukan latihan kesegaran jasmani untuk membuat tubuh kita tetap sehat. Aktifitas sehari-hari yang kita lakukan penting agar tubuh kita segar dan bugar setiap saat.

Kesegaran jasmani berkaitan dengan kesehatan ketika aktivitas fisik dapat dilakukan tanpa kelelahan berlebihan. Memiliki kesegaran jasmani yang terjaga tentu akan membuat tubuh lebih sehat, bugar dan terhindar dari resiko penyakit lebih awal.

Istilah kesegaran jasmani diidentikkan dengan kebugaran jasmani. Keduanya memiliki definisi yang hampir mirip satu sama lain. Kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa merasa lelah yang berarti.

Sementara pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan terhadap pembebanan fisik yang diberikan. Adapun komponen kesegaran jasmani meliputi daya tahan jantung dan paru-paru, daya tahan otot, ketahanan, kelenturan serta kekuatan otot.

(baca juga pengertian etnosentrisme)

pengertian kesegaran jasmani

Pengertian Kesegaran Jasmani

Apa yang dimaksud kesegaran jasmani? Berikut adalah beberapa pengertian dan definisi kesegaran jasmani, baik menurut KBBI, arti secara umum maupun berdasarkan pendapat para ahli.

Definisi Kesegaran Jasmani Secara Umum

Pengertian kesegaran jasmani secara umum adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan pekerjaan sehari hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

Arti Kesegaran Jasmani Menurut KBBI

Pengertian kesegaran jasmani menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) terdiri dari dua kata, yakni kesegaran dan jasmani. Kesegaran berarti keadaan (hal, sifat, dan sebagainya) segar atau kesehatan. Sementara arti jasmani adalah tubuh atau badan.

Pengertian Kesegaran Jasmani Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi dan pengertian kebugaran jasmani menurut pendapat para ahli di bidangnya masing-masing.

Menurut Pusat Pengembangan Kesegaran Jasmani

Berdasarkan teori Pusat Pengembangan Kesegaran Jasmani, pengertian kebugaran jasmani adalah kondisi jasmani yang bersangkut paut dengan kemampuan dan kesanggupannya berfungsi dalam pekerjaan secara optimal dan efisien.

Menurut Roji

Menurut teori Roji (2004), kesegaran jasmani adalah satu aspek fisik dari kebugaran menyeluruh. Kesegaran jasmani memberikan kesanggupan kepada seseorang untuk melakukan pekerjaan produktif sehari-hari tanpa adanya kelelahan berlebihan dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya dengan baik maupun melakukan pekerjaan yang mendadak.

Menurut Council Physical Fitness and Sport

Pengertian kesegaran jasmani menurut the Presidents Council Physical Fitness and Sport adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas sehari-hari dengan giat dan dengan penuh kewaspadaan, tanpa mengalami kelelahan yang berat dan dengan energi yang cukup untuk menikmati waktu senggangnya dan menghadapi hal-hal yang darurat yang tidak terduga sebelumnya.

Menurut Mochmad Sajoto

Arti kesegaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dengan mengeluarkan energi yang cukup besar, guna memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang serta untuk memenuhi keperluan darurat bila sewaktu-waktu diperlukan.

Menurut Prof. Soedjatmo Soemowardoyo

Kesegaran jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuhnya dalam batas fisologi terhadap lingkungan (ketinggian, kelembapan suhu, dan sebagainya) dan atau kerja fisik dengan yang cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan.

Menurut Wahjoedi

Menurut Wahjoedi, arti kesegaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan tugas dan pekerjaan seharihari dengan giat, tanpa mengalami kelelahan yang berarti serta cadangan energi yang masih tersisa, masih mampu menikmati waktu luang dan menghadapi hal-hal darurat yang tak terduga sebelumnya.

Menurut Engkos Kosasih

Arti kesegaran jasmani menurut Engkos Kosasih pada 1983 yaitu seseorang dikatakan dalam keadaan fit (memiliki kesegaran jasmani) apabila seseorang cukup mempunyai kekuatan (strenght), kemampuan (ability), kesanggupan, daya kreasi dan daya tahan untuk melakukan pekerjaan dengan efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti.

Menurut Sadoso Sumosardjono

Kesegaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menuaikan tugas sehari-hari dengan gampang tanpa lelah yang berlebihan, serta masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggang dan untuk keperluan mendadak.

Menurut Endang Rini S. dan Fajar Sri W.

Definisi kesegaran jasmani menurut Endang Rini dan Fajar Sri pada tahun 2008, yaitu ketika orang bugar adalah mereka yang dapat menikmati hidup dan kehidupanya, baik secara fisik, mental, emosional dan sosial (total fitness)..

Menurut T. Cholik Muthohir

Kebugaran atau kesegaran jasmani menurut pendapat T. Cholik Muthohir di tahun 1999, merupakan kondisi yang mencerminkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan produktif tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

Menurut Ichsan

Kesegaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk melaksanakan tugas sehari-hari dengan kesungguhan dan tnggung jawab, tanpa memiliki rasa lelah dan penuh semangat untuk menikmati penggunaan waktu luang dan menghadapi kemungkinan berbagai bahaya dimasa yang akan datang

Menurut Djoko Pekik Irianto

Pendapat Djoko Pekik Irianto pada tahun 2004 mengemukakan bahwa kesegaran jasmani merupakan kemampuan fisik seseorang untuk dapat melakukan kerja sehari-hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan, sehingga masih dapat menikmati waktu luangnya.

Nah itulah penjelasan mengenai definisi dan pengertian kesegaran jasmani menurut para ahli dan secara umum. Selain istilah kebugaran jasmani, juga ada istilah kebugaran jasmani. Semoga info tersebut bisa menjadi sumber referensi dan menambah wawasan.

Tinggalkan komentar