Pengertian Pancasila Secara Umum, Etimologis dan Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Pancasila Secara Umum, Etimologis dan Menurut Para Ahli Lengkap

Kali ini akan diulas pengertian pancasila secara umum, etimologis dan menurut para ahli. Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia dan merupakan rumusan serta pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila merupakan sebuah kesepakatan bersama bangsa Indonesia yang mementingkan semua komponen. Pancasila memiliki lambang burung garuda, di dalamnya terdapat gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas yang masing masing mencerminkan arti dari setiap sila-sila pancasila.

Pancasila tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945 yang isinya terdiri dari Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut dari ketetapan MPR No.III /MPR/2000, pancasila adalah sumber dasar hukum nasional. Jadi, bisa dikatakan bahwa pancasila sebagai dasar mengatur penyelenggaraan dalam pemerintahan negara indonesia.

pengertian pancasila

Pengertian Pancasila Secara Etimologis

Secara etimologi, nama pancasila terdiri dari dua kata yang berasa dari bahasa Sanskerta, yaitu pañca berarti lima dan śīla yang berarti prinsip, dasar atau asas. Jadi secara harfiah, “Pancasila” dapat diartikan sebagai “lima dasar”.

Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Selain penjelasan mengenai apa arti pancasila secara umum, berikut ini beberapa pengertian pancasila menurut para ahli yang merupakan tokoh tokoh bangsa Indonesia,

Muhammad Yamin

Pancasila berasal dari kata Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti sendi, atas, dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikian Pancasila merupakan lima dasar yang berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan baik.

Notonegoro

Pancasila adalah dasar falsafah negara indonesia, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Pancasila merupakan dasar falsafah dan ideologi negara yang diharapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan serta sebagai pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

Ir. Soekarno

Pancasila adalah isi jiwa bangsa Indonesia yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh kebudayaan Barat. Dengan demikian, Pancasila tidak saja falsafah negara, tetapi lebih luas lagi, yakni falsafah bangsa Indonesia.

Fungsi Pancasila

Pancasila sebagai dasar dan falsafah bangsa memiliki banyak sekali fungsi, berikut ini beberapa diantaranya,

  • Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia
  • Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia
  • Sebagai Sumber dari Segala Hukum
  • Sarana Pemersatu Masyarakat
  • Sebagai Identitas Nasional
  • Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia
  • Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia
  • Menjadi Falsafah Hidup Bangsa
  • Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia
  • Sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia
  • Sebagai Paradigma Pembangunan Nasional

Demikianlah ulasan tentang pengertian pancasila secara umum, etimologi dan menurut para ahli lengkap beserta fungsinya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memahami apa itu pancasila.

Tinggalkan komentar