Pengertian Akuntansi Beserta Arti, Fungsi dan Definisinya [Lengkap]

Pengertian Akuntansi Beserta Arti, Fungsi dan Definisinya [Lengkap]

Pengertian akuntansi – Akuntansi adalah proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah serta menyajikan data, mencatat transaksi apapun yang berhubungan dengan keuangan. Fungsi akuntansi penting untuk memberi informasi dan sebagai bahan pengambilan keputusan.

Akuntansi sangat umum diterapkan dalam dunia bisnis dan industri. Peran akuntansi juga bisa diaplikasikan pada bidang pemerintahan, politik, sosial, budaya dan organisasi lainnya. Adapun orang yang menjalankan tugas-tugas akuntansi disebut sebagai seorang akuntan.

Tujuan akuntansi secara umum adalah memberikan informasi mengenai keuangan, baik itu aktiva maupun passiva perusahaan, pada pihak-pihak terkait. Penyusunan laporan keuangan menjadi tugas akuntansi yang paling umum dan paling dasar.

Ada banyak manfaat akuntansi, antara lain sebagai informasi keuangan untuk pihak yang membutuhkan, sebagai bahan evaluasi keuangan, sebagai bukti keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan, serta membantu pencatatan ekonomi suatu keluarga, perusahaan atau lembaga.

(baca juga pengertian administrasi)

pengertian akuntansi

Pengertian Akuntansi

Berikut ini akan dijelaskan pengertian akuntansi menurut para ahli, arti akuntansi menurut KBBI serta definisi akuntansi secara umum.

Arti Akuntansi Menurut KBBI

Pengertian akuntansi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah teori dan praktik perakunan, termasuk tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan), dan semua kegiatannya.

Akuntansi juga diartikan sebagai seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Definisi Akuntansi Secara Umum

Pengertian akuntansi secara umum adalah proses pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas, dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Definisi akuntansi secara singkat adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan dalam perusahaan, lembaga atau organisasi tertentu.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian dan definisi akuntansi menurut para ahli beserta penjelasan lengkapnya.

Menurut Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison

Pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi sebuah laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

Menurut Littleton (2002)

Pengertian akuntansi menurut Littleton adalah aktivitas yang bertujuan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Hal ini merupakan inti dari teori akuntansi sebagai ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

Menurut Kieso dan Weygandt (2016)

Arti akuntansi menurut Kieso dan Weygandt adalah sebuah sistem informasi yang dimulai dari menklasifikasi, pencatatan dan mengkomunikasikan segala kejadian ekonomi dari organisasi atau perusahaan ke pihak yang mempunyai kepentingan atas informasi tersebut.

Menurut Warren dkk (2005)

Definisi akuntansi menurut Warren dkk adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Menurut Kusnadi (2000)

Pengertian akuntansi menurut Kusnadi adalah suatu seni atau keterampilan mengolah transaksi atau kejadian yang setidak-tidaknya dapat diukur dengan uang menjadi laporan keuangan dengan cara sedemikian rupa sistematisnya berdasarkan prinsip yang diakui umum sehingga para pihak yang berkepentingan atas perusahaan dapat mengetahui posisi keuangan dan hasil operasinya pada setiap waktu diperlukan dan daripadanya dapat diambil keputusan maupun pemilihan berbagai alternatif di bidang ekonomi.

Menurut Rudianto

Arti akuntansi menurut Rudianto adalah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

Menurut Wilopo (2005)

Menurut Wilopo, akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Menurut C. West Churman

Definisi akuntansi adalah pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.

Menurut Hans Kartikahadi (2016)

Akuntansi adalah suatu sistem informasi keuangan, yang bertujuan untuk menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan bagi berbagai pihak yang berkepentingan.

Menurut Abu Bakar A dan Wibowo

Akuntansi didefinisikan sebagai suatu proses mencatat, mengidentifikasi dan mengkomunikasikan semua transaksi ekonomi perusahaan.

Menurut Suparwoto L (1990)

Pengertian akuntansi menurut Suparwoto adalah suatu sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan, bisa berupa investor, kreditur pemerintah, serikat buruh, dan lainnya.

Menurut S. Munawir (2005)

Munawir menyatakan bahwa pengertian akuntansi adalah sebuah seni daripada pencatatan, penggolongan dan peringkasan dari pada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian dan setidak-tidaknya sebagaian sifatnya keuangan dengan cara yang secepat-cepatnya dan petunjuk atau dinyatakan dengan uang, dan penafsiran terhadap hal-hal yang timbul dari padanya.

Menurut Sophar Lumbantoruan.

Definisi akuntansi merupakan alat yang digunakan sebagai bahasa bisnis dimana informasi yang disampaikan hanya mampu dipahami jika mekanisme akuntansi telah dimengerti.

Menurut Mulyadi

Arti akuntansi menurut Mulyadi didefinisikan sebagai organisasi formulir, catatan serta laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.

Menurut Horngern (2000)

Menurut Horngern, pengertian akuntansi adalah sebagai proses pencatatan, pengukuran dan penyampaian-penyampaian informasi ekonomi agar dapat dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijaksanaan.

Menurut Dr. M. Gede

Akuntasi menurut Dr. M. Gede adalah suatu ilmu pengetahuan terapan dan seni pencatatan yang dilakukan secara terus menerus menurut aturan dan sisitemnya, pengolahannya dan analisa catatan tersebut dapat tersusun dalam bentuk laporan keuangan sebagai suatu alat pertanggungjawaban dari pimpinan perusahaan maupun lembaga terhadap hasil kerjanya.

Menurut Paul Grady

Definisi akuntansi adalah sebuah body of knowledge serta mempunyai fungsi organisasi secara tersusun, orisinil, otentik, menganalisa dan menafsirkan seluruh kejadian dan transaksi serta analisa keuangan yang akan terjadi dalam kegiatan akuntansi untuk menyediakan informasi yang diutuhkan manajemen tentang semua laporan dan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang diterimanya.

Menurut Arnold

Menurut Arnold, akuntansi adalah suatu sistem untuk memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

Menurut Sunyanto (1999)

Arti akuntansi adalah suatu tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian/pelaporan dari transaksi-transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya guna pengambilan keputusan.

Menurut Frederich D.S. Choi dan Gerhard G. Mueller

Akuntansi adalah sebuah proses pengindentifikasian, pengukuran dan pengkomunikasian informasi ekonomi supaya memungkinkan pemakai untuk membuat pertimbangan dan keputusan-keputusan.

Menurut Winarno (2006)

Pengertian akuntansi ialah suatu proses mencatat dan mengolah data transaksi dan menyajikan sebuah informasi kepada pihak-pihak yang berhak dan berkepentingan.

Menurut Soemarsono S.R (2004)

Menurut Soemarsono, pengertian akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang memakai informasi tersebut.

Menurut Henry Simamora (2005)

Definisi akuntansi adalah sebuah proses pengukuran kegiatan ekonomi suatu entitas dalam satuan uang dan mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak yang bersangkutan.

Menurut Firdaus A. Dunia

Akuntansi adalah sebagai suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada berbagai pemakai atau pembuat keputusan mengenai kegiatan bisnis dari suatu kesatuan ekonomi.

Menurut Sofyan Harahap (2005)

Akuntansi menurut Sofyan Harahap diartikan sebagai proses mengidentifikasikan, mengukur, dan menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi dalam hal mempertimbangkan berbagai alternatif dalam mengambil sebuah kesimpulan oleh para pemakainya.

Menurut Zaki Baridwan (2000)

Pengertian akuntansi adalah sebuah aktivitas jasa, fungsinya yaitu memberikan data-data kuantitatif, utamanya yang mempunyai sifat keuangan, dari usaha ekonomi yang dapat dipakai dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam mempunyai alternatif-alternatif dalam suatu keadaan.

Menurut Slamet Sugiri dan Bogat Agus Riyono (2008)

Arti akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang fungsinya ialah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, tentang entitas ekonomik yang dimaksud supaya berguna dalam pengambilan keputusan ekonomik dalam pengambilan pilihan-pilihan peralasan dari berbagai tindakan alternatif.

Menurut Bastian dan Suharjono (2006)

Akuntansi merupakan seni mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkan transaksi serta peristiwa yang sifatnya keuangan dengan suatu cara yang bermakna dan dalam satuan uang serta menginpretasikan hasil-hasilnya.

Menurut Kohler’s Dictionary

Definisi akuntansi menurut Kohler’s Dictionary adalah suatu seni pencatatan dari proses transaksi keuangan

Menurut American Accounting Association (AAA)

Definisi akuntansi menurut American Acounting Association (AAA) adalah sistem pengidentifikasian dan pengukuran untuk memberikan laporan info ekonomi dan penilaiannya.

Menurut Accounting Principle Board (ABP)

Pengertian akuntansi menurut Accounting Principle Board (APB) adalah suatu aktivitas jasa yang fadalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang memiliki sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis di antara berbagai tindakan alternatif.

Menurut American Insititue of Certified Public Accounting (AICPA)

Definisi akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accounting (AICPA) adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

Nah itulah referensi pengertian akuntansi menurut para ahli serta arti dan definisinya secara umum. Semoga bisa menjadi referensi dan menambah wawasan pengetahuan.

Tinggalkan komentar