10+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

10+ Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup

Fungsi Pancasila – Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia. Terdapat 5 sila dalam isi Pancasila yang mencerminkan nilai-nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Selain fungsi Pancasila sebagai dasar negara, ada juga manfaat dan tujuan Pancasila lain sebagai jiwa bangsa, falsafah negara, sumber hukum, ideologi negara dan lain sebagainya.

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Istilah Pancasila diambil dari bahasa Sansakerta, yakni panca yang berarti lima serta sila yang berarti prinsip atau asas. Bisa dibilang pengertian Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terdapat 5 sila isi Pancasila yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Isi Pancasila juga tercantum pada paragraf ke-4 teks pembukaan UUD 1945. Perumusan Pancasila sebagai dasar negara disahkan pada hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Sebagai masyarakat Indonesia kita harus mengamalkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Fungsi dan peran Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara saja, tapi juga sebagai ideologi negara, falsafah negara dan jiwa bangsa. Pancasila juga menjadi wujud kepribadian bangsa serta cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia. Apa saja manfaat dan tujuan Pancasila yang lain?

(baca juga lambang Pancasila dan artinya)

tujuan, peran, fungsi pancasila

Fungsi Pancasila

Berikut ini adalah fungsi dan tujuan Pancasila secara umum dilihat dari berbagai aspek, antara lain sebagai dasar negara, sebagai ideologi negara, sebagai pandangan hidup, sebagai jiwa bangsa, sebagai kepribadian bangsa, sebagai perjanjian luhur, sebagai sumber hukum, sebagai cita-cita dan tujuan bangsa dan sebagai falsafah hidup.

1. Fungsi Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

Peran Pancasila yang utama berfungsi sebagai dasar negara. Dasar negara merupakan alas atau fundamen yang menjadi pijakan dan mampu memberikan kedudukan kepada berdirinya sebuah negara. Negara Indonesia dibangun juga berdasarkan pada suatu landasan yakni Pancasila.

Sebagai dasar negara, Pancasila merupakan sumber kaidah hukum yang mengatur negara Republik Indonesia, termasuk didalamnya seluruh unsur-unsurnya yakni pemerintah, wilayah dan rakyat. Pancasila dalam  kedudukannya merupakan dasar pijakan penyelenggaraan negara dan seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara Republik Indonesia.

2. Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Pancasila berfungsi sebagai ideologi bangsa Indonesia. Ideologi artinya adalah gagasan, konsep dan cita-cita sebagai ilmu pengertian dasar. Dengan kata lain, Pancasila merupakan ideologi negara dimana pada hakekatnya merupakan hasil perenungan atau pemikiran bangsa Indonesia.

Pancasila memiliki nilai-nilai dari adat-istiadat yang terdapat dalam pandangan hidup tiap masyarakat Indonesia. Sebagai ideologi negara, Pancasila merupakan suatu hal yang harus tertanam di setiap jiwa masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

3. Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Pancasila juga berfungsi sebagai pandangan hidup bansa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila dijadikan pedoman hidup bangsa Indonesia dalam mencapai kesejahteraan lahir dan batin dalam masyarakat yang heterogen atau beraneka ragam.

Pancasila juga mengatur cara pandang bangsa Indonesia sebagai petunjuk kehidupan sehari-hari. Segala bentuk cita-cita moral bangsa dan bentuk budaya Indonesia harus bersumberkan dari Pancasila selaku pedoman hidup bangsa Indonesia.

4. Fungsi Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia

Pancasila berfungsi sebagai jiwa bangsa Indonesia. Apa maksudnya? Tiap bangsa memiliki jiwa masing-masing yang disebut jiwa bangsa atau jiwa rakyat. Pancasila sebagai jiwa bangsa lahir bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia itu sendiri.

Nilai-nilai Pancasila pun menjadi cerminan jiwa bangsa Indonesia yang sudah ada sejak dulu. Meski Pancasila baru disahkan saat kemerdekaan, namun butir-butir Pancasila bahkan sudah ada sejak sebelum kemerdekaan dan tertanam di bangsa Indonesia.

5. Fungsi Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia

Pancasila berfungsi sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Artinya Pancasila memberi ciri khas dan corak bangsa Indonesia yang membedakan dengan bangsa lain, baik dari sikap mental maupun tingkah lakunya yang menjadi perwujudan nilai-nilai Pancasila.

Singkatnya Pancasila juga berfungsi sebagai identitas bangsa yang harus dibanggakan dan ditanamkan sebagai kepribadian bagi masyarakat Indonesia. Pancasila pun akan tetap kokoh sebagai kepribadian bangsa Indonesia sampai seterusnya.

6. Fungsi Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur

Pancasila juga menjadi perjanjian luhur bangsa Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan perumusan Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi salah satu hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. PPKI sendiri adalah Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang mempersiapkan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Para pendiri bangsa telah menetapkannya sebagai dasar negara yang harus terus dijaga sampai sekarang. Pancasila sebagai warisan para intelektual bangsa dan perjanjian luhur harus tetap dijaga dan dipertahankan oleh bangsa Indonesia saat ini.

7. Fungsi Pancasila Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum

Pancasila juga berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia. Apa maksud dari fungsi Pancasila ini? Artinya segala peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia harus bersumberkan dari Pancasila.

Setiap hukum yang berlaku juga tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Tiap sila-sila yang ada di Pancasila adalah nilai dasar, sedangkan hukum adalah nilai instrumental atau penjabaran dari sila Pancasila tersebut.

8. Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Bangsa Indonesia

Pancasila juga berfungsi sebagai cita-cita dan tujuan yang harus dicapai dan diwujudkan oleh bangsa Indonesia. Hal ini ditandai dengan termuatnya isi Pancasila di pembukaan UUD 1945.

Maka dari itu, Pancasila merupakan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia. Cita-cita inilah yang menjadi tujuan bangsa, menciptakan masyarakat yang adil dan makmur berlandaskan Pancasila.

9. Fungsi Pancasila Sebagai Falsafah Hidup Bangsa Indonesia

Pancasila juga berfungsi sebagai falsafah hidup yang mempersatukan bangsa Indonesia. Pancasila dianggap mencerminkan filosofi yang dianut oleh bangsa Indonesia dalam kelima silanya sehingga sesuai diterapkan sebagai ideologi negara.

Isi dari Pancasila mengandung nilai falsafah dan kepribadian bangsa sesuai norma-norma bangsa Indonesia yang diyakini paling benar, adil, bijaksana dan tepat untuk mempersatukan rakyat Indonesia.

10. Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Setiap manusia di dunia pasti mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup adalah suatu wawasan menyeluruh terhadap kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur.

Pandangan hidup berfungsi sebagai pedoman untuk mengatur hubungan manusia dengan sesama lingkungan dan mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya sehingga termasuk fungsi-fungsi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nah itulah referensi fungsi dan tujuan Pancasila yang didasarkan pada berbagai aspek, misalnya sebagai dasar negara, sebagai pandangan hidup, sebagai jiwa bangsa, sebagai perjanjian luhur dan lain sebagainya. Semoga info manfaat Pancasila tersebut bisa menjadi referensi.

Tinggalkan komentar