Pengertian Asimilasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Asimilasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Kali ini akan diulas pengertian asimilasi secara umum dan menurut para ahli lengkap beserta faktor pendorong, faktor penghalang dan sarat syarat terjadinya proses asimilasi. Kata asimilasi adalah istilah yang berasal dari Bahasa Inggris yaitu “assimilation”.

Secara umum, asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Asimilasi ditandai oleh usaha untuk mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok berupa upaya untuk mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan dengan memperhatikan kepentingan serta tujuan bersama.

Asimilasi bisa juga diartikan sebagai proses penyesuaian sifat-sifat asli yang dimiliki dengan sifat-sifat lingkungan sekitar. Sifat-sifat tersebut pada akhirnya akan membentuk keteraturan sosial, termasuk budaya dan kebiasaan dikarenakan ada pembaharuan yang dianggap sesuai.

Hasil dari proses asimilasi yaitu semakin tipisnya batas perbedaan antar individu dan antar kelompok dalam suatu kelompok. Selanjutnya, individu melakukan identifikasi diri dengan kepentingan bersama. Artinya, menyesuaikan kemauannya dengan kemauan kelompok. Demikian pula antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain.

pengertian asimilasi

Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

Selain penjelasan diatas, para ahli dan pakar berbeda beda dalam mendefinisikan apa itu asimilasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kumpulan pengertian asimilasi menurut  para ahli secara lengkap,

Koentjaraningrat (1996)

Asimilasi adalah proses perubahan sosial dalam masyarakat yang terjadi karena adanya perkembang dan hubungan interaksi sosial yang terus menerus dan serius. Kondisi tersebut pada akhirnya mendorong masyarakat untuk membaurkan kebudayaan yang ada dalam upaya mengakomodir semua pihak dalam menata bentuk keteratauran sosial yang sudah ada.

Seymour Smith

Definisi asimilasi adalah tahap kedua dari proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat. Adapun dalam pandanganya, terbentuk asimilasi di latar belakangi dengan akulturasi terlebih dahulu. Hal ini sebagai syarat mutlak menciptkan kebudayaan baru dan diterima masyarakat, tanpa adanya konflik sosial.

Vander Zanden

Asimilasi adalah bagian dari sebuah proses antar kelompok dalam melakukan interaksi sosial dari mulai berfikir, saling menghargai, bertindak yang memungkinkan mereka untuk berbaur dengan memiliki satu identitas baru sebagai kesatuan sosial.

Garbarino

Asimilasi adalah istilah yang dipergunakan untuk memberikan penjelasan mengenai penggabungan dua unsur kebudayaan dalam masyarakat. Asimilasi dalam arti ini, lebih sederhana dan singkat. Lantaran dalam pandangan garbarino, pengertian asimilasi adalah kata serapan atau campuran keinginanan-keinginan masyarakat.

Alvin L Bertrand

Arti asimilasi adalah proses tingkatan sosial lanjut yang muncul dikarenakan adanya kelompok ataupun golongan masyarakat yang memiliki perbedaan antar budaya saling berinteraksi secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama yang kemudian menghasilkan perubahan kebudayaan baik dari unsur maupun secara keseluruhannya dan menjadi sebuah budaya yang baru.

Ogburn dan Nimkoff

Asimilasi merupakan proses masuknya pengaruh budaya ke budaya lain serta hasil dari peleburan maupun interaksi antar individu maupun kelompok yang memiliki sejarah, baik dari memorial, maupun sikap yang kemudian dipersatukan dalam interaksi bertahap membentuk budaya baru.

James Danandjaja

Pengertian asimilasi adalah sebuah proses penyesuaian antar kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan berbeda dengan identitas dan ciri khas tersendiri yang lambat laun mengalami kemunduran budaya dari salah satu golongan dang menghadirkan budaya baru.

Dejun Su, Chad Ricahrdson dan Guang Zen Wang

Asimilasi budaya adalah salah satu proses terjadinya perubahan budaya secara kompleks dan waktu yang cukup lama serta bersifat keanekaragaman dengan melibatkan kelompok masyarakat seperti imigran ataupun pendatang yang kemudian terjadi interaksi sosial dengan masyarakat asli dan mempelajari budaya dan kemudian menghasilkan budaya baru.

Milton M. Gordon

Milton M. Gordon menjelaskan apa yang dimaksud dengan Asimilasi dalam sebuah buku karangan Human Nature, Class, and Ethnicity (1978), didalamnya dikatakan bahwa asimilasi dapat menjadi bagian dari akulturasi budaya. Ia menambahkan jika tak akan ada asimilasi tanpa ada akulturasi terlebih dahulu yang merupakan sebuah tahapan dari perubahan pola budaya dari kelompok tertentu.

Syarat Syarat Asimilasi

  • Terdapat sejumlah kelompok yang memiliki kebudayaan berbeda.
  • Terjadi interkasi sosial dan pergaulan yang terjadi antara inividu dan kelompok sosial, secara terus menerus, dan intensif.
  • Kebudayaan yang ada di setiap contoh kelompok sosial di masyarakat berubah-ubah dalam upaya penyesuaikan diri dengan perkembangan, termasuk penyesuaian dengan kondisi globalisasi yang terjadi.

Faktor Pendorong Asimilasi

  • Toleransi di antara sesama kelompok yang berbeda kebudayaan
  • Kesempatan yang sama dalam bidang ekonomi
  • Kesediaan menghormati dan menghargai orang asing dan kebudayaan yang dibawanya.
  • Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat
  • Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan universal
  • Perkawinan antara kelompok yang berbeda budaya
  • Mempunyai musuh yang sama dan meyakini kekuatan masing-masing untuk menghadapi musuh tersebut.

Faktor Penghalang Asimilasi

  • Kelompok yang terisolasi atau terasing (biasanya kelompok minoritas)
  • Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan baru yang dihadapi
  • Prasangka negatif terhadap pengaruh kebudayaan baru. Kekhawatiran ini dapat diatasi dengan meningkatkan
  • fungsi lembaga-lembaga kemasyarakatan
  • Perasaan bahwa kebudayaan kelompok tertentu lebih tinggi daripada kebudayaan kelompok lain. Kebanggaan
  • berlebihan ini mengakibatkan kelompok yang satu tidak mau mengakui keberadaan kebudayaan kelompok lainnya
  • Perbedaan ciri-ciri fisik, seperti tinggi badan, warna kulit atau rambut
  • Perasaan yang kuat bahwa individu terikat pada kebudayaan kelompok yang bersangkutan
  • Golongan minoritas mengalami gangguan dari kelompok penguasa

Demikianlah ulasan tentang pengertian asimilasi secara umum dan menurut para ahli lengkap beserta faktor pendorong, faktor penghalang dan syarat syaratnya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi dalam memahami apa itu asimilasi secara benar.

Tinggalkan komentar