contoh asimilasi

18+ Contoh Asimilasi dalam Kehidupan Sehari-Hari di Indonesia

Contoh asimilasi – Asimilasi adalah penyesuaian (peleburan) sifat asli yang dimiliki dengan sifat lingkungan sekitar, umumnya mengacu pada asimilasi kebudayaan. Terdapat banyak contoh asimilasi di Indonesia yang bisa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari sebagai hasil perpaduan dengan budaya lain.

Secara umum, pengertian asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Asimilasi ditandai adanya usaha untuk mengurangi perbedaan antara orang atau kelompok untuk mempererat kesatuan tindakan, sikap, dan perasaan tertentu.

Asimilasi berbeda dengan akulturasi. Mengacu pada definisinya, akulturasi masih mempertahankan budaya lama yang diserap, sedangkan asimilasi cenderung menghilangkan unsur budaya lama guna menghasilkan budaya baru hasil asimilasi itu sendiri.

Contoh asimilasi pun dapat dijumpai pada kehidupan sehari-hari pada berbagai sektor dan bidang, seperti pakaian, gaya hidup, agama, seni musik, pendidikan, sosial, ekonomi, arsitektur, bahasa, adat istiadat, dan lain sebagainya.

(baca juga contoh akulturasi)

contoh asimilasi

Contoh Asimilasi

Berikut ini adalah contoh-contoh asimilasi budaya yang pernah terjadi di Indonesia dilihat dari berbagai sektor dan kategori di kehidupan sehari-hari dari dulu sampai sekarang.

Pernikahan Antar Etnis

Contoh asimilasi yang paling mudah ditemui adalah pernikahan beda etnis dan ras. Dua orang beda ras yang menikah akan menghasilkan keturunan campuran atau blasteran, misalnya seperti pasangan Indo-Belanda, Indo-Arab, Indo-Prancis, dan sebagainya.

Kosa Kata Serapan

Asimilasi dalam bidang bahasa dapat dilihat pada banyaknya contoh kata serapan yang diambil dari bahasa asing. Yang paling banyak diserap dari bahasa Inggris, misalnya seperti bisnis (business), diskon (discount), ekonomi (economy), foto (photo), komputer (computer), nasional (national), roket (rocket), dan sebagainya.

Seni Musik Dangdut

Asimilasi juga dapat ditemui di bidang musik. Misalnya, percampuran antara musik melayu dengan pengaruh musik India kemudian menghasilkan genre musik baru yakni dangdut yang pertama populer di Indonesia pada akhir tahun 60an.

Musik Hip Hop Jawa

Musik hip hop dikenal sebagai budaya Amerika dengan teknik menyanyi rap. Musik hip hop kemudian dikombinasikan dengan budaya Jawa sehingga menghasilkan sub-genre hip hop Jawa. Hip hop Jawa menggunakan lirik bahasa Jawa dengan instrumen musik daerah.

Bangunan Masjid

Contoh asimilasi dapat dilihat pada masjid dengan corak Tionghoa. Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam, namun menggunakan corak Tionghoa khas agama Konghucu sehingga menghasilkan proses asimilasi yang unik.

Seni Kaligrafi

Seni kaligrafi merupakan budaya Islam berupa seni aksara indah dengan huruf bahasa Arab. Kesenian ini kemudian dipadukan dengan budaya Jawa sehingga menghasilkan kaligrafi Jawa yang unik. Bentuk kaligrafi ini kemudian diimplementasikan di daerah lainnya di Indonesia.

Pakaian Kebaya dan Jilbab

Contoh asimilasi pada cara berpakaian bisa dilihat ketika cara berpakaian wanita Arab yang menggunakan jilbab, dipadu dengan pakaian kebaya khas Indonesia. Akhirnya banyak wanita Indonesia yang berkebaya dan juga berjilbab, sehingga menghasilkan gaya berpakaian yang baru.

Pakaian Baju Koko

Penggunaan baju koko oleh umat Islam juga termasuk contoh asimilasi budaya. Awalnya baju koko adalah pakaian khas bangsa China sejak zaman dahulu. Namun budaya pakaian ini kemudian diserap hingga kini menjadi baju koko bagi muslim.

Arsitektur

Pada bidang arsitektur dan seni bangunan juga banyak dijumpai contoh asimilasi budaya. Corak rumah-rumah dan gedung lokal di beberapa daerah banyak dikombinasikan dengan arsitektur Eropa agar terlihat lebih modern dan bagus.

Ritual dan Tradisi

Di zaman dahulu, Indonesia menganut keyakinan Animisme-Dinamisme dan sering mengadakan ritual sesajen. Setelah agama Islam datang, ritual-ritual tersebut kemudian melebur dengan budaya Islam menjadi tradisi sedekah dan selametan seperti Sekaten dan sebagainya.

Prasasti Kuno

Asimilasi budaya dapat dilihat pada prasasti kuno peninggalan kerajaan Hindu dan Budha. Banyak prasasti kuno yang menggunakan aksara bahasa Palawa atau Sansakerta. Hal ini menjadi wujud asimilasi antara dua atau lebih budaya yang berbeda.

Makam

Di Indonesia, makam-makam warga yang beragama Islam banyak menggunakan tulisan Arab pada batu nisannya. Hal ini merupakan hasil asimilasi dari budaya lokal dan budaya Arab sehingga menggunakan nisan bertulisan Arab.

Linguistik

Asimilasi linguistik bisa dilihat dari bahasa asing dengan logat daerah tertentu. Misalnya orang Singapura yang berbahasa Inggris dengan logat melayu, menghasilkan gaya bahasa yang disebut Singlish. Begitu pula dengan logat orang India saat berbahasa Inggris.

Adat Pernikahan

Asimilasi budaya terjadi pada adat pernikahan juga. Kombinasi antara adat pernikahan Jawa yang dipadukan dengan budaya Arab kemudian akan melahirkan tradisi pernikahan baru, yakni dengan kombinasi budaya Jawa dan Islami.

Seni Tari

Contoh asimilasi pada seni tari dapat dilihat pada peleburan antara budaya Betawi dan budaya Tionghoa. Beberapa seni tari dihasilkan dari asimilasi dua kebudayaan tersebut, yakni Tari Congkek dan Tari Lenong. Keduanya masih dilestarikan sampai sekarang.

Cara Makan

Kebiasaan makan dengan menggunakan sendok dan garpu awalnya berasal dari bangsa Eropa. Hal ini kemudian ditiru oleh orang-orang Indonesia ketika bangsa Eropa menjajah Indonesia. Kini penggunaan sendok dan garpu untuk makan pun diterapkan sebagian besar warga Indonesia.

Interaksi Manusia

Contoh asimilasi di Indonesia juga meliputi interaksi antar manusia yang bisa dipengaruhi oleh perilaku bangsa lain. Misalnya saja budaya pacaran awalnya berawal dari orang-orang Eropa yang ditiru oleh para pemuda di Indonesia.

Metode Pendidikan

Asimilasi juga ada pada bidang pendidikan dan pembelajaran. Metode pendidikan di Indonesia banyak menggunakan sistem hafalan dan mengasah otak kiri, kemudian dipadu dengan metode pendidikan barat yang menekankan pemecahan masalah, sehingga menghasilkan kurikulum yang efektif.

Nah itulah referensi 18 contoh asimilasi di Indonesia beserta keterangan dan penjelasan lengkapnya. Ada banyak contoh asimilasi yang terjadi di Indonesia sebagai hasil perpaduan budaya dengan pengaruh budaya asing. Semoga bisa menambah referensi.

Tinggalkan komentar