3 Unsur Ekstrinsik Cerpen Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

3 Unsur Ekstrinsik Cerpen Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

Cerpen merupakan cerita pendek yang bisa dibaca dalam waktu singkat. Ciri-ciri cerpen adalah jumlah katanya kurang dari 10 ribu kata. Dalam cerpen, terdapat unsur-unsur baik unsur intrinsik cerpen maupun unsur ekstrinsik cerpen. Kali ini akan khusus dibahas mengenai unsur ekstrinsik cerpen.

Definisi cerpen adalah karangan fiktif yang berpusat pada 1 tokoh dengan konflik dan penyelesaiannya. Cerpen haruslah pendek, sesuai namanya yang merupakan singkatan dari cerita pendek. Selain itu ciri-ciri cerpen lain harus bisa dibaca dalam waktu singkat.

Terdapat unsur-unsur cerpen, baik itu unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen. Unsur intrinsik cerpen adalah unsur-unsur yang membentuk cerpen dari dalam. Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang membentuk cerpen dari luar.

Sebelumnya telah dibahas mengenai unsur intrinsik cerpen yang meliputi tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat. Lalu bagaimana dengan unsur ekstrinsik cerpen? Kali ini akan dijelaskan unsur-unsur ekstrinsik cerpen beserta pengertiannya.

(baca juga struktur cerpen)

unsur ekstrinsik cerpen

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Terdapat 3 unsur ekstrinsik cerpen yakni latar belakang masyarakat, latar belakang penulis dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Berikut merupakan unsur ekstrinsik cerpen beserta penjelasannya lengkap.

Latar Belakang Masyarakat

Unsur ekstrinsik pada cerpen salah satunya adalah latar belakang masyarakat. Unsur ini juga sering disebut sebagai unsur sosial.  Yang dimaksud unsur ini adalah faktor lingkungan masyarakat sekitar yang mempengaruhi penulis dalam membuat cerpen.

Hal-hal yang berkaitan dengan latar belakang masyarakat meliputi :

  • Ideologi negara
  • Kondisi politik
  • Kondisi sosial
  • Kondisi ekonomi

Latar Belakang Pengarang

Latar belakang pengarang juga termasuk salah satu unsur-unsur ekstrinsik cerpen. Unsur ini sering dikenal sebagai unsur biografi. Yang dimaksud unsur ini adalah hal-hal dan faktor dalam diri penulis yang mendorong dan memotivasinya untuk menulis cerpen.

Hal-hal yang berkaitan dengan latar belakang pengarang meliputi :

  • Riwayat hidup penulis
  • Kondisi psikologis
  • Aliran sastra penulis

Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Cerpen

Unsur ekstrinsik teks cerpen yang terakhir adalah nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen. Unsur ini sering dikenal sebagai unsur nilai. Nilai atau norma yang termasuk pesan moral yang melatarbelakangi dibuatnya cerpen.

Ada beberapa macam-macam nilai yang terkandung dalam cerpen meliputi :

  • Nilai agama
  • Nilai sosial
  • Nilai moral
  • Nilai budaya

Nah demikian referensi 3 unsur ekstrinsik cerpen beserta pengertian dan contohnya dalam cerita pendek selengkapnya. Secara umum ada 3 unsur intrinsik cerpen yaitu latar belakang masyarakat, latar belakang penulis dan nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen.

Tinggalkan komentar