16+ Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh dan Kualitas Hidup

16+ Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh dan Kualitas Hidup

Manfaat olahraga – Olahrgaa merupakan aktivitas fisik yang dilakukan dengan gerakan jasmani. Kita pati pernah melakukan olahraga, bisa jalan, berlari, bermain sepak bola, badminton, berenang, dan sebagainya. Ada banyak fungsi dan manfaat olahraga yang bisa kita dapatkan untuk kebugaran dan kesehatan tubuh.

Secara umum pengertian olahraga adalah bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Olahraga bisa dilakukan dengan berbagai cara dan metode, mulai dari lari, renang, sepak bola, basket, tinju, loncat tinggi, dan sebagainya.

Tujuan olahraga yang utama adalah untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Faktanya memang ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan aktivitas fisik atau berolahraga, yang sudah dibuktikan lewat penelitian yang dilakukan para ahli.

(baca juga manfaat kebugaran jasmani)

manfaat olahraga

Manfaat Olahraga

Melakukan aktivitas olahraga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut merupakan beberapa manfaat olahraga dan penjelasannya lengkap.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Manfaat olahraga yang pertama adalah dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Dengan olahraga yang rutin dan teratur, kebugaran tubuh akan meningkat sehingga energi kita akan bertambah.

Menyehatkan Tubuh

Tentunya olahraga dapat menyehatkan tubuh. Manfaat ini merupakan manfaat olahraga yang paling umum. Olahraga akan membuat tubuh kita bugar dan sehat serta lebih fresh.

Mengurangi Resiko Penyakit

Olahraga juga dapat mengurangi resiko berbagai penyakit. Berolahraga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke, serta dapat mengendalikan diabetes, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah tinggi serta mengurangi resiko penyakit lainnya.

Meningkatkan Daya Pikir Otak

Olahraga juga memiliki manfaat bagi daya pikir otak. Dengan berolahraga, daya pikir otak akan meningkat. Dengan berolahraga, jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah ke otak.

Mengurangi Stres

Olahraga juga berfungsi untuk mengurangi stres. Dengan berolahraga akan dapat mengatasi emosi dan mengurangi kegelisahan. Secara teori, olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak, sehingga mampu mempengaruhi tingkat stres yang dirasakan.

Memperpanjang Masa Aktif Hidup

Meski tidak secara langsung, namun olahraga juga bisa memperpanjang masa aktif hidup. Olahraga terbukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang lanjut usia, sehingga kita bisa beraktivitas dengan baik meski sudah masuk usia tua.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Ternyata olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur kita saat malam hari. Olahraga yang teratur akan membantu kita untuk tidur lebih cepat dan juga lebih nyenyak, serta terhindar dari gangguan insomnia.

Merangsang Pertumbuhan Ideal

Olahraga dapat merangsang pertumbuhan ideal. Saat berolahraga, kalori yang ada di dalamnya akan terbakar lebih sempurna. Tubuh mendapatkan suplai nutrisi yang cukup untuk melancarkan proses pertumbuhan secara ideal.

Menurunkan Berat Badan Agar Stabil

Manfaat olahraga juga penting untuk mencegah obesitas dan menjaga berat badan agar lebih ideal. Untuk itu bagi yang ingin menurunkan berat badan, disarankan untuk lebih rutin dalam berolahraga.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Fungsi olahraga berikutnya adalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Olahraga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker di masa depan hingga dapat membantu melindungi tubuh.

Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas

Olahraga juga dapat membuat kita menjadi lebih produktif dalam masalah pekerjaan. Hal ini diungkan berdasarkan penelitian, karena dengan berolahraga dapat mengurangi stress dan menambah energi, sehingga dampaknya produktivitas kerja juga meningkat.

Membuat Tubuh Lebih Tegap

Olahraga juga bisa membuat tubuh manusia menjadi lebih tegap. Gerakan yang dilakukan saat olahraga merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel, sehingga postur tubuh menjadi lebih tegap dan ideal.

Meningkatkan Nafsu Makan

Olahraga dapat meningkatkan nafsu makan bagi anak-anak. Saat berolahraga, akan merangsang organ pencernaan juga aktif bergerak. Akibatnya nafsu makan akan bertambah setelah selesai berolahraga.

Menumbuhkan Percaya Diri

Secara mental, manfaat olahraga juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Olahraga yang dilakukan secara teratur membuat kita menjadi lebih percaya diri terhadap kebugaran dan penampilan kita.

Memperbaiki Mood

Olahraga terbukti mampu memperbaiki mood atau suasana hati. Dengan berolahraga, akan mampu mengurangi stress dan mem buat kita lebih ceria. Olahraga dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang membuat kita merasa lebih bahagia dan santai.

Menikmati Waktu Luang

Jika ada waktu luang, cobalah untuk menggunakannya dengan berolahraga. Olahraga merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan, dengan banyak manfaat yang didapatkan.

Nah itulah 16 manfaat olahraga bagi tubuh dari sisi kesehatan, kebugaran, kualitas hidup, dan produktivitas kerja. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari olahraga atau aktivitas fisik yang kita lakukan sehari-harinya.

Tinggalkan komentar