Pengertian Ruang dan Interaksi Antar Ruang Beserta Definisinya

Pengertian Ruang dan Interaksi Antar Ruang Beserta Definisinya

Pengertian ruang – Apa itu ruang? Kita mungkin mengetahui ruang sebagai kamar atau tempat tertentu. Namun definisi ruang lebih detail dari arti tersebut. Ruang-ruang juga bisa memiliki pola interaksi antar ruang. Interaksi antar ruang ini juga memiliki bentuk-bentuk dan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi.

Konsep ruang memang memiliki banyak makna dan interpretasi. Istilah ruang juga digunakan dalam berbagai bidang kajian yang berbeda-beda, mulai dari filsafat, matematika, astronomi, psikologi, seni dan desain, fisika, dan sebagainya. Hal ini membuat cukup sulit untuk membuat definisi ruang yang bersifat umum dan universal.

Ilmuwan pun masih berdebat apakah ruang dapat diukur atau merupakan bagian dari sistem pengukuran. Ilmu sendiri menganggap bahwa ruang adalah suatu satuan fundamental, yaitu suatu satuan yang tak dapat didefinisikan oleh satuan lain. Meski begitu pengertian ruang dapat diketahui di KBBI atau menurut definisi umumnya.

(baca juga pengertian psikologi)

pengertian ruang

Pengertian Ruang

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai pengertian ruang menurut KBBI dan definisi ruang secara umum selengkapnya.

Arti Ruang Menurut KBBI

Pengertian ruang menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sela-sela antara dua (deret) tiang atau sela-sela antara empat tiang (di bawah kolong rumah). Ruang juga bisa diartikan sebagai rongga yang berbatas atau terlingkung oleh bidang atau rongga yang tidak berbatas, tempat segala yang ada.

Definisi Ruang Secara Umum

Pengertian ruang secara umum adalah sebuah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal. Ruang tidak hanya sebatas udara saja, tapi juga termasuk wilayah perairan dan lapisan atmosfer yang mempengaruhi permukaan bumi.

Konsep ruang memang telah lama menjadi bahan pembahasan oleh para ilmuwan dan filsuf. Disimpulkan bahwa ruang adalah segala sesuatu yang ditempati oleh makhluk hidup atau benda mati lainnya. Konsep ruang sering bersinggungan dengan konsep waktu.

Pengertian Interaksi Antar Ruang

Apa itu interaksi antar ruang? Pengertian Interaksi antar ruang merupakan suatu cara dan metode mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya serta keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang ada di sekitarnya.

Keterkaitan antar ruang dalam interaksi tersebut dapat dilihat secara fisik maupun non-fisik. Pada hakikatnya adanya keterkaitan serta potensi tiap ruang itulah yang mendorong dilakukannya interaksi antar ruang. Interaksi antar ruang juga memiliki bentuk-bentuk dan syarat-syarat tertentu.

Bentuk Interaksi Antar Ruang

Terdapat 3 bentuk-bentuk interaksi antar ruang di antaranya yaitu mobilitas penduduk, komunikasi, dan transportasi.

Mobilitas Penduduk

Mobilitas penduduk merupakan interaksi dalam bentuk pergerakan atau perpindahan manusia. Yang termasuk mobilitas penduduk misalnya adalah imigrasi, transmigrasi, urbanisasi, perjalanan penduduk antar wilayah untuk melakukan pekerjaan atau wisata.

Komunikasi

Komunikasi juga termasuk bentuk interaksi antar ruang. Adapun pengertian komunikasi merupakan interaksi dengan melalui perpindahan ide atau gagasan serta informasi dari pihak pengirim menuju ke pihak penerima. Komunikasi bisa berupa komunikasi langsung atau tidak langsung.

Transportasi

Bentuk interaksi antar ruang yang terakhir adalah transportasi. Yang dimaksu transportasi merupakan suatu interaksi dengan melalui perpindahan barang atau energi. Contoh interaksi transportasi misalnya adalah pengakutan barang, pergadangan, dan lain-lain.

Syarat Terjadinya Interaksi Antar Ruang

Terdapat beberapa syarat terjadinya interaksi antar ruang, di antaranya adalah saling melengkapi, kesempatan antara, serta keadaan yang dapat dipindahkan atau diserahkan.

Saling Melengkapi (Complementarity)

Syarat terjadinya interaksi antar ruang yang pertama adalah saling melengkapi atau complementarity. Kondisi saling melengkapi ini terjadi jika terdapat wilayah-wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkannya pada tiap-tiap ruangnya yang saling melengkapi satu sama lain.

Kesempatan Antara (Intervening Opportunity)

Selanjutnya syarat terjadinya interaksi antar ruang adalah kesempatan antara atau intervening opportunity. Yang dimaksud kesempatan antara merupakan sebuah lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan.

Keadaan Dapat Dipindahkan (Transferability)

Syarat interaksi antar ruang yang terakhir adalah keadaan yang dapat dipindahkan atau transferability. Interaksi antar ruang membutuhkan kemudahan dalam bertransaksi sehingga pengangkutan barang dan biaya pemindahan juga harus diperhatikan.

Tinggalkan komentar