Fungsi Seni Rupa Beserta Contoh, Manfaat dan Tujuannya [Lengkap]

Fungsi Seni Rupa Beserta Contoh, Manfaat dan Tujuannya [Lengkap]

Seni rupa merupakan bentuk kesenian yang bisa dilihat dan diraba. Tentu tiap karya seni memiliki fungsi dan manfaat tertentu. Fungsi seni rupa pun bisa digunakan untuk nilai estetika, sebagai wujud ekspresi seniman, untuk ritual keagamaan, dan media mengenang persitiwa tertentu.

Adapun pengertian seni rupa secara umum adalah cabang kesenian yang membentuk sebuah karya seni dengan menggunakan media yang dapat ditangkap secara kasat mata dan juga dapat dirasakan ataupun di sentuh dengan indera peraba.

Seni rupa adalah seni yang berwujud seperti keramik, gambar, lukisan, patung, hasil cetak, desain, fotografi, video, film, dan arsitektur. Contoh-contoh karya seni rupa dapat kita lihat di sekitar kita.

Seni rupa juga memiliki banyak aliran, beberapa aliran seni rupa yang cukup terkenal contohnya adalah realisme, naturalisme, pop art, surrealisme, kubisme, dan lain-lain. Seni rupa pun memiliki banyak macam jenis dilihat dari berbagai perspektif.

Secara umum ada 2 jenis-jenis seni rupa, yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni lebih menekankan fungsi untuk dinikmati keindahan estetikanya saja. Sedangkan seni rupa terapan juga memperhatikan fungsi dan nilai kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari selain nilai estetikanya.

(baca juga prinsip seni rupa)

fungsi seni rupa

Fungsi Seni Rupa

Apa saja fungsi-fungsi seni rupa? Di bawah ini akan dibagikan penjelasan fungsi seni rupa beserta manfaat dan tujuannya.

Fungsi Seni Rupa Menurut Cakupannya

Menurut cakupannya, fungsi seni rupa dibedakan menjadi dua, yakni fungsi individu dan fungsi sosial. Berikut ini adalah penjelasan fungsi seni rupa individu dan sosial.

1. Fungsi Individu

Fungsi seni rupa individu adalah fungsi seni rupa yang bersifat untuk memuaskan diri sendiri. Artinya seorang seniman menciptakan karya seni itu hanya untuk mengekspresikan dirinya untuk dapat memuaskan batin seniman itu sendiri.

Hasil karya seni yang dibuat seniman akan bersifat personal dan ekspresif, karena menjadi wujud ekspresi diri sendiri dari seniman, bisa ekspresi bahagia, sedih, marah, dan sebagainya.

2. Fungsi Sosial

Selain fungsi individu, juga ada fungsi seni rupa sosial. Fungsi seni rupa sosial ini lebih menekankan pada memberikan kepuasan bagi banyak orang yang melihatnya. Hal ini berbeda dari fungsi individu yang hanya menitikberatkan pada kepuasan individu saja.

Biasanya untuk melihat karya seni dari fungsi sosial ini bisa dilihat di pameran atau pentas budaya. Ketika karya seni itu hadir di dalam masyarakat, maka disitulah terjadi interaksi antara audiens dan karya seni tersebut, sehingga dapat lebih diapresiasi.

Fungsi Seni Rupa Secara Umum

Berikut ini adalah fungsi-fungsi seni rupa secara umum yang dilihat dari berbagai perspektif dan sudut pandang :

Sebagai Ungkapan Ekspresi Seniman

Fungsi seni rupa yang utama adalah sebagai wujud ungkapan ekspresi seniman pembuatanya. Ia mengekspresikan apa yang dipikirkannya ke dalam bentuk karya seni, sehingga dapat memberi kepuasan batin bagi seniman tersebut.

Membuat Karya Untuk Dinikmati Orang Lain

Seni rupa juga berfungsi memberi kepuasan batin bagi orang lain. Dengan karya seni yang dibuat seniman, maka dapat dilihat dan dinikmati oleh orang lain, khususnya para pecinta seni. Biasanya karya seni akan diperlihatkan dalam pameran atau pertunjukan seni.

Menyampaikan Nilai-Nilai Budaya

Tujuan seni rupa juga penting untuk dapat menyampaikan nilai-nilai budaya. Budaya memang sering menjadi bahan inspirasi dalam membuat karya seni rupa. Hal tersebut mencerminkan kecintaannya terhadap budaya asal penciptanya.

Sebagai Dekorasi dan Pajangan

Seni rupa juga bisa berfungsi sebagai dekorasi dan pajangan ruangan. Karya seni rupa yang dijual atau dilelang dibeli dan biasanya dijadikan dekorasi, pajangan, atau koleksi pribadi pemiliknya. Karya seni tersebut tentu dapat membuat ruangan menjadi lebih indah.

Sebagai Ritual Keagamaan

Fungsi seni rupa juga bisa digunakan dalam ritual keagamaan. Peralatan upacara dihias sesuai dengan budaya setempat atau sesuai perintah agamanya, misalnya dekorasi tempat ibadah atau peralatan keagamaan lainnya dengan karya seni.

Untuk Mengenang Sejarah dan Peristiwa

Seni rupa juga bisa digunakan untuk mengenang sejarah dan peristiwa. Sebuah karya seni mampu mengabadikan momen dan cerita bersejarah yang terjadi di masa lampau, agar terus diingat dan dikenang oleh orang-orang di masa kini.

Sebagai Alat Bantu Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat seni rupa ternyata juga mampu digunakan sebagai alat bantu kehidupan sehari-hari. Seni rupa kerap digunakan pula sebagai alat bantu kehidupan sehari-hari oleh manusia. Fungsi ini termasuk ke dalam fungsi seni rupa terapan.

Nah itulah penjelasan referensi fungsi seni rupa beserta manfaat dan tujuannya. Seni rupa memiliki banyak fungsi, baik bagi seniman pembuatnya maupun bagi masyarakat luas.

Tinggalkan komentar