Fungsi Otak Manusia (Kanan, Kiri, Depan, Tengah, Belakang, Besar, Kecil)

Fungsi Otak Manusia (Kanan, Kiri, Depan, Tengah, Belakang, Besar, Kecil)

Fungsi otak bagi manusia – Otak dalah bagian tubuh yang penting bagi manusia. Fungsi otak penting sebagai pusat sistem saraf manusia serta kebanyakan makhluk hidup lainnya. Pada manusia, bagian-bagian otak di antaranya terdiri dari otak besar, otak kecil, otak depan, otak tengah dan otak belakang. Ada juga istilah otak kanan dan otak kiri untuk membagi bagian otak tergantung pada kemampuan individu.

Otak terbentuk dari dua jenis sel yakni glia dan neuron. Fungsi glia pada otak untuk melindungi neuron, sementara fungsi neuron pada otak yaitu membawa informasi yang dikenal sebagai potensi aksi yang berkomunikasi lewat neurotransmiter.

Pada manusia, fungsi otak manusia sebagai struktur pusat pengaturan saraf manusia. Otak mengatur dan mengontrol sebagian besar gerakan dan perilaku organ tubuh manusia termasuk sejumlah fungsi vital tubuh seperti pernafasan, pencernaan, keseimbangan tubuh, cairan tubuh, suhu tubuh, detak jantung.

Fungsi otak juga penting dalam hal-hal emosional seperti perasaan, pikiran, persepsi, emosi hingga, pengenalan, pembelajaran hingga daya ingat manusia. Kapasitas daya otak juga mempengaruhi tingkat kecerdasan dan ketanggapan dari tiap orang.

Lantas apa saja fungsi otak manusia secara umum? Umumnya kita mengetahui bahwa otak digunakan untuk berfikir, namun fungsi otak tak hanya itu saja. Otak juga penting dalam sensor kerja motorik anggota tubuh hingga fungsi lain seperti daya ingat dan emosi perasaan.

(baca juga bagian-bagian mata)

fungsi otak kanan, kiri, tengah, depan, belakang, kecil, besar

Fungsi Otak Bagi Manusia

Secara umum otak dibagi menjadi beberapa bagian-bagian otak. Pada anatomi otak, bagian otak depan adalah bagian atas dari otak. Otak depan bisa dibagi menjadi otak besar dan diensefalon. Selain itu juga ada bagian lain seperti otak tengah dan otak belakang serta juga otak kecil.

Fungsi Otak Belakang

Otak belakang adalah bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol sistem pernafasan. Selain itu fungsi otak belakang lainnya adalah mengontrol fungsi tubuh vital lain seperti detak jantung dan sistem pencernaan. Sebagian besar fungsi otak belakang berputar di sekitar proses tubuh vital dan diatur oleh medulla oblongata.

Otak belakang akan mengatur ekspansi dan kontraksi diafragma dan paru-paru, fungsi jantung serta gerak refleks tubuh seperti muntah, batuk, menelan dan bersin.

Fungsi Otak Depan

Otak depan adalah bagian otak yang berfungsi untuk menerima dan memproses informasi. Dalam hal ini fungsi otak depan diasosiasikan pada kegiatan berpikir, memahami, merasakan serta mengendalikan fungsi motorik atau otot pada tubuh manusia.

Otak depan juga berfungsi untuk mengendalikan fungsi otonomi berbagai organ tubuh manusia dan berperan dalam penggantian informasi dari organ pengindraan.

Fungsi Otak Tengah

Otak tengah adalah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran dan penglihatan. Fungsi otak tengah adalah untuk berbagai fungsi penting seperti sistem visual, sistem pendengaran serta gerakan pada mata.

Otak tengah juga berfungsi dalam mengontrol gerakan badan lewat bagian nukleus merah dan substantia nigra. Dua bagian otak tengah lain seperti tectum dan tegmentum juga berfungsi untuk penglihatan, pendengaran dan gerakan tubuh lain.

Fungsi Otak Besar

Otak besar atau yang dikenal cerebrum adalah bagian dari otak yang berfungsi untuk gerak sadar seperti kontraksi otot rangka. Fungsi otak besar juga penting untuk fungsi lain seperti belajar, emosi, memori dan persepsi. Korteks pada otak besar yang berguna untuk fungsi persepsi dan belajar.

Korteks pada bagian kiri berguna untuk menerima informasi dan mengontrol gerak tubuh bagian kanan, sebaliknya korteks bagian kanan berguna mengontrol gerak tubuh pada bagian kiri.

Fungsi Otak Kecil

Otak kecil atau dikenal sebagai cerebellum adalah bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol gerak dan kesetimbangan. Fungsi otak kecil juga untuk membantu belajar dan mengingat kemampuan motorik. Otak kecil juga memonitor perintah motorik dari otak besar.

Otak kecil akan menerima informasi sensorik mengenai posisi dari sendi dan dan panjang dari otot, sama baiknya dengan masukkan dari auditorik dan sistem visual. Jika otak kecil rusak, maka mata akan mengikuti gerak benda tetapi tidak akan berhenti tepat di mana benda itu berhenti.

Fungsi Otak Kanan dan Kiri

Secara umum bagian otak besar dibagi menjadi dua yakni otak kanan dan otak kiri. Tiap sisi otak memiliki fungsi otak masing-masing yang cukup bertolak belakang. Berikut merupakan pembahasan mengenai bagian dan fungsi otak kiri dan otak kanan.

Fungsi Otak Kanan

Otak kanan berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Fungsi otak kanan juga meliputi kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan dan segala bentuk ekspresi tubuh, sebut saja seperti menyanyi, menari, dan melukis.

Fungsi Otak Kiri

Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, berpikir dan rasio. Fungsi otak kiri juga meliputi kemampuan menulis dan membaca serta merupakan pusat matematika. Bagian otak ini merupakan pengendali intelligence quotient (IQ). Daya ingat otak bagian ini juga bersifat jangka pendek.

Demikian referensi fungsi otak bagi manusia, baik dalam segi pergerakan, berpikir atau fungsi otak lain. Fungsi-fungsi otak juga dibagi pada tiap bagian-bagiannya, mulai dari fungsi otak besar, kecil, depan, tengah dan belakang atau pun fungsi otak kanan dan kiri. Sekian penjelasna fungsi otak secara umum dan penjelasannya kali ini.

Tinggalkan komentar